Sukses

Ibu Hamil, Ini Tanda Pembukaan Menjelang Persalinan

Menjelang waktu melahirkan ada beberapa tanda pembukaan yang harus ibu hamil ketahui. Mari simak tanda pembukaan persalinan berikut!

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil perlu mempersiapkan segala kebutuhan persalinan dengan matang. 

Bukan cuma soal biaya dan barang-barang yang dibutuhkan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengetahui tanda-tanda pembukaan persalinan.

Pembukaan menjelang persalinan, apa itu? Ini adalah sebuah proses terjadinya pembukaan pada leher rahim (serviks) yang dihitung per sentimeter sebagai jalur lahir bayi.

Pembukaan menjelang persalinan umumnya akan dialami oleh ibu yang sudah dipastikan oleh dokter akan melahirkan secara normal. Pembukaan ini pun juga menjadi patokan dokter untuk melacak waktu Anda melahirkan. 

Bagi sebagian besar ibu hamil yang siap bersalin normal, pembukaan akan terjadi dari 1 hingga 10. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pembukaan 10 bisa berbeda pada tiap wanita.

Berikut tanda dan tahap pembukaan persalinan yang perlu diketahui: 

1. Kontraksi Semakin Kuat dan Teratur 

Tanda awal persalinan adalah kontraksi yang semakin kuat dan teratur. Hal inilah yang membedakannya dengan kontraksi palsu (Braxton Hicks).

Pada kontraksi palsu, kontraksinya hilang timbul. Sementara pada kontraksi asli, kontraksi akan dirasakan semakin kuat dan teratur di seluruh permukaan perut disertai penyebaran ke area pinggang.

2. Keluar Lendir Bercampur Darah 

Tanda khas pembukaan saat melahirkan lainnya adalah adanya lendir bercampur darah. 

Kondisi ini disebabkan oleh adanya robekan pada dinding mulut rahim karena tekanan dari janin yang mencari jalan keluar.

Artikel Lainnya: Cara Sederhana Kurangi Nyeri saat Persalinan

1 dari 2 halaman

3. Pecah Air Ketuban

Keluhan air ketuban yang keluar terus-menerus dari jalan lahir menandakan ibu sudah siap untuk melahirkan. Anda perlu segera dibawa ke fasilitas kesehatan.

4. Tahapan Pembukaan 

Apabila lendir darah semakin banyak disertai kontraksi yang kuat dan teratur, mulut rahim akan menjadi lembek. Pembukaan akan semakin melebar dan siap untuk menjadi jalan lahir bagi janin.

  • Pembukaan Satu 

Pembukaan satu adalah tahap pertama di mana mulut rahim mengalami pembukaan sebesar 1 cm. 

Ibu akan merasa mulas dan nyeri di area punggung dan pinggang, serta keluarnya lendir bercampur darah. Kontraksi bisa terjadi selama 2-6 jam.

  • Pembukaan Dua 

Pembukaan dua adalah kondisi saat mulut rahim sudah membuka selebar 2 cm, dan durasi pembukaan dua tergantung kondisi kehamilan. 

Pada kehamilan pertama biasanya berlangsung 12-14 jam, sedangkan pada kehamilan kedua berlangsung 5-10 jam. 

Ciri kontraksi semakin sering, terasa mulas dan kram di area perut.

Artikel Lainnya: Penting! Cara Tepat Mengejan Saat Melahirkan

  • Pembukaan Tiga

Pembukaan tiga adalah kondisi saat mulut rahim sudah membuka selebar 3 cm. Jarak kontraksi juga semakin pendek dan bayi sudah mendekati rongga panggul.

  • Pembukaan Empat 

Pembukaan empat adalah kondisi saat mulut rahim sudah membuka selebar 4 cm dengan kondisi mulut rahim semakin tipis dan terbuka. 

Dalam kondisi ini ibu sudah mengalami pecah ketuban sehingga proses melahirkan berjalan semakin cepat.

  • Pembukaan Lima 

Tahapan pembukaan mulut rahim sudah sekitar 5 cm. Durasi kontraksi semakin lama semakin memendek, yakni 1-5 menit.

  • Pembukaan Enam 

Tahapan pembukaan mulut rahim sudah sekitar 6 cm. Kontraksi semakin sering dan kuat, kepala bayi sudah masuk ke dalam rongga panggul.

  • Pembukaan Tujuh 

Tahapan pembukaan mulut rahim sudah sekitar 7 cm, dengan jarak kontraksi 2-3 menit dengan lama 1-1,5 menit. Posisi bayi terus bergerak menuju jalan lahir. 

Artikel Lainnya: Bahaya di Balik Proses Melahirkan yang Terlalu Lama

  • Pembukaan Delapan

Tahapan pembukaan mulut rahim sudah sebesar 8 cm, dengan tanda area punggung terasa semakin pegal dan nyeri.

Ibu juga sudah ada keinginan untuk mengejan, ada rasa mengantuk, serta pengeluaran darah dan lendir semakin banyak.

  • Pembukaan Sembilan

Tahapan pembukaan mulut rahim sudah mencapai 9 cm. Ada tekanan seperti rasa ingin buang air besar, keinginan kuat untuk mengejan, dan posisi kepala bayi sudah di area rongga panggul.

  • Pembukaan Sepuluh 

Tahapan ini merupakan tahapan pembukaan sempurna, yakni rahim sudah terbuka 10 cm dan air ketuban semakin mengalir. 

Rasa ingin mengejan sangat kuat dan dokter sudah mulai membimbing ibu untuk mengejan. 

Demikian tanda pembukaan persalinan bagi ibu yang melahirkan secara normal. Jangan takut, apalagi khawatir dan tidak ingin melahirkan secara normal.

Sesungguhnya, proses melahirkan normal memberikan efek samping yang lebih ringan daripada operasi. 

Karena itu, Anda tetap perlu menikmati setiap prosesnya agar kesakitan yang dirasakan di awal bisa berujung pada kebahagiaan.

Jika masih ada pertanyaan sebelum, selama, dan setelah proses melahirkan, sampaikan langsung kepada dokter kami melalui fitur Live Chat 24 Jam.

(HNS/AYU)

1 Komentar