Sukses

Mandi Malam, Boleh atau Tidak untuk Dilakukan?

Banyak yang enggan mandi malam hari, apalagi karena percaya mitos bahwa itu bisa picu reumatik. Kalau dari sisi medis, mandi malam itu boleh atau tidak, sih?

Mandi merupakan salah satu kegiatan membersihkan diri yang wajib dilakukan setiap hari. Bagi beberapa orang, mandi malam hari tak bisa dihindari karena baru sampai rumah larut. Sebagian mungkin bertanya-tanya, apakah mandi malam itu boleh atau tidak dari sudut pandang medis?

Tak sedikit orang yang takut kalau mandi malam bisa sebabkan atau picu reumatik. Namun faktanya, itu hanya mitos. Hingga saat ini, belum ada satu penelitian pun yang membuktikan bahwa mandi malam berkaitan dengan kemunculam reumatik.

1 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Mandi Pada Malam Hari

Tak hanya itu, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, pun belum ada penelitian yang melarang Anda untuk mandi pada malam hari. Karenanya, Anda tak perlu khawatir mandi malam. Bahkan, faktanya kebiasaan tersebut bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

  • Membantu tidur lebih cepat

“Mandi air hangat pada malam hari dapat membantu Anda untuk tidur dengan lebih cepat dan nyenyak. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa membantu Anda jadi lebih rileks dan melemaskan ketegangan otot yang nantinya bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat,” jelas dr. Alvin.

  • Mencegah jerawat

Mungkin karena capek atau mengantuk, Anda memilih untuk tidak mandi dan langsung tidur. Padahal, berbaring di kasur dengan minyak dan keringat yang masih menempel di tubuh bisa menyebabkan jerawat. Hal ini dikatakan oleh David Lortscher, MD, dermatolog bersertifikat serta pendiri Curology, seperti dilansir dari Bustle.

“Membersihkan tubuh dengan sabun yang mengandung zink dapat membantu melawan jerawat di tubuh,” katanya lagi.

  • Kulit lebih sehat

Menurut dermatolog asal Amerika Serikat, Dr. Bobby Buka, hormon pertumbuhan memengaruhi kulit, sedangkan hormon seks memengaruhi ukuran kelenjar minyak (sebasea).

“Kadar keduanya memuncak pada malam hari, sehingga mandi pada malam hari bisa menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit, sehingga dapat menjaga hormon tetap dalam keseimbangan yang optimal,” katanya kepada Bustle.

  • Mencegah kontaminasi bakteri

Faktanya, banyak bakteri yang menempel di kepala. Jadi, bila Anda tidur dengan rambut kotor, itu bisa membuat kasur, khususnya bantal, terkontaminasi bakteri. Sehingga, wajah jadi rentan berjerawat.

Bakteri bisa berkumpul di rambut, misalnya akibat bersandar ke dinding, kursi kerja, atau kursi di kereta, atau benda yang tak pernah dibersihkan. Bayangkan bila Anda tak cuci rambut sebelum tidur, semua bakteri tersebut bisa berpindah.

2 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Malam Hari

Mandi jam berapa pun sebenarnya tidak masalah. Namun, mandi dengan air dingin pada malam hari memang perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Kondisi tubuh (apakah sedang fit atau sedang sakit)
  • Suhu udara pada saat itu (dingin atau tidak)
  • Suhu air (baiknya jangan menggunakan air yang terlalu dingin)
  • Bila sedang tidak sehat dan suhu pada waktu itu sedang dingin, baiknya tidak mandi dengan air dingin

Suhu air yang dapat diterima tubuh maksimal berbeda 5 derajat Clcius dengan suhu tubuh. Suhu tubuh normal berkisar 36 derajat Celcius, sehingga suhu air yang dapat diterima antara 29-30 derajat Celcius.

Mandi dengan air hangat pun Anda tidak disarankan untuk berendam atau berada di bawah pancuran terlalu lama. Karena, itu bisa menghilangkan jumlah produksi minyak pada kulit, yang nantinya bisa menyebabkan kulit jadi kering dan mengelupas.

Jika tujuan Anda mandi malam adalah untuk menghilangkan lemas selepas pulang kerja, tapi tetap ingin berinteraksi atau beraktivitas di dalam rumah, sebaiknya mandi dengan air dingin. Ini karena air dingin dapat memberikan sensasi kesegaran dan membantu menghilangkan kantuk.

3 dari 4 halaman

Tips Aman Mandi Malam

Disarankan oleh dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, ada beberapa tips aman mandi malam, yaitu:

  • Sediakan keperluan mandi mulai dari baju ganti, handuk, sabun dan sebagainya terlebih dahulu sebelum Anda mandi. 
  • Mulai sesi mandi dengan membasahi kaki terlebih dulu (terutama jika Anda mandi menggunakan air dingin) agar tubuh tidak kaget saat bersentuhan langsung dengan dinginnya air. 
  • Jika memungkinkan, pilih waktu keramas pada pagi hari agar sesi mandi malam tidak berangsur lama dan memakan waktu. 
  • Bila memang harus keramas karena rambut kotor atau kebiasaan, gunakan pengering rambut. Tidur dengan rambut basah bisa memicu gejala seperti sakit kepala, rambut berminyak, atau kulit kepala berjamur karena terlalu lembap.
  • Jika ingin berendam di bathtub, pastikan suhu air suam-suam kuku agar kulit tidak kering setelahnya.
  • Langsung keringkan badan sehabis mandi dan kenakan pakaian tidur yang nyaman.

Jadi, mandi malam boleh saja dilakukan, karena hingga kini tidak ada penelitian satu pun yang melarang mandi malam mari. Meski demikian, tetap perhatikan beberapa hal, misalnya tujuan dari mandi, suhu air, serta kondisi tubuh agar mandi malam tidak mencetuskan hal-hal yang tidak diinginkan.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar