Sukses

Anak Sering Muntah di Mobil, Ini Cara Mengatasinya

Saat dalam perjalanan di mobil, cukup sering anak mengalami muntah. Bagaimana mengatasinya? Yuk, cari tahu caranya di artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Muntah pada anak bisa dibilang merupakan kondisi yang cukup umum terjadi, termasuk saat dalam perjalanan di mobil. Oleh sebab itu, tak sedikit orang tua yang selalu membawa plastik sebagai wahah muntah anaknya saat melakukan perjalanan. Agar tahu cara mengatasi masalah ini, yuk, simak terus artikel ini.

Sering muntah di mobil biasanya diakibatkan kondisi yang lazim disebut sebagai mabuk kendaraan. Kondisi ini tak hanya dapat dirasakan orang dewasa, tapi juga oleh si Kecil.

Paling sering, mabuk kendaraan ini terjadi pada si Kecil yang sudah menginjak usia dua tahun.

Mengapa si Kecil sering mabuk kendaraan?

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, rasa mual pada si Kecil terjadi akibat sistem vestibularnya yang mulai dapat merespons lingkungan dan keadaan di sekitarnya.

Sistem vestibular sendiri adalah sistem pada bagian telinga dalam dan otak yang mengolah informasi sensorik terkait pengendalian keseimbangan tubuh dan pergerakan mata.

“Saat masih bayi, sistem vestibular tak sepeka ketika anak sudah mulai beranjak dewasa. Biasanya, ketika berusia 2 tahun, sistem vestibular sudah mulai aktif secara menyeluruh, sehingga si Kecil jadi lebih peka dengan lingkungan sekitarnya. Sinyal ini biasanya dikirim ke otak dari indra pergerakan seperti mata, telinga, saraf kaki, dan tangan,” ujar dr. Sepriani.

Sebagai contoh, dr. Sepriani menjelaskan bahwa salah satu penyebab si Kecil sering muntah di mobil adalah ketika ia melihat semua benda yang ada di luar bergerak, sedangkan ia hanya duduk terdiam di dalam mobil.

Pergerakan bola mata dan sikap tubuhnya yang diam tersebut yang akhirnya memicu aktifnya sistem vestibular, sehingga si Kecil jadi pusing, mual, dan pada akhirnya muntah.

Atasi masalah si Kecil sering muntah di mobil dengan cara ini

Jika Anda termasuk orang tua yang sering mendapati si Kecil muntah di mobil, baik dalam perjalanan jauh ataupun dekat, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk mengatasinya:

  • Sesuaikan dengan jam tidur anak

Jika Anda sedang merencanakan pergi ke luar kota dengan menggunakan mobil, pilihlah waktu keberangkatan yang sesuai dengan jam tidur si Kecil.

Misalnya, apabila jam tidur si Kecil pada siang menjelang sore hari, maka pergilah pada waktu ini. Hal ini guna mencegah si Kecil merasa mual dan muntah di mobil.

Tapi, jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk pergi pada waktu yang sesuai dengan jadwal tidur si Kecil, maka Anda bisa memberikan obat anti mabuk, satu jam sebelum memulai perjalanan.

“Pemberian obat ini boleh dilakukan jika si Kecil sudah berumur lebih dari 2 tahun. Sesuaikan juga dosis dan takaran sesuai dengan umurnya, agar tak terjadi komplikasi kesehatan setelahnya,” jelas dr. Sepriani.

  • Alihkan Perhatiannya

Anda bisa mengalihkan perhatian si Kecil dengan melakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan di mobil. Anda bisa mengajaknya bermain tebak kata, menyanyi, bermain boneka, ataupun hanya sekadar membacakan dongeng.

Hindari penggunaan gawai selama berada di mobil. Hal ini justru membuat si Kecil jadi semakin pusing dan mual yang meningkatkan rasa ingin muntah.

  • Hindari Aroma yang Menyengat

Banyak orang tua yang berpikir bahwa aroma pewangi mobil bisa lebih merelakskan pikiran dan menenangkan bagi anak. Faktanya, aroma yang terlalu menyengat justru membuat si Kecil jadi semakin mual dan pusing.

“Jika ingin memakai wangi-wangian di dalam mobil, pilihlah aroma yang menenangkan seperti aromaterapi, minyak telon, atau minyak kayu putih,” kata dr. Sepriani.

Pastikan Anak Sudah Makan

Trik lain yang bisa Anda adalah dengan mengisi perut si Kecil terlebih dahulu. Jika memang memungkinkan, berikan si Kecil kesempatan untuk makan di luar mobil.

Meski katanya membiarkan perut kosong dapat mencegah mual, tapi nyatanya, menjaga perut si Kecil tetap terisi dan kenyang bisa membantunya agar tak mudah muntah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah anak sering muntah di mobil. Jika cara-cara di atas ternyata tak juga meredakan rasa mual si Kecil ketika di mobil, maka konsultasikan pada dokter anak. Bisa jadi, ada penyakit yang melatarbelakangi.

[MS/ RH]

1 Komentar