Sukses

Cara Mencegah dan Menghilangkan Selulit Saat Hamil

Selulit menjadi permasalahan kulit yang kerap muncul pada ibu hamil. Berikut cara tepat mencegah dan menghilangkan selulit saat hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika hamil, perubahan fisik merupakan sebuah kondisi yang umum dialami. Selain perubahan pada perut yang semakin membesar, kondisi kulit pun bisa berubah pada masa kehamilan. Salah satu kondisi yang kerap mengganggu penampilan fisik ibu hamil adalah selulit. Bagi Anda yang sedang hamil dan ingin tetap percaya diri, jangan khawatir. Selulit saat hamil dapat dicegah dan dihilangkan dengan beberapa cara.

Dari KlikDokter, dr. Karin Wiradarma menjelaskan bahwa selulit adalah timbunan lemak yang berada di bawah kulit. Timbunan lemak ini akan terlihat bergaris, dan biasanya akan muncul pada area paha, perut, bokong, dan bawah lengan.

“Pada ibu hamil, selulit biasanya muncul pada area perut dan paha. Bukan karena kulit yang meregang, tapi selulit muncul karena adanya timbunan lemak selama masa kehamilan,” ujar dr. Karin pada KlikDokter. Meski begitu, penyebab pasti mengapa selulit bisa muncul sebenarnya belum diketahui pasti.

“Tidak semua ibu hamil memiliki selulit. Bahkan, selulit bisa muncul bukan karena wanita itu hamil. Selulit mungkin sudah ada sebelum wanita tersebut hamil,” tambahnya. Walau belum diketahui pasti apa penyebab selulit muncul, beberapa penelitian menunjukkan bahwa selulit dikaitkan dengan adanya pengaruh dari hormon maupun faktor genetik.

Faktor genetik yang dimaksud adalah jenis kelamin, ras, metabolisme, dan distribusi lemak bawah kulit. Sedangkan hormon, estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid, dan prolaktin dipercaya memegang peranan penting dalam proses terbentuknya selulit. Seiring bertambahnya usia, produksi estrogen wanita berkurang. Hal ini menyebabkan kolagen dalam kulit menjadi lebih sedikit, dan aliran darah di kulit juga ikut terhambat.

Pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab selulit muncul pada kulit. Orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, serta mengandung karbohidrat dan garam tinggi juga lebih berisiko mengalami selulit. Tidak hanya itu, penggunaan pakaian yang terlalu ketat di area bokong, paha, dan lengan juga dipercaya mampu menimbulkan selulit karena akan menghambat aliran darah untuk bergerak.

Cara Mencegah dan Mengatasi Selulit Selama Hamil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi selulit selama hamil, yaitu:

1. Batasi asupan kalori. Jika asupan kalori sebelum hamil dibatasi, maka kemungkinan selulit muncul akan kecil. Hal ini dikarenakan tidak ada penumpukan lemak pada lapisan kulit yang menyebabkan selulit.

2. Makan makanan berserat tinggi. Serat dalam buah dan sayur sangat baik untuk ibu hamil dan baru melahirkan. Serat bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dengan cara yang sehat dan aman.

3. Olahraga. Tidak semua olahraga boleh dilakukan saat hamil. Coba yoga, berenang, senam hamil, dan jalan kaki yang dipercaya mampu mencegah dan mengatasi masalah selulit saat hamil.

4. Pemijatan. Pemijatan pada kulit dipercaya bisa merangsang tumbuhnya sel fibroblast yang dapat mengurangi keaktifan sel lemak dalam tubuh. Selain itu, pemijatan juga dapat mengurangi selulit dengan berkurangnya edema pada jaringan. Perlu diingat, jangan sembarang memilih metode pijatan saat hamil dan pastikan Anda ditangani oleh terapis profesional.

5. Krim selulit. Krim ini juga bisa membantu mengurangi tampilan selulit pada kulit. Pilihlah krim oles yang mengandung kafein, aminofilin, teofilin, retinol, ekstrak gingko, minyak primrose, dan teh hijau untuk mengurangi selulit. Jangan lupa, ikuti petunjuk dokter dalam penggunaannya.

Demikian cara untuk mencegah dan menghilangkan selulit saat hamil. Jika tidak berhasil, konsultasikan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar