Sukses

Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Anak

Pernah dengar tentang bunga Echinacea? Jenis herbal yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan anak, lo!

Klikdokter.com, Jakarta Saat anak sakit, pernahkah ada yang manyarankan Anda untuk memberikan anak suplemen yang mengandung bunga Echinachea? Ternyata itu tak sakadar saran, tetapi memang bunga yang masih kerabat aster ini punya banyak manfaat untuk kesehatan anak.

Echinachea adalah genus tumbuhan berbunga dan terna yang termasuk ke dalam famili Asteraceae. Terdapat sepuluh spesies di dalam genus Echinachea. Tumbuhan ini bisa ditemui di Amerika Utara bagian timur dan tengah. Beberapa spesies echinachea dibudidaya karena diyakini berkasiat untuk kesehatan, contohnya adalah Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia, dan Echinacea pallida.

Khasiat sehat bunga Echinacea

Bunga Echinacea diketahui mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk chicoric acid. Senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan di otak. Tidak hanya itu, antioksidan dalam Echinacea juga bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga, tubuh menjadi lebih mampu untuk melawan infeksi dan penyakit.

Senada dengan itu, dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, dari KlikDokter mengatakan bahwa bunga Echinacea memang memiliki beragam manfaat kesehatan.

Menurut dr. Karin, dokter juga sering memberikan suplemen berbahan dasar bunga Echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien anak-anak, di samping obat-obatan dan saran tanpa henti untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

“Cara paling tepat dalam mengonsumsi bunga  Echinacea adalah sebelum anak sakit. Misalnya teman-teman anak atau ada orang di rumah yang kena penyakit menular. Supaya anak tidak tertular, suplemen yang mengandung bahan tersebut bisa diberikan,” jelas dr. Karin.

“Minum suplemen Echinacea saat telanjur sakit juga tidak apa-apa. Itu bisa membantu mempercepat proses penyembuhan,” lanjutnya.

Ketika sudah sembuh, dr. Karin menyarankan agar suplemen bunga Echinacea tidak usah diminum lagi, sebaiknya ganti dengan konsumsi multivitamin. Memang tidak ada efek sampingnya, tetapi hanya untuk memastikan kelengkapan asupan vitamin dan mineral anak.

Tak sebatas menjaga daya tahan tubuh, bunga Echinacea juga memiliki beragam manfaat lain yang meliputi:

  • Mengatasi pilek

Penelitian dalam jurnal “The Lancet, Infectious Diseases” tahun 2007 menyebutkan, Echinacea dapat mengurangi risiko flu hingga 58 persen. Anak yang mengonsumsi Echinacea juga dapat mengurangi durasi pileknya.

Namun, karena bunga tersebut dapat memicu alergi atau respons imun yang berlebih, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum memberikan suplemen Echinacea pada anak.

  • Mengatasi infeksi telinga

Selain pilek, infeksi telinga juga tergolong sebagai penyakit yang sering dialami anak-anak. Kabar baiknya, Echinacea tak cuma bermanfaat untuk mengobati infeksi telinga, tetapi juga bisa mencegah atau melindungi mereka dari penyakit tersebut.

  • Mengatasi jerawat dan segala peradangan

Studi mengungkapkan bahwa Echinacea purpurea dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, bahkan mengurangi dan menyembuhkan peradangan yang disebabkannya.

Penelitian dari University of British Columbia dalam jurnal medis “Phytotherapy Research: PTR” tahun 2011 melaporkan, konsumsi Echinacea secara teratur dapat meringankan berbagai jenis peradangan di dalam tubuh, terutama yang disebabkan oleh stres, makanan, dan kurangnya waktu istirahat.

  • Mencegah kanker

National Institute of Health pernah meneliti bunga Echinacea. Ternyata, kandungan fitokimianya bermanfaat untuk melawan tumor yang akan berkembang menjadi penyakit kanker.

Namun, tetap saja Echinacea bukan obat kanker karena kandungan di dalamnya tidak bisa menghilangkan atau menghentikan sel kanker yang telanjur menyebar.

Untuk menunjang kesehatan anak, suplemen yang mengandung bunga Echinachea boleh dijadikan salah satu pilihan. Tetap prioritaskan pola hidup sehat anak, yaitu meliputi pola makan bergizi seimbang, tidur cukup, aktivitas fisik rutin, serta dioptimalkan dengan kebiasaan sehat lainnya seperti rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Niscaya, daya tahan tubuh anak akan tetap prima!

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar