Sukses

Baik Buruk Dry Shampoo untuk Kesehatan Rambut

Dry shampoo kerap kali menjadi solusi mengatasi rambut lepek, apa baik buruknya untuk kesehatan rambut?

Klikdokter.com, Jakarta Dry shampoo dianggap menjadi solusi untuk rambut lepek dan berminyak. Siapa sih wanita zaman sekarang yang tidak mengenal dry shampoo, si produk penyelamat rambut lepek dikala tidak sempat keramas? Namun apakah Anda sudah mengetahui baik buruknya dry shampoo untuk kesehatan rambut?

Solusi saat tak punya waktu keramas

Dry shampoo memang sangat digandrungi para wanita karena kepraktisannya. Ketika rambut sedang lepek dan berminyak, dry shampoo dapat meningkatkan volume rambut dan membuat tekstur rambut lebih berisi tanpa harus keramas menggunakan air.

Hal ini sangat menolong para wanita dengan rambut yang tipis, halus dan mudah rontok di mana rambut mereka lebih mudah lepek. Selain hemat waktu, dry shampoo membuat Anda mencuci rambut lebih jarang.

Hal ini mendukung kenyataan bahwa memang tidak baik jika Anda mencuci rambut setiap hari karena rentan menyebabkan rambut kering. Mencuci rambut setiap hari tidaklah baik, terutama bagi mereka yang sudah menopause dan rambutnya kurang berminyak.

Risiko menggunakan dry shampoo

Namun, di balik manfaat dan kepraktisan dry shampoo, penggunaan dry shampoo yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan rambut, di antara lain berikut ini.

1. Memudarkan warna rambut

Penggunaan dry shampoo juga bisa menyebabkan warna rambut memudar dan tidak berkilau. Hal ini dikarenakan dry shampoo meningkatkan tekstur rambut dengan cara mengurangi minyak alami rambut sehingga kilauan alami rambut berkurang dan terkesan kusam.

Solusinya adalah sesekali menggunakan color protecting shampoo di samping dry shampoo dan clarifying shampoo saat keramas.

2. Menghambat pertumbuhan rambut

Dry shampoo juga bisa menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat karena sisa dry shampoo bisa mengganggu kerontokan rambut alami. Selain mengganggu rambut yang sudah ada di kepala, sisa dry shampoo juga menghambat pertumbuhan rambut yang baru mulai tumbuh. Hal ini bisa memicu timbulnya kebotakan rambut.

3. Muncul Ketombe

Selain itu, jika dry shampoo tidak dibersihkan dengan baik, bisa memicu munculnya ketombe di kulit kepala. Solusinya adalah lakukan perawatan kulit kepala jika anda menggunakan dry shampoo, guna mencegah timbulnya ketombe.

Sebaiknya, gunakan dry shampoo hanya di bagian helai rambut yang kering, tidak di kulit rambut. Jangan pula terlalu sering dan terlalu banyak menggunakan dry shampoo guna mencegah penumpukan sisa-sisanya yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan rambut. Setelah menggunakan dry shampoo, pastikan membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik.

4. Meningkatkan risiko infeksi akar rambut (folikulitis)

Menggunakan dry shampoo, terlalu sering tanpa segera membersihkan rambut setelah sehari pemakaian, berarti Anda telah membiarkan kandungan produk tersebut jadi “penghuni tetap” di kulit kepala Anda.

Bila diakumulasikan dari seringnya penggunaan, kulit kepala bisa gatal. Pun adanya residu dry shampoo yang terlalu lama menempel bisa meningkatkan risiko terjangkit infeksi disebabkan oleh bakteri jamur yang tumbuh di folikel rambut alias akar rambut.

Maka, rajinlah membersihkan rambut setelah pemakaian dry shampoo. Sebaiknya jangan terlalu sering pula menggunakan produk praktis ini, pakailah ketika momen yang benar-benar genting. Seperti harus tampil rapi ketika bertemu klien, atau kesiangan sehingga tak sempat keramas, sementara harus menghadiri rapat penting.

Hal yang harus diperhatikan menggunakan dry shampoo

Sebenarnya dry shampoo tidak benar-benar membersihkan rambut dan kulit kepala. Komponen dalam dry shampoo membuat produksi minyak rambut Anda berkurang. Hal ini menyebabkan rambut menjadi kering.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka residu dry shampoo bisa tertinggal di batang rambut dan membuat rambut mudah patah dan rontok.

Solusinya adalah gunakan dry shampoo jenis aerosol karena meninggalkan residu lebih sedikit dibandingkan dengan dry shampoo jenis powder atau bubuk. Selain itu, gunakan clarifying shampoo untuk  mencuci rambut setidaknya sebanyak dua kali saat keramas.

Ini guna menghilangkan sisa dry shampoo. Gunakan juga vitamin rambut seminggu sekali untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah kering maupun rontok.

Dry shampoo dapat menjadi solusi penampilan rambut, namun perlu diperhatikan tips-tips di atas agar produk tersebut bermanfaat dan tidak berdampak buruk sehingga tetap menjaga kesehatan rambut.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar