Sukses

Inilah Cara Membersihkan Paru-paru bagi Perokok Aktif

Rokok dapat memengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Adakah cara untuk membersihkan paru-paru perokok?

Salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting adalah paru-paru. Tapi, apa jadinya bila Anda menjadi perokok pasif, alias kerap terpapar dan menghirup asap rokok dari rekan? Jelas saja, kesehatan paru-paru menjadi taruhannya.

Rokok memang dapat mengancam kesehatan paru-paru, baik pada perokok aktif maupun pasif. Perokok aktif dapat mengalami gangguan langsung akibat zat dalam rokok yang masuk dalam tubuh.

Sementara itu, perokok pasif dapat mengalami cedera serius di saluran pernapasan dan organ lain, seperti jantung dan pembuluh darah akibat menghirup asap rokok. Adakah cara khusus sebagai pembersih paru-paru perokok? Bagaimana cara mengatasi dampak merokok?

Sebenarnya, tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan saluran pernapasan. Namun, bila cedera di saluran napas telah berlangsung lama, misalnya pada perokok tahunan atau hidup di daerah dengan polusi udara tinggi, mekanisme pembersihan perlu dibantu usaha-usaha lain.

Artikel lainnya: Jangan Salah, Rokok Elektrik Sama Buruknya dengan Tembakau

1 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Beberapa hal berikut yang dapat dilakukan sebagai cara membersihkan paru-paru perokok, yaitu:

  1. Berhenti Merokok

Langkah pertama dan utama tentu adalah berhenti merokok. Dengan berhenti merokok, paru-paru Anda tidak akan mengalami kerusakan lebih lanjut. Usaha apa pun yang Anda lakukan berikutnya untuk membersihkan paru akan lebih optimal.

Bagi Anda yang merupakan perokok pasif, tegaskan pada anggota keluarga serumah atau rekan kerja untuk berhenti merokok. Kalaupun mereka harus merokok, persilakan di luar ruangan dan segera berganti baju ketika masuk ke dalam rumah.

  1. Hindari Paparan Polusi

Polusi udara dapat menimbulkan sejumlah dampak buruk pada tubuh manusia, termasuk paru-paru. Karena itu, hal berikut yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan paru adalah menghindari paparan polusi udara.

Sebisa mungkin, hindari berlama-lama di tempat yang padat kendaraan, seperti tempat parkir, gunakan masker saat ke luar ruangan terutama di jalan raya, dan sedapat mungkin gunakan kendaraan umum.

Artikel lainnya: 4 Makanan yang Bisa Membantu Mengurangi Efek Rokok

  1. Cegah Infeksi Paru

Infeksi paru pada perokok aktif maupun pasif akan menambah kerusakan paru. Karena itu, langkah lain yang harus dilakukan untuk membersihkan paru adalah mencegah infeksi.

Salah satunya adalah dengan melakukan imunisasi, terutama untuk mencegah penyakit paru seperti influenza atau pneumonia.

  1. Konsumsi Makanan Sumber Antioksidan

Antioksidan memang tidak dapat menyembuhkan saluran pernapasan yang sudah mengalami kerusakan akibat rokok. Akan tetapi, berbagai penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi saluran pernapasan dari kerusakan lebih lanjut.

Karena itu, para perokok aktif maupun pasif perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidannya. Buah dan sayuran diketahui kaya akan kandungan antioksidan, terutama sayuran hijau, stroberi, dan blueberry.

Bila susah ditemukan, Anda boleh konsumsi buah apa pun karena pada dasarnya semua buah mengandung antioksidan.

Artikel lainnya: Rutin Minum Susu Bisa Atasi Infeksi Paru, Benarkah?

  1. Olahraga Rutin

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan, olahraga terutama yang sifatnya aerobik dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan menolong paru-paru berfungsi lebih baik.

Para pakar menyarankan olahraga dilakukan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu. Anda bisa pilih olahraga intensitas sedang, seperti jalan, lari, sepeda, atau berenang.

  1. Menepuk Dada

Kegiatan ini sebenarnya mengadaptasi fisioterapi yang biasa dilakukan di rumah sakit. Hal ini terutama berguna pada perokok yang sudah mengalami penumpukan lendir (mukus) atau yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) akibat rokok.

Caranya adalah dengan menepuk pelan dada dan punggung sambil berbaring miring untuk membantu mengeluarkan dahak atau lendir.

  1. Memasang Air Purifier

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah memasang air purifier di dalam rumah agar kualitas udara yang dihirup lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa adanya air purifier tidak dapat menggantikan langkah-langkah sebelumnya, ya.

Itulah tujuh cara untuk membantu membersihkan paru-paru perokok aktif maupun pasif. Cara tersebut memang tak otomatis menghilangkan atau mengurangi kerusakan yang ada, tapi dapat melindungi dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Masih ada pertanyaan seputar topik ini? Tanyakan pada dokter via LiveChat.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar