Sukses

Gejala Kanker Paru Sesuai Stadium

Bicara tentang gejala kanker paru, penting untuk mampu mengenali gejalanya sesuai dengan tahapan stadium penyakit. Ini ulasan lengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Data Globocan 2018 menyebut, kanker paru adalah jenis kanker dengan angka kejadian tertinggi di Indonesia pada pria, yaitu 19,4 per 100 ribu penduduk, dengan rata-rata kematian 10,9 per 100 ribu penduduk. Karenanya, Anda harus mampu mengenali gejala sesuai dengan stadiumnya, agar tahu langkah penanganan selanjutnya.

Kanker paru adalah jenis kanker yang dimulai dan berasal dari pertumbuhan sel ganas di paru-paru. Tak hanya dari kebiasaan merokok aktif dan paparan asapnya, ada beberapa faktor lain yang turut berkontribusi menjadi penyebab kanker paru.

Ada dua jenis kanker paru yang paling banyak terjadi, yang diklasifikasikan berdasarkan ukuran sel dalam kanker, yaitu:

  1. Kanker paru sel kecil: Sel-sel kanker dalan jenis kanker ini terlihat kecil di bawah mikroskop. Jenis kanker paru-paru ini dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.
  2. Kanker paru non sel kecil: Sel-sel kanker jenis ini terlihat lebih besar daripada  kanker paru-paru sel kecil. Jenis kanker ini tidak berkembang secepat kanker paru-paru sel kecil.
1 dari 3 halaman

Diagnosis stadium kanker paru

Untuk mengetahui seberapa parah kanker paru yang dialami, dokter akan mendiagnosis gejala pada pasien dan menghubungkannya dengan pembagian stadium kanker yang ada.

Stadium kanker paru dapat memberikan informasi kepada Anda terkait letak, ukuran, dan penyebaran sel–sel kanker. Semakin tinggi tingkat stadium, maka semakin serius kondisi kanker.

Sistem klasifikasi yang paling umum digunakan sebagian besar dokter adalah kalsifikasi stadium TNM. Kanker diklasifikasikan berdasarkan tiga faktor, yaitu:

  • T: menunjukkan ukuran tumor dan seberapa jauh tumor menyebar.
  • N: menunjukkan keterlibatan tumor ke kelenjar getah bening.
  • M: menunjukkan metastasis atau penyebaran tumor ke organ tubuh lain.
2 dari 3 halaman

Gejala kanker paru berdasarkan stadiumya

Lebih detailnya, inilah gejala kanker baru berdasarkan stadiumnya yang bisa Anda ketahui.

  • Stadium 1A

Kanker ditemukan pada lapisan terdalam paru dan ditemukan pula di jaringan paru yang lebih dalam. Tumor tidak lebih dari 3 cm dan belum menyerang bronkus (cabang batang tenggorokan yang terletak setelah tenggorokan) atau kelenjar getah bening.

Gejala yang muncul pada pasien antara lain batuk yang tidak kunjung sembuh dan batuk berdarah.

  • Stadium 1B

Kanker telah tumbuh lebih besar dan lebih dalam pada jaringan paru. Tumor telah berkembang ke pleura  (membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam) dengan diameter lebih dari 3 cm, atau telah menyebar ke bagian bronkus utama tetapi belum menyerang kelenjar getah bening. 

Pengobatan kanker paru stadium 1A/1B dapat dilakukan melalui operasi dan kemoterapi. Gejala yang muncul pada pasien antara lain batuk yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, dan sesak napas.

  • Stadium 2A

Tumor dengan diameter kurang dari 3 cm telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada pada sisi yang sama dengan daerah tumor. 

Gejala yang muncul pada pasien antara lain batuk yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, sesak nafas dan terfdapat infeksi berulang seperti pneumonia atau bronkitis.

  • Stadium 2B

Tumor belum menyebar ke kelenjar getah bening, tetapi sudah menyerang dinding dada, bronkus utama, pleura, diafragma, atau jaringan jantung. Gejala yang muncul pada pasien antara lain batuk yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, sesak napas, nyeri di dada, suara serak, dan  terdapat infeksi berulang seperti pneumonia atau bronkitis.

  • Stadium 3A

Dalam tahap ini, tumor ditemukan di paru serta di kelenjar getah bening di daerah dada bagian tengah. Gejala yang muncul pada pasien antara lain batuk yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, sesak napas, nyeri di dada, suara serak, rasa sakit di punggung, dan terdapat infeksi berulang seperti pneumonia atau bronkitis. 

Bila sel kanker telah menyebar ke area lain, akan muncul keluhan seperti batuk yang tidak sembuh-sembuh, batuk berdarah, sesak napas, suara menjadi serak, serta nyeri dada, bahu, dan punggung.

  • Stadium 3B

Ukuran tumor dapat bervariasi. Kanker paru telah menyerang kelenjar getah bening dan menyebar ke kedua paru, leher, jantung, pembuluh darah besar, atau kerongkongan, sehingga tidak dapat diangkat melalui operasi. 

Gejala yang sering muncul antara lain: batuk yang tak kunjung sembuh, batuk berdarah, sesak napas, suara serak, nyeri dada, nyeri bahu, dan nyeri punggung.

  • Stadium 4

Ini merupakan tahap paling akhir dari kanker paru, yang ditandai dengan kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Gejala yang sering muncul antara lain: batuk tidak sembuh–sembuh, batuk berdarah, sesak napas, suara serak, nyeri dada, nyeri bahu, nyeri punggung, perubahan sistem saraf seperti kejang, gangguan keseimbangan, kulit dan mata menguning, hingga adaya benjolan di permukaan kulit karena sel kanker sudah menyebar ke organ kulit.

Itu dia gejala kanker paru sesuai dengan stadiumnya. Sederhananya, bila Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan batuk berdarah, apalagi adanya faktor risiko seperti merokok dan paparan asapnya, paparan gas radon, paparan asbestos dan karsinogen lainnya, dan adanya riwayat kanker paru dalam keluarga, segera periksakan diri ke dokter.

(RN)

1 Komentar

  • Agung Peramana

    semoga yang mempunyai sakit ini di sembuhkan kembali di pulihkan kembali di kasih kesehatan yang sangat bagus