Sukses

Masuki Usia 40, Begini Anjuran Cara Hidup Sehatnya

Memasuki usia 40 tahun, banyak perubahan yang akan terjadi. Agar tetap sehat dan bugar, ini cara hidup sehat yang dianjurkan.

Klikdokter.com, Jakarta Suka atau tidak suka, banyak perubahan yang akan terjadi saat seseorang memasuki usia 40 tahun. Tanda-tanda penuaan pun akan makin dirasakan. Supaya tubuh tetap sehat dan bugar, ada beberapa cara hidup sehat yang dianjurkan.

Bila pada usia 40-an Anda sudah menerapkan pola hidup sehat, Anda boleh bangga. Namun, jika gaya hidup Anda masih jauh dari sehat, inilah saatnya melakukan perubahan. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik, termasuk dalam upaya menjadi pribadi yang lebih sehat, baik fisik maupun mental.

Memasuki usia 40, terapkan cara hidup sehat ini

Untuk Anda para quadragenarian (orang-orang di usia 40-an), berikut ini adalah beberapa cara hidup sehat yang bisa mulai Anda jadikan sebagai kebiasaan.

  • Tidur lebih banyak (dan lebih baik)

Masa-masa doyan begadang sudah lewat. Saatnya memprioritaskan tidur dengan kuantitas dan kualitas yang baik.

Anda disarankan untuk mulai memperbaiki kebiasaan tidur. Lakukan kebiasaan jelang tidur yang baik, seperti tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur, hindari konsumsi kafein dan nikotin, redupkan lampu kamar, dan jauhkan gawai dari jangkauan agar tidur lebih nyenyak.

Pastikan Anda selalu tidur 8 jam per hari setiap harinya. Bila ini dilakukan dengan konsisten, rasakan berbagai perubahan menyehatkan pada tubuh karena waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

  • Minum segelas air putih ekstra

Merasa asupan cairan Anda sudah cukup? Tambah lagi satu gelas! Ya, satu gelas air putih tambahan akan mendatangkan manfaat bagi tubuh.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari akan membuat berbagai fungsi organ berjalan dengan semestinya. 

Dampak baik lainnya juga akan dirasakan kulit yang pada usia 40-an mulai menua. Menjaga kecukupan cairan akan membantu menunda tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kulit yang kendur, serta menjaga kulit tetap cerah dan terlihat segar.

  • Perbanyak protein

Otot akan mulai kehilangan massanya di usia 30, dan terus berlanjut saat Anda memasuki usia 40 tahun. Mengonsumsi berbagai jenis protein, baik hewani maupun nabati, dapat membantu Anda mengompensasi kondisi tersebut. 

Bagi porsi protein dalam sehari ke dalam beberapa kali porsi makan, agar pembakaran dan hasil metabolismenya terdistribusi secara sempurna dalam tubuh.

  • Duduk lebih tegak

Anda tentu ingin tetap memiliki postur yang baik saat sudah tua nanti, bukan?

Tak hanya akan terlihat elok secara estetika, postur tubuh yang baik juga akan mencegah terjadinya nyeri punggung, sakit pinggang, serta mengurangi tekanan pada otot, sendi, dan struktur-struktur pendukungnya. 

Meski mulanya tak mudah untuk selalu mengingatkan diri untuk selalu duduk tegak, tetapi jika dilakukan terus-menerus tentu akan menjadi kebiasaan yang tanpa sadar selalu dilakukan.

  • Perhatikan kondisi mata

Mata adalah salah satu organ yang kondisinya kerap menurun seiring pertambahan usia. Mulai dari pandangan yang mulai kabur akibat perubahan anatomi bola mata (harus menggunakan kacamata plus akibat presbiopia untuk membaca, misalnya), hingga munculnya penyakit degeneratif seperti katarak

Menurunnya fungsi kelenjar air mata juga kerap menimbulkan gejala seperti mata kering dan rasa tidak nyaman. Perhatikan munculnya tanda gejala ini, lalu segera perbaiki kebiasaan yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satunya, mulai biasakan untuk berkedip lebih sering dan hindari memandang layar gawai terlalu lama.

Meski sudah memasuki usia 40, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai cara hidup sehat. Cobalah untuk mengevaluasi kebiasan dan rutinitas harian Anda saat ini, lalu mulai perbaiki sedikit demi sedikit. Mulailah dari yang Anda rasa paling mudah. Dengan begitu, memulai, menjalani, dan tetap konsisten dalam menjalankannya tidak akan terasa berat.

(RN/ RH)

5 Komentar