Sukses

Reisa Broto Asmoro: Dokter Cantik yang Menginspirasi

Nama dr. Reisa Broto Asmoro semakin dikenal masyarakat setelah menjadi pembawa acara Dr. OZ Indonesia. Inilah sosoknya.

Klikdokter.com, Jakarta Masih ingat dengan Dr. OZ Indonesia, sebuah acara kesehatan yang sempat tenar beberapa waktu silam? Kalau iya, Anda tentu sudah tak asing dengan dr. Reisa Broto Asmoro. Wanita yang pernah mengikuti ajang Miss International ini memang sempat menjadi pembawa acaranya.

Ingin jadi dokter sejak kecil

KlikDokter bertemu dengan runner up Puteri Indonesia 2010 ini di tengah waktu santainya saat sedang break syuting di bilangan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Sambil mengenakan blus biru dengan riasan dan tatanan rambut yang sempurna, wanita kelahiran 28 Desember 1985 ini berbagi cerita tentang awal ketertarikannya di dunia kesehatan Indonesia. 

“Dari kecil (saya) suka sekali melihat tante yang dokter. Di rumah juga banyak hewan peliharaan. Kalau (hewannya) sakit, suka dirawat bersama. Terus jadi terinspirasi. Ternyata senang, ya, jadi dokter,” kata dr. Reisa sambil tersenyum ramah.

Melanjutkan kisah hidupnya, dr. Reisa mengaku bahwa dirinya memang menyukai bidang sains sejak dahulu. Saking cintanya, ia bahkan mengambil ekstrakurikuler yang berkaitan dengan bidang tersebut.

“Waktu sekolah, kalau disuruh memilih antara sains atau social studies, saya lebih pilih fisika, kimia, dan biologi. Sampai-sampai ikut ambil ekstrakurikuler klub sains juga. Jadi memang sesuka itu,” tutur dr. Reisa.

“Sewaktu dilakukan tes minat dan bakat sebelum masuk universitas, ternyata hasilnya sejalan. Kedokteran, kedokteran umum, kedokteran gigi, kedokteran hewan. Ternyata memang ke situ arahnya,” sambungnya.

Perubahan keputusan untuk memilih fakultas kedokteran, meskipun bercita-cita menjadi dokter hewan, terjadi semenjak ia diminta untuk merawat sang ibu.

“Mama bilang, ‘daripada merawat hewan, mending merawat mama saja.’ Dari situ muncul keinginan jadi dokter untuk manusia,” dr. Reisa mengaku.

1 dari 3 halaman

Tidak pernah pasang target kehidupan

Kehidupan mengalir seperti air. Itulah prinsip hidup yang diyakini pemegang gelar gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 ini. Hal tersebutlah yang membuatnya tidak pernah memasang target dalam menjalani hidup.

“Saya tidak pernah pasang target dalam menjalani hidup. Saya tidak pernah merasa sudah melewati sesuatu yang besar. Jadi, saya merasa bahwa semuanya mengalir seperti air. Asalkan hidup ini dijalani dengan baik dan positif,” ungkap dr. Reisa dengan penuh antusias.

Kendati demikian, dr. Reisa berkata bahwa dirinya tetap menemukan tantangan dalam menjalani kehidupan. Hal ini khususnya dirasakan saat dirinya sudah menjadi tenaga kesehatan di Indonesia.

“Hal paling menantang yang saya rasakan setelah jadi dokter adalah melawan mitos. Indonesia bisa dibilang sebagai negara dengan seribu mitos. Banyak banget!”, katanya menjelaskan. 

Memberantas hal-hal keliru yang beredar di Indonesia memang bukan perkara mudah. Menurutnya, hal itu dikarenakan mitos lebih mudah tersebar dari pada fakta yang sebenarnya.

“Jadi, di acara kesehatan yang saya bawa, ujung-ujungnya akan mengupas mitos. Supaya tidak ada mitos, tidak ada hoaks lagi yang tersebar di masyarakat Indonesia,” tegasnya.

“Maka dari itu, sekarang saya juga punya channel YouTube yang membahas tentang hal-hal berbau mitos. Saya ingin mengedukasi masyarakat supaya tidak lagi percaya terhadap hal keliru soal kesehatan.”

Menurutnya informasi yang disajikan dalam bentuk video akan lebih mudah disebarkan. Dengan demikian, fakta di balik mitos yang beredar juga bisa lebih cepat tersebar dan dapat menyaingi pesatnya perkembangan mitos soal kesehatan di masyarakat.

“Memang tidak mudah menyampaikan fakta kesehatan, apalagi kalau menyangkut istilah medis. Oleh karena itu, saya selalu berupaya mengaitkannya dengan bahasa sehari-hari agar yang menonton bisa lebih mudah mengerti,” katanya.

“Saya sertakan juga fakta beserta solusi yang mudah dipraktikkan. Jadi, setiap orang yang melihat atau mendengar bisa sepenuhnya mengerti, percaya, dan tidak menganggap bahwa hal tersebut susah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.”

2 dari 3 halaman

Berharap dokter dan masyarakat lebih sejahtera

Setiap orang ingin sehat dan bebas dari penyakit. Menurut dokter yang mengenyam pendidikan kedokteran di Universitas Pelita Harapan dan Universitas Indonesia ini, kemauan adalah kunci utamanya. 

“Menjalankan gaya hidup sehat sebenarnya mudah. Satu kuncinya: mau. Asal ada kemauan dan di-maintain, pasti bisa,” ujarnya. 

“Hal simpel yang bisa dilakukan adalah mulai dari mengatur pola makan. Anda harus tahu mana makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, atau dikurangi. Porsinya juga sudah diajarkan dalam pedoman isi piringku,” katanya memberi contoh.

Sebagai informasi, isi piringku merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa 50 persen isi piring terdiri dari sepertiga lauk dan dua pertiga makanan pokok (karbohidrat). Sementara, 50 persen sisanya terdiri dari sepertiga buah-buahan dan dua pertiga sayur-sayuran.

“Selain mengatur isi piring, jangan lupa minum air putih yang cukup dan olahraga yang cukup. Olahraga paling tidak tiga kali seminggu, durasinya selama 15-30 menit. Lalu, jangan lupa tidur cukup dan refreshing.”

Bicara tentang refreshing, sebagai seorang dokter dengan aktivitas yang sangat padat, dr. Reisa tentu memerlukan waktu refreshing untuk meringankan beban pikiran. Dokter yang gemar memasak ini mengaku menikmati waktu refreshing dengan mengobrol, berjalan-jalan bersama teman atau keluarga, dan nonton film di bioskop.

Sambil bersiap-siap kembali syuting, dr. Reisa menyempatkan untuk membagi harapannya, di ia juga berharap bahwa tenaga medis, khususnya dokter, di Indonesia bisa hidup lebih sejahtera.

“Saya ingin semuanya bisa sejahtera, tak terkecuali para tenaga medis, khususnya dokter yang bertugas di Indonesia. Semoga ke depannya, para dokter juga bisa mendapatkan apresiasi yang lebih,” ucap dr. Reisa penuh harap.

Mengakhiri sesi bincang-bincang dengan tim KlikDokter, ia kembali menekankan agar setiap orang juga lebih sadar akan kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. 

“Jadi, mulai sekarang setiap orang harus menjalankan gaya hidup sehat dan manajemen stres yang baik,” pungkas dr. Reisa sambil memberikan tatapan yang ramah.

Cerita singkat dari dr. Reisa Broto Asmoro ini diharapkan bisa menginspirasi sekaligus memotivasi Anda untuk senantiasa memiliki pandangan positif dalam menjalani kehidupan. Tak lupa, mari bersama jalani gaya hidup sehat agar kualitas masyarakat Indonesia bisa sepenuhnya meningkat.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar