Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyebab Kulit di Sekitar Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit di Sekitar Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Konon, penyebab kulit di sekitar bibir kering sama dengan penyebab bibir pecah-pecah, yakni kurang minum alias dehidrasi. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang mungkin sudah tahu bahwa tanda-tanda kurang cairan bisa terlihat dari kondisi bibir kering. Namun, bagaimana jika bukan bibir yang bermasalah, melainkan kulit di sekitar bibir kering yang mengelupas? Apakah sama-sama kurang cairan juga?

Area di sekitar bibir yang dimaksud adalah dagu, pinggiran bibir, dan juga area pipi yang agak di bawah. Dilansir dari Healthline, ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebab kulit di sekitar bibir menjadi kering, yaitu:

  • Dermatitis perioral

American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) mengatakan, dermatitis perioral biasanya menunjukkan gejala berupa ruam merah dan bersisik atau bergelombang. Terkadang, kondisi ini disertai rasa gatal ringan atau sensasi seperti terbakar.

Ruam dermatitis perioral ini bisa menyebar hingga ke kulit sekitar mata (dermatitis periorificial). Dan masalah kulit ini lebih sering menyerang wanita dewasa ketimbang pria ataupun anak-anak. Durasinya pun terbilang lama, dermatitis tersebut bisa bertahan beberapa bulan bahkan bertahun-tahun!

  • Eksim

Eksim yang dalam istilah medisnya disebut dermatitis atopik merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan yang gatal. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, eksim dapat hilang dan timbul kapan saja.

“Pada bayi dan anak, pencetus eksim yang utama adalah alergi makanan. Tak heran jika eksim banyak diderita oleh anak yang memiliki riwayat alergi dalam keluarganya. Eksim dapat ditemukan pada lipat siku dan lipat lutut anak. Pada bayi, eksim umumnya timbul di wajah, terutama kedua pipi (sekitar bibir),” jelasnya. 

  • Dermatitis kontak alergi

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah dermatitis kontak alergi. Reaksi alergi kulit ini menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit. Adapun pemicu alergi atau alergen yang paling mungkin bisa membuat kulit di sekitar bibir kering adalah produk skin care, seperti krim atau pembersih.

  • Dermatitis kontak iritan

Satu lagi faktor yang mungkin jadi penyebab kulit di sekitar bibir kering, yaitu dermatitis kontak iritan. Ini terjadi ketika kulit Anda terpapar zat-zat keras dan mengiritasi kulit. 

Adapun gejala yang ditimbulkan, meliputi ruam merah, kering dan bersisik, lecet, dan seperti ada sensasi terbakar. Jika Anda punya kebiasaan menjilat bibir terlalu sering, berhati-hatilah. Sebab, risiko untuk mengalami dermatitis kontak iritan akan semakin tinggi. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya tentu harus sesuai dengan penyebab. Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda mesti memeriksakan diri ke dokter kulit. Kemungkinan, inilah pengobatan yang akan diberikan oleh dokter:

  • Dermatitis perioral. Kondisi ini diperlakukan sangat mirip dengan rosacea. Obat topikal yang digunakan dapat berupa antibiotik, asam retinoat, benzoil peroksida, atau asam azalea.  

Pada keadaan yang berat, pengobatan dengan antibiotik tablet dan isotretinoin kadang diperlukan. Obat-obatan ini harus dikonsumsi atas petunjuk dokter.

  • Eksim. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, eksim dapat diatasi dengan pemberian salep kortikosteroid lemah. Ingatlah untuk mengoleskannya hanya ketika eksim sedang kambuh. Hindari stres, makan makanan bergizi, dan beristirahat teratur.  

Jika kortikosteroid topikal digunakan dalam jangka waktu lama, dapat menimbulkan penipisan kulit, hipopigmentasi, dan jerawat.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, sebaiknya krim kortikosteroid hanya dioleskan pada daerah eksim selama 2-3 minggu. Dosis spesifiknya akan diberikan saat Anda berkonsultasi kepada dokter. 

  • Dermatitis kontak. Jika alergi atau iritasi kontak adalah penyebabnya, dokter akan meresepkan salep atau krim steroid topikal, losion penenang kulit, dan dalam kasus yang parah, steroid oral.  

Jika penyebabnya adalah dermatitis kontak alergi, pengujian tempel mungkin diperlukan untuk mengidentifikasi zat apa yang memicu alergi dan sebaiknya dihindari. Sedangkan, untuk dermatitis kontak iritan, zat yang mengganggu juga harus dihindari. 

Itulah penyebab kulit di sekitar bibir kering dan cara mengatasinya. Untuk obat-obatan yang diberikan, jangan membeli dan mengaplikasikannya sendiri tanpa anjuran dokter. Jika salah dosis, kulit bisa semakin parah. Selama masa pengobatan, jangan lupa juga untuk selalu mengoleskan pelembap di area tersebut. 

[RPA/ RH]

1 Komentar

  • Marni Seto

    dok, bibir saya gatal2 dan timbul bintik2 cairan. trs saya kompres es batu. lama2 bintik2 cairannya menhilang. tp bibir masih gatal dan ada rasa panas dikit. apa saya alergi lipbalm yaa.. bibir saya mulai gatal setelah saya pakai lipbalm.