Darah

Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

dr. Adeline Jaclyn, 13 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terapi plasma darah atau Platelet Rich Plasma (PRP) saat ini telah banyak dilakukan di klinik-klinik kecantikan. Apa saja manfaat PRP untuk kecantikan? Simak di sini.

Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

Tampil cantik dan awet muda tentu menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa melakukan perawatan terapi plasma darah atau disebut juga sebagai Platelet Rich Plasma (PRP).

Terapi ini merupakan metode kecantikan yang dilakukan dengan cara mengambil darah pasien dan memisahkan bagian plasmanya. Setelah itu, plasma tersebut akan disuntikkan kembali ke kulit pasien itu sendiri.

Plasma darah manusia kaya akan trombosit yang mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin. Dengan menyuntikkan kembali ke dalam tubuh, plasma darah diharapkan dapat meningkatkan peremajaan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Terapi plasma darah sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Tujuan awalnya untuk mempercepat penyembuhan gigi, kasus ortopedi, dan tindakan bedah plastik. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, terapi plasma darah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan wajah.

Berikut adalah beberapa manfaat terapi plasma darah untuk kecantikan.

1. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Seiring bertambahnya usia, garis halus dan kerutan di wajah akan muncul. Bahkan, tanda penuaan ini bisa muncul lebih cepat di wajah Anda. Oleh karena itu, banyak yang ingin melakukan terapi plasma darah untuk mengatasi keriput atau kerutan tersebut.

Ketika disuntikkan ke kulit wajah, plasma darah akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta membentuk kolagen dan elastin. Hasilnya, tanda penuaan garis halus dan kerutan akan memudar.

Artikel Lainnya: Terapi Plasma Darah Bisa Sembuhkan Virus Corona?

2. Membuat Kulit Lebih Kencang

Perawatan wajah dengan plasma darah juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang mengendur. 

Seperti yang telah dijelaskan, terapi ini dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Dengan meningkatnya jumlah kolagen, kulit juga dapat menjadi lebih kencang.

3. Mengurangi Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang berwarna kehitaman dan menyebabkan tekstur kulit jadi tidak rata, tentunya sangat mengganggu penampilan. Salah satu manfaat PRP untuk wajah adalah dapat mengurangi bekas jerawat.

Dengan menyuntikkan plasma darah, jaringan sel kulit yang baru akan tumbuh, sehingga tampilan bekas jerawat yang mengganggu perlahan bisa berkurang.

4. Mengatasi Kebotakan

Anda dapat menggunakan terapi plasma darah sebagai pilihan untuk mengatasi kebotakan

PRP dapat merangsang pertumbuhan sel rambut baru dan meningkatkan suplai darah ke folikel rambut. Nantinya, pertumbuhan rambut baru pun dapat meningkat.

5. Meratakan Warna Kulit

Warna kulit tidak merata akibat paparan sinar matahari, penuaan, atau hiperpigmentasi, sebagian besar dapat diatasi dengan PRP.  

Artikel Lainnya: Bolehkah Penerima Vaksin COVID-19 Donor Plasma Darah?

Perlu diketahui, kolagen adalah bagian terpenting bagi peremajaan kulit wajah. Jadi, dengan meningkatkan produksi protein kolagen, warna kulit yang tidak merata pun dapat diperbaiki.

6. Mengecilkan Pori-pori

Tidak sedikit orang yang memiliki pori-pori wajah besar. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti riwayat genetik, hormon, sinar matahari, pertambahan usia, dan sebagainya.

Untuk mengatasi pori-pori besar, Anda bisa melakukan terapi plasma darah. Terapi PRP dapat memicu tumbuhnya jaringan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengatasi pori-pori besar.

7. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Dalam proses penyembuhan luka, trombosit yang terkandung dalam plasma darah punya peran penting. 

Suatu penelitian menunjukkan, orang yang melakukan treatment PRP di bagian kaki yang memiliki ulkus (luka terbuka yang sulit sembuh), mengalami perkembangan penyembuhan yang baik.

Terapi plasma darah untuk perawatan kecantikan dapat dikatakan relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri. 

Namun, perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten untuk meminimalkan efek samping serta risiko yang mungkin timbul.

8. Meningkatkan Kelembapan kulit

Kulit yang mendapat perawatan dengan metode PRP akan mengalami regenerasi dan produksi kolagen pun meningkat. 

Produksi kolagen dapat memperbaiki tekstur kulit dan juga kelembapannya. Pori-pori yang tidak tersumbat akan membuat moisturizer yang dipakai juga lebih mudah menyerap. 

Artikel Lainnya: Donor Plasma Darah, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

9. Mengurangi Stretch Marks

Pertumbuhan yang cepat dan penambahan berat badan adalah hal yang paling umum menyebabkan munculnya stretch marks. Untuk mengatasi stretchmark Anda bisa menggunakan terapi PRP. 

Namun, apabila Anda sedang hamil, memiliki gangguan hemodinamik, punya infeksi akut dan kronis, memiliki jerawat yang meradang, atau  sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya hindari dulu melakukan terapi yang satu ini, ya

Terapi PRP dikhawatirkan akan memperburuk kondisi kesehatan yang sebelumnya Anda miliki.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang kecantikan, Anda bisa baca artikel di aplikasi KlikDokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI//JKT)

Referensi

Medical News Today. Diakses 2022. Ten tips to prevent stretch marks

Healthline. Diakses 2022. What to Expect from Microneedling with Platelet-Rich Plasma (PRP).

plasma darah