Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengatasi Hidung Mampet Saat Flu Tidak Sulit, Lakukan 5 Cara Ini!

Mengatasi Hidung Mampet Saat Flu Tidak Sulit, Lakukan 5 Cara Ini!

Saat flu, keluhan hidung mampet kerap muncul dan mengganggu pernapasan. Mengatasinya tidak sulit, kok, asal Anda mempraktikkan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hidung mampet atau tersumbat sering terjadi saat seseorang sedang pilek, flu, sinusitis, atau mengalami alergi (rinitis). Bernapas jadi sulit, bahkan sampai mengganggu waktu tidur. Adakah cara ampuh untuk mengatasinya?

Jangan cemas, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk kembali melancarkan hidung yang mampet.

1. Kompres dengan handuk hangat

Disarankan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, Anda bisa mengompres hidung dan area sekitarnya (seperti dahi) dengan kompres hangat.

Selain dapat mencairkan lendir dalam hidung sehingga mudah untuk keluar, kompres hangat yang dilakukan di dahi juga dapat meringankan gejala sakit kepala saat flu.

Anda bisa menggunakan handuk kecil atau waslap yang dicelupkan ke dalam sebaskom air hangat, peras, kemudian letakkan di hidung dan dahi. Lakukan metode ini beberapa kali dalam sehari agar lendir mencair dan bisa dengan mudah dikeluarkan.

2. Berikan pijatan

Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda juga bisa memijat lembut area wajah, khususnya area dahi dan pipi. Pijatan tersebut akan meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang menyumbat bagian dalam hidung.

“Anda bisa melakukan pijatan dengan jari telunjuk, lalu pijat bagian tepi hidung selama 15-20 detik, lalu ulangi beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir secara perlahan mulai melunak. Anda juga bisa memijat area pipi dengan jari tengah dan jari telunjuk. Letakan kedua jari di tepi hidung, lalu secara perlahan tarik jari dari tapi hidung ke arah bawah kelopak mata,” kata dr. Sara menjelaskan.

3. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Saat sedang menyantap makanan dan minuman yang hangat, umumnya kepala Anda akan maju ke depan. Gerakan atau posisi tersebut dipercaya dapat mencairkan lendir.

Selain itu, uap dari makanan atau minuman hangat, seperti sup atau teh jahe, juga bisa membantu melancarkan sirkulasi di bagian hidung.

Kata dr. Sara, makanan bernutrisi seperti sup dapat memberikan efek sugesti emosi yang positif, menjadikan tubuh lebih relaks dan pikiran lebih tenang.

“Saat sedang flu, pasien sering disarankan untuk mengonsumsi makanan yang hangat dan lunak sampai merasa lebih baik. Makanan atau minuman dingin justru bisa memperburuk kondisi mampet, apalagi jika pasien punya alergi dingin,” ujar dr. Sara.

4. Menghirup uap hangat

Tidak perlu menggunakan alat uap canggih seperti yang ada di rumah sakit. Anda bisa menggunakan uap yang dihasilkan dari air panas yang dituangkan ke dalam baskom.

“Tutupi kepala dengan handuk, lalu tundukkan kepala ke arah baskom selama beberapa menit dan bernapaslah seperti biasa. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan mampet saat flu,” dr. Sara menuturkan.

5. Matikan AC dan kipas dalam ruangan

Bernapas di tempat yang hangat dan lembap merupakan cara efektif untuk mengatasi hidung mampet. Cara ini bisa meredakan pembengkakan di pembuluh darah hidung dan mengencerkan lendir yang ada dalam sinus.

Hindari duduk atau tidur di tempat yang ber-AC dan di bawah kipas angin. Angin yang diembuskan bisa membuat hidung jadi semakin meradang dan masalah mampet jadi semakin parah.

6. Terapkan teknik ini!

Dikutip dari laman Women’s Day, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menekan langit-langit mulut dengan ujung lidah. Lalu, lepaskan lidah dan tekan titik di antara alis dengan jari telunjuk dan jari tengah. Ulangi selama kurang lebih 20 detik.

Bila belum juga berhasil, coba cara lainnya yaitu: posisikan kepala agak ke belakang, lalu jepit kedua sisi luar lubang hidung dengan jari tangan, lalu tahan napas selama yang Anda mampu. Tarik kepala ke depan ketika Anda mengembuskan napas.

Bagaimana, cara mengatasi hidung mampet saat mengalami influenza, pilek, atau reaksi alergi tidak sulit, kan? Bila cara di atas kurang mempan atau keluhan mampet makin sering atau intens, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis THT. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab hidung tersumbat.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar