Sukses

Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bunga telang sering diracik menjadi minuman. Tak hanya nikmat, Anda juga bisa merasakan manfaat bunga telang apabila mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Anda mungkin asing dengan nama bunga telang. Akan tetapi, bila melihat bentuknya, Anda kemungkinan akan mengenalinya. Pasalnya, bunga berwarna biru keunguan ini kerap tumbuh di pekarangan atau di pinggir jalan. 

Belakangan ini, bunga telang menjadi populer karena sering dibuat menjadi minuman. Banyak yang meraciknya menjadi teh dan dicampur dengan sedikit pemanis, baik gula maupun madu. 

Tak sedikit pula yang meyakini bahwa teh bunga telang memiliki banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menjaga Fungsi Penglihatan 

Sering merasakan mata kering dan terasa tidak nyaman? Anda dapat coba mengatasi keluhan tersebut dengan mengonsumsi teh bunga telang. 

Bunga telang mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. 

Artikel Lainnya: Efek Samping Kompres Daun Telang untuk Mata

1 dari 3 halaman

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Bunga telang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Senyawa tersebut disinyalir dapat menjaga kelembapan dan mempercepat penyembuhan bisul dan infeksi pada kulit. 

3. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Anda dapat berkumur menggunakan rebusan akar bunga telang saat mengalami sakit tenggorokan akibat peradangan maupun iritasi.

Rebusan akar bunga telang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan sakit tenggorokan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda tetap harus mengonsumsi air putih dan cukup istirahat. 

4. Baik untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Minuman bunga telang juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu metode detoks saluran pencernaan. 

Anda dapat mengonsumsi teh bunga telang yang dikombinasikan dengan buah serta sayuran tinggi serat untuk mendapatkan manfaat lebih optimal. 

2 dari 3 halaman

5. Menjaga Daya Ingat

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang dapat meningkatkan produksi senyawa asetilkolin pada otak. 

Asetilkolin merupakan neurotransmitter yang penting bagi sel saraf dan berperan dalam pembentukan memori serta daya ingat. 

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Bunga telang memiliki antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Senyawa tersebut juga dapat menangkal radikal bebas akibat polusi dan pola makan tidak sehat. 

Selain itu, antioksidan dalam bunga telang juga dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif di masa datang. 

7. Menjaga Kadar Gula Darah 

Khasiat bunga telang berikutnya adalah menjaga kadar gula darah dengan cara membantu mengatur penyerapannya di dalam tubuh. Hal tersebut berguna bagi mereka yang mengalami diabetes

Konsumsi teh bunga telang bila dikombinasikan dengan obat kencing manis yang sesuai dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 

Artikel Lainnya: Ragam Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Secara Alami

Anda kini sudah mengetahui manfaat bunga telang untuk kesehatan, namun masih bingung bagaimana cara mengolahnya. 

Tak perlu khawatir, bunga telang cukup mudah untuk diolah menjadi minuman. Anda cukup mencuci bersih beberapa bunga telang menggunakan air mengalir. 

Setelah itu, rebus dalam air mendidih selama beberapa menit hingga berwarna kebiruan. Saring air rebusan dan tambahkan pemanis, seperti gula atau madu sedikit saja. 

Minuman bunga telang dapat dinikmati di sore hari bersama dengan camilan sehat favorit Anda. 

Bunga telang tampak memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi, perlu banyak penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lebih jelas efek positif dari tanaman tersebut. 

Oleh karena itu, Anda tak bisa mengandalkan konsumsi teh bunga telang saja. Anda tetap harus menerapkan gaya hidup sehat. Apabila mengalami gejala kesehatan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar