Sukses

6 Cara Rumahan yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Rasa percaya diri drop akibat bau kaki? Jangan tinggal diam, lakukan cara rumahan ini yang diketahui ampuh untuk menghilangkan keluhan tersebut!

Klikdokter.com, Jakarta Meski sering terbungkus sepatu, tetapi tetap saja bau kaki bisa sangat mengganggu! Pasalnya, keluhan ini tak hanya bikin tak nyaman bagi yang mengalaminya, tetapi juga orang-orang di sekitar jika harus bertelanjang kaki. Jangan cemas, ada beberapa cara rumahan yang diketahui dapat membantu menghilangkan keluhan bau kaki.

Penyebab bau kaki

Bau kaki terjadi karena kaki mengeluarkan banyak keringat, terutama saat melakukan aktivitas yang berat. Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, kaki memang memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak.

Kelenjar keringat di kaki memproduksi keringat sepanjang hari untuk menjaga kelembapan bagian tubuh yang satu ini. Pada keadaan tertentu, misalnya pada remaja dan ibu hamil, produksi keringat pada kaki akan menjadi lebih banyak karena pengaruh perubahan hormonal. Dalam kondisi tertentu, misalnya saat stres atau dalam kondisi banyak aktivitas, produksi keringat pada kaki juga akan meningkat dengan signifikan.

Lantas, apakah hanya sebatas keringat yang menjadi penyebab bau kaki? Tidak! Di kaki, terdapat bakteri dan jamur yang secara alami ada di sana. Keadaan kaki yang lembap akibat produksi keringat berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri menjadi tidak seimbang, sehingga mencetuskan terjadinya bau kaki.

Selain itu, bau kaki juga bisa timbul apabila Anda tidak menjaga kebersihan kaki dengan semestinya.

Cara rumahan yang ampuh menghilangkan bau kaki

Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah ini layak dicoba untuk membantu mengusir bau tak sedap di kaki.

  1. Jaga kebersihan kaki

Jaga kebersihan kaki dengan rutin mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk menggosok kaki secara perlahan dengan spons, paling tidak satu hari sekali.

Pastikan sel kulit mati terangkat dan daerah sela jari kaki bersih sempurna. Ini penting agar bakteri atau jamur penyebab bau kaki tidak datang menghampiri.

  1. Potong kuku

Jika kuku sudah terlihat memanjang, segera potong sebelum menjadi sarang bakteri atau kuman penyebab bau kaki. Setelah dipotong, jangan lupa untuk membersihkannya sampai pinggiran kuku hingga kotoran yang menempel hilang sepenuhnya.

  1. Ganti kaus kaki secara berkala

Ganti kaus kaki setiap hari, lebih sering lagi jika Anda rutin olahraga atau aktivitas berat. Jangan menggunakan kaus kaki yang lembap atau basah, karena dapat meningkatkan laju pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab bau kaki.

Anda disarankan untuk menggunakan kaus kaki yang mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, kelembapan kaki akan senantiasa terjaga dan bau kaki tak sedap tidak akan menghampiri.

  1. Gunakan alas kaki yang sesuai

Pakailah sepatu dengan ventilasi udara yang baik. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu tertutup, karena lebih mudah lembap dan menyebabkan bau kaki.

Hindari pula menggunakan sepatu yang masih basah atau belum kering sepenuhnya, karena dapat membuat bakteri dan jamur penyebab bau kaki tumbuh lebih pesat.

Dalam keadaan santai atau saat cuaca sedang panas, gunakan alas kaki yang terbuka agar kaki tidak mudah lembap.

  1. Gunakan antijamur dan anti bau

Gunakan semprotan atau bedak khusus yang bersifat antijamur di kaki sekali sehari. Hal ini bertujuan agar kaki tidak ditumbuhi jamur yang bisa menyebabkan bau kaki.

Pada sepatu, semprotkan cairan anti bau secara berkala. Penggunaan semprotan ini dapat membantu melepaskan bau yang terperangkap di dalam sepatu dan menggantinya dengan aroma yang lebih sedap jika terhirup.

  1. Rendam kaki dengan air garam

Merendam kaki di air garam bisa membantu proses pembuangan sel-sel kulit lama dan kotoran di kaki. Karenanya, ini bisa membantu mengatasi aroma kaki yang tak sedap. Caranya mudah: larutkan setengah cangkir garam Epsom atau garam Inggris dalam sebaskom air. Rendam kaki dalam air garam selama 10-20 menit.

Apabila sudah melakukan berbagai cara di atas tapi bau kaki masih saja menempel, sebaiknya berobat ke dokter. Cara-cara di atas mungkin tidak ampuh menghilangkan keluhan bau kaki karena penyebabnya adalah infeksi jamur atau bakteri yang sudah parah, yang butuh penanganan medis.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar