Kehamilan

Tak Cuma Lezat, InI Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 07 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi yogurt terbukti bermanfaat bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil. Apa saja manfaat yogurt untuk ibu hamil? Yuk, ketahui di sini.

Tak Cuma Lezat, InI Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, seorang ibu wajib memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang sering dianjurkan adalah yogurt. Yogurt biasanya dikonsumsi sebagai camilan karena rasanya yang lezat dan menyegarkan.

Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang tinggi kandungan protein dan kalsium. Produk turunan susu ini dibuat dengan menambahkan bakteri hidup (probiotik) ke dalam susu.  Banyak orang menyarankan ibu hamil mengonsumsi yogurt. Namun, sebenarnya apa saja manfaat yogurt untuk ibu hamil?

 

1. Kaya Nutrisi

Yogurt mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh ibu hamil. Satu porsi yogurt tanpa rasa (plain) yang terbuat dari susu utuh (full cream) sebanyak 100 gram akan memberikan energi sebesar 61 kalori.

Lalu, di dalam yogurt terdapat 3,5 gram protein, 4,7 gram karbohidrat, dan 3,3 gram lemak. Sementara itu, yogurt mengandung mikronutrien berupa kalsium, vitamin B2, vitamin B12, dan fosfor.

Beberapa produk yogurt juga telah difortifikasi dengan vitamin D sehingga sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Hormon kehamilan dapat membuat kerja sistem pencernaan melambat dan ibu hamil rentan jadi mengalami sembelit atau konstipasi. Probiotik yang terkandung di dalam yogurt dapat membantu melancarkan buang air besar dengan cara melembutkan feses.

Artikel Lainnya: Inilah 6 Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil yang Harus Dipenuhi

3. Baik untuk Lambung

Ibu hamil juga kerap mengalami iritasi lambung akibat makan makanan terlalu pedas, berlemak, berminyak, dan menghasilkan gas. Konsumsi yogurt dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Yogurt dapat membantu melapisi dinding lambung dan membuat perut ibu hamil terasa lebih nyaman.

4. Mencegah Pengeroposan Tulang

Saat hamil, seorang ibu rentan mengalami kekurangan kalsium. Pasalnya, kalsium akan terus digunakan oleh tubuh ibu maupun untuk pembentukan tulang janin. Maka dari itu, kecukupan kalsium amat penting bagi ibu hamil agar tulangnya tak mudah keropos.

Selain minum suplemen kalsium, ibu bisa mencegah kondisi tersebut dengan  mengonsumsi yogurt. Yogurt merupakan makanan mengandung kalsium yang baik untuk tubuh dan tulang.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Konsumsi yogurt saat hamil dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga bakteri jahat tidak mudah menginfeksi. Manfaatnya juga tak terbatas di usus, karena probiotik dalam yogurt dapat meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

6. Mengurangi Keluhan Mual dan Muntah

Saat memasuki trimester pertama, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah. Kondisi ini dapat terjadi akibat hormon kehamilan dan keluhan tersebut juga sering disertai oleh penurunan nafsu makan.

Konsumsi yogurt saat hamil dapat membantu mengurangi keluhan mual dan muntah, sehingga nafsu makan ibu tetap terjaga dan kebutuhan nutrisi janin serta ibu dapat terpenuhi.

7. Mencegah Hipertensi

Selama hamil, seorang ibu rentan mengalami peningkatan tekanan darah. Pada beberapa kasus, hal tersebut juga dapat menjadi kondisi yang lebih berat seperti keracunan kehamilan (preeklampsia). Nah, salah satu manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah membantu menurunkan tekanan darah.

8. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah, yogurt saat hamil juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya kolesterol jahat. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit metabolik kepada ibu.

Artikel Lainnya: Panduan Makan Sehat untuk Jaga Nutrisi Ibu Hamil

9. Mengurangi Kulit Kering dan Kusam

Perubahan hormon saat hamil dapat membuat kulit kering dan tampak kusam. Yogurt mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga kulit ibu hamil tetap sehat dan cerah.

10. Mencegah Peningkatan berat badan yang berlebihan

Kehamilan yang sehat umumnya disertai dengan peningkatan berat badan sesuai usia kehamilan. Apabila nafsu makan ibu hamil di trimester kedua dan ketiga tidak terkontrol, maka berat badan dapat terus meningkat dan menyebabkan sejumlah komplikasi.

Komplikasi yang bisa terjadi adalah berat lahir bayi besar (makrosomia) dan risiko penyakit gula (diabetes gestasional). Untuk membantu mencegah risiko tersebut, ibu bisa mengonsumsi yogurt.

Yogurt yang dikonsumsi saat hamil dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih karena kandungan proteinnya tinggi dan bersifat mengenyangkan. Selain itu, kandungan yogurt bisa membantu mencegah kenaikan hormon stres kortisol jangka panjang yang dapat memicu berat badan ibu dan bayi meningkat.

Artikel Lainnya: Bahayakan Janin, Ini 6 Dampak Kurang Gizi pada Ibu Hamil

11. Mengurangi keluhan vagina gatal saat hamil

Kehamilan menyebabkan beberapa perubahan di tubuh ibu, termasuk vaginanya.

Lendir vagina cenderung lebih tinggi gula dan itu merupakan makanan bagi jamur Candida albicans yang secara alami ada di dalamnya.

Akibatnya, jamur menjadi lebih mudah berkembang biak dan menimbulkan keluhan gatal-gatal serta keputihan. Konsumsi yogurt bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi keluhan tersebut karena dapat membantu menormalkan kembali keasaman vagina.

12. Mengurangi Risiko Alergi pada Bayi

Sebuah studi menyebutkan, risiko alergi pada bayi dapat menurun apabila saat hamil ibunya kerap mengonsumsi susu dan produk olahannya, termasuk yogurt.

Melihat banyaknya manfaat yogurt untuk ibu hamil, maka jangan ragu untuk mengonsumsinya! Pilih yogurt yang terbuat dari susu pasteurisasi dan mengandung bahan-bahan alami. Yogurt yang sehat idealnya memiliki kandungan gula rendah.

Anda bisa mengonsumsi yogurt 1-2 porsi per hari serta diimbangi dengan pola makan sehat dan pola hidup sehat lainnya. Cari tahu manfaat yogurt lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

YogurtManfaat kesehatanHamil

Konsultasi Dokter Terkait