Sukses

Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

Terapi plasma darah sedang populer saat ini. Apa saja sih manfaat terapi plasma darah untuk kecantikan?

Klikdokter.com, Jakarta Tampil cantik dan awet muda tentu impian sebagian besar orang. Untuk mencapai itu, salah satu metode perawatan yang banyak dilakukan adalah terapi plasma darah atau disebut juga Platelet Rich Plasma (PRP). Sebenarnya, apa saja sih manfaat terapi plasma darah untuk kecantikan?

Apa itu terapi plasma darah?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat terapi plasma darah, ada baiknya Anda mengenal apa itu terapi plasma darah. Terapi plasma darah merupakan metode kecantikan yang dilakukan dengan cara mengambil darah pasien dan untuk pasien itu sendiri.

Plasma darah manusia kaya akan trombosit dan mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter menambahkan, pada dasarnya, kulit yang segar, halus, dan lembut sangat dipengaruhi oleh adanya serat kolagen yang cukup. Seiring pertambahan usia, elastisitas dan jumlah kolagen di kulit menurun. Kulit pun akan tampak kendur, muncul garis kerutan, dan keriput.

Nah, penambahan growth factor pada permukaan kulit yang mengalami penuaan atau rentan terhadap radikal bebas, dapat meningkatkan peremajaan kulit, elastisitas jaringan, dan memacu proses regenerasi sel,” ujar dr. Iqbal.

Sementara itu, trombosit adalah bagian dari darah yang berfungsi untuk mengatur mekanisme pembekuan darah.

“Trombosit juga mengandung banyak protein yang disebut sebagai faktor penyembuhan luka. Ini sebabnya trombosit penting karena bisa mempercepat penyembuhan luka,” dr. Adeline Jacklyn menambahkan.

Oleh karena menggunakan darah Anda sendiri, tentu saja efek samping terjadinya alergi dan reaksi dari hipersensitivitas dapat diminimalisasi.

Terapi plasma darah sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu untuk mempercepat penyembuhan pada gigi, kasus ortopedi dan tindakan bedah plastik. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, terapi ini bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan wajah.

Manfaat terapi plasma darah

Terapi plasma darah menawarkan manfaat yang sangat besar bagi kecantikan. Menurut dr. Iqbal, PRP dapat bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan garis-garis keriput.

“Perawatan PRP juga dipercaya dapat membuat kulit bercahaya, memperkecil penampakan pori-pori, meratakan warna dasar kulit (skin tone),” tutur dr. Iqbal.

Ditambahkan dr. Adeline, terapi plasma darah juga berfungsi untuk menghilangkan stretch mark dan kulit bergelambir di bagian mata, tangan serta leher.

“Hal ini karena darah yang diambil dari tubuh sendiri mengandung sejumlah protein yang berperan untuk pembentukan kolagen baru,” ucap dr. Adeline.

Terapi plasma darah juga dapat membantu mengatasi masalah kebotakan dini pada sebagian besar orang. Dokter Adeline mengatakan, pemakaian terapi plasma darah mungkin efektif dalam mengatasi kebotakan yang disebabkan karena adanya gangguan hormon (alopesia androgenik).

Sebagai salah satu metode kecantikan, terapi ini relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri. Yang tetap harus diperhatikan, perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten. Melakukan terapi plasma darah di tempat dan dokter ahli akan meminimalkan efek samping dan risiko yang mungkin timbul.

Selain itu, bila Anda sedang hamil, memiliki gangguan hemodinamik, punya infeksi akut dan kronis, memiliki jerawat yang meradang, dan pasien yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya hindari dulu melakukan terapi yang satu ini.

Ternyata ada banyak manfaat terapi plasma darah untuk kecantikan. Di antaranya menghilangkan garis keriput, gelambir, dan menghilangkan bekas luka, hingga mengatasi kebotakan. Jika Anda tertarik menjalani, lakukan prosedur ini dengan dokter yang sudah ahli ya.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar