Kesehatan Anak

Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

dr. Reza Fahlevi, 26 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, mulai dari untuk mengembalikan energi hingga meningkatkan mood.

Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

Bukan sebuah rahasia bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk anak-anak. Namun, dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak, terjadi perubahan besar dalam jumlah tidurnya. 

Antara usia 0-5 tahun, frekuensi tidur siang anak dapat berkurang. Salah satu penyebab anak prasekolah susah diajak tidur siang adalah karena dianggap mengganggunya bermain.

Padahal, ada begitu banyak manfaat tidur siang untuk anak. Simak selengkapnya di sini, yuk. 

1. Mengembalikan Energi Anak untuk Bermain dan Belajar

Tidur merupakan waktu di mana sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang habis terpakai, serta menjadi cara untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Karena itu, tidur siang dapat mengembalikan stamina anak agar ia bisa kembali bermain dan belajar di sore maupun malam hari.

2. Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. 

Diperkirakan hormon pertumbuhan memiliki peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.

Namun, bukan berarti anak yang hanya tidur malam akan mengalami pertumbuhan yang buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang untuk anak dalam aspek tumbuh kembang.

Artikel Lainnya: Bagaimana Ruangan Tidur yang Nyaman untuk Anak?

3. Memperbaiki Mood Anak

Berdasarkan beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki mood atau suasana hati yang baik dibandingkan anak yang belum tidur siang.

Tidak hanya itu, anak yang kurang tidur pada malam hari dan tidak menggantinya dengan tidur siang ditemukan lebih sering mengalami tantrum.

Memang benar bahwa ada kaitan antara tidur dan emosi seseorang. Kurang tidur berhubungan dengan kesehatan mental yang buruk. Dengan begitu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak

Rutin tidur siang akan membuat anak lebih fokus untuk belajar. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan PR sekolah.  

Dengan kata lain, tidur siang bisa mempertajam otak dan meningkatkan konsentrasi anak. Performa anak untuk mengerjakan tugas dan hal-hal lainnya pun akan lebih maksimal. 

5. Menambah Daya Ingat Anak

Tahukah Anda, salah satu manfaat tidur siang untuk anak adalah dapat meningkatkan daya ingat? Ya, sebuah studi menyebutkan bahwa fungsi utama tidur siang bagi anak prasekolah adalah konsolidasi memori. 

Dalam sebuah ‘permainan memori’, sejumlah anak prasekolah dilatih untuk mengerjakan tugas memori visuospasial pada pagi harinya. Kemudian, dicatat anak-anak yang menjalani tidur siang serta yang tidak. 

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa anak-anak yang tidur siang memiliki memori yang lebih baik. Untuk itu, tidur siang tampaknya sangat berperan dalam konsolidasi memori anak prasekolah.

Artikel lainnya: Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

6. Mencegah Obesitas

Durasi tidur anak juga berhubungan dengan kejadian obesitas. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang. 

Karena itu, pastikan anak Anda tidur cukup setiap harinya. Anak usia sekolah perlu tidur sebanyak 10 jam per hari. 

7. Menambah Kemampuan Berbahasa

Keterampilan berbahasa anak perlu dikembangkan oleh orang tua sejak dini. Nah, manfaat tidur siang bagi anak adalah dapat meningkatkan perbendaharaan kata.

Studi menemukan hubungan antara kosakata (vocabulary) dan perkembangan bahasa dengan pola tidur anak-anak (dengan kekhususan pada tidur siang). 

Diketahui bahwa tidur siang memiliki peranan yang sama dengan tidur malam dalam kaitannya dengan perkembangan bahasa.

8. Tidur Malam yang Lebih Nyenyak

Banyak orang tua berpikir, anak-anak yang sudah tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam. Namun faktanya, terdapat bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih mudah beristirahat pada malam hari.

Anak-anak yang tidur siang dikatakan memiliki mood yang lebih baik di malam hari, sehingga lebih mudah untuk ditenangkan dan diajak beristirahat.

9. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Proses detoksifikasi racun dalam tubuh berlangsung lebih efektif saat anak tidur. Inilah pentingnya dan manfaat tidur siang untuk anak, karena tubuh membersihkan racun dari otak saat kita tidur.   

Ingat juga bahwa anak memiliki durasi waktu tidur yang seharusnya lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut, tidur siang penting dilakukan di samping tidur malam. 

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat tidur siang untuk anak. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu informasi lainnya mengenai kesehatan anak? Anda dapat membacanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasi dengan dokter juga bisa dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

Kesehatan AnaktidurAnak

Konsultasi Dokter Terkait