Sukses

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Jantung

Manfaat jalan kaki cukup banyak dirasakan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Jalan kaki bukan cuma olahraga yang murah dan mudah, tapi juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat jalan kaki yang bisa Anda rasakan antara lain menurunkan berat badan, mencegah risiko diabetes dan kanker, hingga mengurangi stres. Nah, lebih dari itu, berjalan kaki juga bermanfaat besar bagi kesehatan jantung Anda.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan memiliki dampak signifikan untuk menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Apa saja manfaat berjalan kaki dan bagaimana cara berjalan yang disarankan untuk kesehatan jantung?

Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

Jika Anda ingin memulai hidup sehat, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mulai bergaya hidup aktif. Banyak penelitian medis menunjukkan bahwa olahraga teratur baik untuk kesehatan.

Dalam sebuah laporan gabungan dari berbagai penelitian, berjalan kaki ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen. Manfaat ini sama kuatnya untuk pria dan wanita.

Perlindungan terhadap sakit jantung tampak jelas bahkan jika Anda sekadar berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang-orang yang berjalan lebih jauh, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau keduanya menikmati perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar.

Selain manfaatnya untuk kesehatan jantung, berjalan kaki dapat memberikan manfaat seperti:

  • Berpikir lebih baik dan tidur lebih baik
  • Mengurangi risiko penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker
  • Menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol darah Anda
  • Meningkatkan energi dan stamina Anda
  • Tingkatkan daya ingat dan mengurangi risiko demensia
  • Tingkatkan kekuatan tulang dan kurangi risiko Anda terkena osteoporosis
  • Mencegah pertambahan berat badan
1 dari 2 halaman

Tips memulai pola hidup yang aktif

Jika ingin lebih aktif dengan berjalan kaki, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Beberapa panduan kesehatan jantung menyarankan agar orang dewasa melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas sedang, setidaknya 150 menit (2,5 jam) seminggu.

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa memulai jalan cepat, setidaknya selama 30 menit selama lima hari seminggu.

Tapi, kalau Anda tidak dapat meluangkan waktu selama 30 menit secara khusus untuk berjalan, ada hal lain yang bisa Anda lakukan. Misalnya, menyisipkan gerakan aktif dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas:

  • Di pagi hari, Anda bisa memarkir mobil di area yang berjarak lebih jauh dari kantor Anda. Selanjutnya, Anda dapat berjalan cepat menuju kantor.
  • Naik kendaraan umum? Tak masalah. Anda bisa turun dari transportasi umum, kemudian berjalan cepat menuju kantor.
  • Saat makan siang, berjalanlah selama 10 menit di sekitar tempat Anda bekerja –baik di dalam atau di luar ruangan.
  • Di penghujung hari, Anda bisa kembali berjalanlah cepat selama 10 menit saat kembali ke mobil di area parkir, atau ke stasiun/ halte kendaraan umum yang akan Anda tumpangi.

Berbagai manfaat jalan kaki bisa Anda nikmati, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung Anda. Jadi, mulailah menyempatkan diri berjalan kaki setiap hari. Jangan lupa, terapkan juga pola makan sehat dan istirahat yang cuku.

[HNS/ RH]

1 Komentar