Sukses

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Jantung

Selain menyegarkan, air kelapa juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk kesehatan jantung.

Bila cuaca sedang terik, minum segelas air kelapa tentu sangat menggugah selera. Selain rasanya enak, minuman yang satu ini juga punya segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk kesehatan jantung.

Minum air kelapa dapat menjadi bagian dari diet sehat. Pasalnya, air kelapa mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh, seperti tinggi oksidan, rendah kalori, serta bebas lemak dan kolesterol.

Selain membantu tubuh terhidrasi, minum air kelapa juga dapat mencegah batu ginjal, mengontrol kadar gula darah, dan masih banyak khasiat air kelapa lainnya.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung juga cukup populer. Dari beberapa penelitian yang ada, hasilnya memang menjanjikan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Jantung Anda

Air kelapa disebut-sebut bagus untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Healthline, minum air kelapa secara rutin dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, tikus yang diberikan air kelapa secara rutin mengalami penurunan kolesterol dan jumlah trigliserida (lemak dalam darah). Bahkan, tikus-tikus ini juga mengalami penurunan jumlah lemak yang menempel pada hati.

Selain itu, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan jantung diperoleh dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan ini dapat memperlancar aliran oksigen dalam darah.

Saat kondisi aliran oksigen dalam darah lancar, oksigen bisa didapatkan dengan baik oleh seluruh anggota tubuh, termasuk bagian jantung.

Artikel Lainnya: Tidur Miring ke Kiri Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?

Tak hanya itu, penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang mampu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Sebagai informasi, peningkatan radikal bebas merupakan respons terhadap stres atau cedera. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

Khasiat air kelapa untuk kesehatan jantung tak cukup sampai di situ. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa air kelapa bisa mengontrol tekanan darah. Seperti yang diketahui, tekanan darah adalah indikator penting dari kesehatan jantung.

Salah satu alasan mengapa air kelapa dapat dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasiumnya yang mengesankan, yakni sebesar 500 mg potasium dalam 8 ons.

Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Menariknya, kalium yang ada di dalam air kelapa lebih tinggi dari pada yang dimiliki oleh pisang. Kalium sendiri sangat berguna untuk pergerakan otot di dalam tubuh manusia, termasuk otot jantung.

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

2 dari 3 halaman

Cara Konsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan Jantung

Setelah mengetahui bahwa konsumsi air kelapa baik untuk kesehatan jantung, Anda dapat memasukkan minuman yang satu ini ke dalam daftar menu sehat harian.

Lalu, adakah waktu khusus untuk mengonsumsi air kelapa agar manfaatnya untuk kesehatan jantung bisa diperoleh secara optimal?

Jawabannya adalah tidak ada waktu khusus ‘terbaik’ untuk mengonsumsi air kelapa. Jadi, Anda bisa menikmatinya kapan saja, baik siang ataupun malam hari.

Bahkan, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa di pagi hari walaupun perut masih kosong.

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, jangan khawatir. Air kelapa memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga tidak akan mengganggu pencernaan Anda.

Minum air kelapa di pagi hari dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu memulai metabolisme, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Kendati manfaat air kelapa sangat mengesankan, terutama untuk kesehatan jantung, konsumsinya tidak boleh berlebihan. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air kelapa sebanyak 2-3 cangkir sehari tanpa menambahkan pemanis buatan.

Air kelapa adalah minuman alami yang lezat dan punya banyak khasiat. Manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung pun cukup menjanjikan dari beberapa penelitian yang ada. Meski begitu, penelitian tersebut masih terbatas sehingga membutuhkan riset lanjutan.

Agar bisa mendapatkan manfaat air kelapa untuk jantung, tetaplah ikuti aturan minumnya dan jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, konsultasikan kepada dokter melalui fitur Live Chat dari Klikdokter.

[WA]

1 Komentar