Sukses

Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

Terapi plasma darah atau Platelet Rich Plasma (PRP) saat ini telah banyak dilakukan di klinik-klinik kecantikan. Apa saja manfaat PRP untuk kecantikan? Simak di sini.

Tampil cantik dan awet muda tentu menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa melakukan perawatan terapi plasma darah atau disebut juga sebagai Platelet Rich Plasma (PRP).

Terapi ini merupakan metode kecantikan yang dilakukan dengan cara mengambil darah pasien dan memisahkan bagian plasmanya. Setelah itu, plasma tersebut akan disuntikkan kembali ke pasien itu sendiri.

Plasma darah manusia kaya akan trombosit yang mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin. Nah, dengan menyuntikkan kembali ke dalam tubuh, plasma darah diharapkan dapat meningkatkan peremajaan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Terapi plasma darah sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Tujuan awalnya untuk mempercepat penyembuhan gigi, kasus ortopedi, dan tindakan bedah plastik. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, terapi plasma darah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan wajah.

Berikut adalah beberapa manfaat terapi plasma darah untuk kecantikan:

1 dari 5 halaman

1. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Seiring bertambahnya usia, garis halus dan kerutan di wajah akan muncul. Bahkan, tanda penuaan ini bisa muncul lebih cepat di wajah Anda. Oleh karena itu, banyak yang ingin melakukan terapi plasma darah untuk mengatasi kerutan tersebut.

Ketika disuntikkan ke kulit wajah, plasma darah akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta membentuk kolagen dan elastin. Hasilnya, tanda penuaan garis halus dan kerutan akan memudar.

2. Membuat Kulit Lebih Kencang

Metode PRP juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang mengendur. Seperti yang telah dijelaskan, terapi ini dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Dengan meningkatnya jumlah kolagen, kulit juga dapat menjadi lebih kencang

Artikel Lainnya: Terapi Plasma Darah Bisa Sembuhkan Virus Corona?

2 dari 5 halaman

3. Mengurangi Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang berwarna kehitaman dan menyebabkan tekstur kulit jadi tidak rata, tentunya sangat mengganggu penampilan. Dengan menyuntikkan plasma darah, jaringan sel kulit yang baru akan tumbuh, sehingga tampilan bekas jerawat yang mengganggu perlahan bisa berkurang.

4. Mengatasi Kebotakan

Anda dapat menggunakan terapi plasma darah sebagai pilihan untuk mengatasi kebotakan. PRP dapat merangsang pertumbuhan sel rambut baru dan meningkatkan suplai darah ke folikel rambut. Nantinya, pertumbuhan rambut baru pun dapat meningkat.

3 dari 5 halaman

5. Meratakan Warna Kulit

Warna kulit tidak merata akibat paparan sinar matahari, penuaan, atau hiperpigmentasi, sebagian besar dapat diatasi dengan PRP.  Perlu diketahui, kolagen adalah bagian terpenting bagi peremajaan kulit wajah. Jadi, dengan meningkatkan produksi protein kolagen, warna kulit yang tidak merata pun dapat diperbaiki.

Artikel Lainnya: Ini 10 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

6. Mengecilkan Pori-pori

Tidak sedikit orang yang memiliki pori-pori wajah besar. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti riwayat genetik, hormon, sinar matahari, pertambahan usia, dan sebagainya.

Untuk mengatasi pori-pori besar, Anda bisa melakukan terapi plasma darah. Terapi PRP dapat memicu tumbuhnya jaringan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengatasi pori-pori besar.

4 dari 5 halaman

7. Menyembuhkan Luka

Dalam proses menyembuhkan luka, trombosit yang terkandung dalam plasma darah punya peran penting. Suatu penelitian menunjukkan, orang yang melakukan treatment PRP di bagian kaki yang memiliki ulkus (luka terbuka yang sulit sembuh), mengalami perkembangan penyembuhan yang baik.

Terapi plasma darah untuk perawatan kecantikan dapat dikatakan relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri. Namun, perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten untuk meminimalkan efek samping serta risiko yang mungkin timbul.

Selain itu, apabila Anda sedang hamil, memiliki gangguan hemodinamik, punya infeksi akut dan kronis, memiliki jerawat yang meradang, atau  sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya hindari dulu melakukan terapi yang satu ini, ya. Dikhawatirkan, terapi PRP akan memperburuk kondisi kesehatan yang sebelumnya Anda miliki.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang kecantikan, Anda bisa baca artikel di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar