Sukses

Kenapa Wanita Lebih Sensitif Saat Sedang Haid?

Wanita sering disebut lebih sensitif saat sedang haid. Apa penyebabnya? Simak penjelasan sekaligus cara mengatasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang haid, sering kali wanita merasa lebih sensitif dari biasanya. Jika Anda termasuk wanita yang sering mengalaminya dan masih belum mengerti apa yang menyebabkannya, simak artikel ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi mood jelek saat datang bulan.

Sadar atau tidak, saat menjelang haid, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada Anda. Mulai dari nafsu makan yang berlebih, payudara yang terasa bengkak dan sakit jika tersentuh, sampai mood yang jadi lebih sensitif dari biasanya.

Turut dipengaruhi perubahan hormon

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, perubahan-perubahan yang terjadi pada wanita menjelang maupun saat sedang haid memang sangat wajar terjadi. 

Hal ini terkait dengan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh yang meningkat secara drastis dan pada akhirnya turut berpengaruh pada seluruh sistem tubuh –termasuk perubahan sikap yang jadi lebih sensitif. 

“Adanya penyempitan pada pembuluh darah yang menyebabkan nyeri pinggang sakit juga bisa memengaruhi mood seorang wanita. Belum lagi adanya perubahan pada payudara yang cenderung membengkak dan sakit, berpengaruh juga pada mood seorang wanita,” kata dr. Sepriani. 

“Jadi intinya, perubahan-perubahan yang terjadi selama haid memang bisa membuat wanita jadi lebih sensitif dari biasanya,” lanjutnya. 

Adapun penyebab lain yang dapat menyebabkan seorang wanita jadi lebih sensitif saat haid adalah menurunnya serotonin. Ini adalah hormon yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. 

Dijelaskan lagi oleh dr. Sepriani, produksi hormon serotonin yang menurun saat haid dapat menyebabkan naik-turunnya hormon lain. Akibatnya, wanita yang datang bulan jadi lebih sering marah, sensitif, depresi, bahkan ingin makan terus-menerus. 

Selain itu, hilangnya kandungan dopamine dan gamma-aminobutyris acid (GABA) juga menjadi penyebab lain Anda menjadi lebih sensitif saat sedang haid.

“Fungsi kandungan GABA adalah untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan stres dan kecemasan. Jika kandungan ini menurun atau bahkan hilang, maka tubuh akan mengalami kesulitan untuk menjadi tenang dan akhirnya jadi bersikap gegabah karena tidak ada kontrolnya,” tambahnya.

1 dari 2 halaman

Tips mengatasi sifat sensitif saat haid

Meski rasanya wajar jika seorang wanita berubah menjadi lebih sensitif ketika haid, tapi sifat tersebut juga bisa membuat orang lain jadi tidak nyaman dan jengkel pada Anda. Untuk itu, inilah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Lakukan Hal yang Menyenangkan

Jika hari ini adalah hari pertama Anda menstruasi, pahamilah bahwa melakukan aktivitas berat justru akan membuat mood Anda jadi semakin hancur. 

Hindari aktivitas yang menyusahkan dan memberatkan beban pikiran. Bila memungkinkan, pergilah ke salon untuk menyenangkan diri sendiri, agar perasaan sensitif tidak lagi mengganggu Anda. 

  • Makan Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Terdengar klasik, tapi dark chocolate atau cokelat hitam memang dipercaya mampu meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Anda bisa menyediakan dark chocolate di dalam tas maupun di dalam laci meja kerja Anda. 

  • Olahraga

Menstruasi bukanlah alasan untuk tidak olahraga. Bahkan, para ahli menyarankan agar Anda tetap olahraga meski sedang menstruasi. Tidak hanya menyehatkan, olahraga juga bisa meningkatkan kadar hormon rileks yang nantinya akan berpengaruh juga pada mood Anda. 

  • Mendengar Musik

Percaya atau tidak, ketika Anda mendengarkan musik dengan nada tenang dan lembut, maka secara otomatis otak dan pikiran akan berubah menjadi lebih tenang dan santai. Bila perlu, pasang juga lilin aromaterapi agar pikiran dan tubuh semakin rileks dan tidak tegang saat menstruasi. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa wanita cenderung lebih sensitif saat haid dan berbagai upaya untuk mengatasinya. Ingat, walaupun sifat sensitif sangat wajar terjadi pada wanita yang menstruasi, tapi bila Anda tidak mengontrolnya, orang di sekitar Anda pun bisa merasa terganggu.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar