Sukses

Manfaat Sehat Konsumsi Kimchi yang Tak Pernah Anda Duga

Makanan khas Korea, kimchi, ternyata memiliki segudang manfaat sehat yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Apa saja itu?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda penggemar masakan Korea, tentu sudah tak asing lagi dengan kimchi. Sayuran fermentasi ini memiliki rasa yang khas dan unik. Namun, rasanya yang cukup masam membuat tak semua orang menyukainya. Padahal, mengonsumsi kimchi secara rutin telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Umumnya, kimchi dibuat dari sayur kol atau lobak yang difermentasi dan dicampurkan dengan garam, cuka, bawang putih, bubuk cabai, dan bumbu lainnya. Proses fermentasi seluruh bahan tersebut dilakukan dengan dimasukkan ke dalam stoples tertutup. Kimchi biasanya disajikan dengan nasi, mie, atau sup.

Kimchi dan bakteri baik

Sama seperti dalam pembuatan yoghurt, proses fermentasi juga telah membuat kimchi mengandung probiotik atau bakteri baik, seperti laktobasilus, yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda. Laktobasilus merupakan bakteri baik yang secara alami terdapat di saluran pencernaan dan dapat membantu tubuh mencerna makanan yang Anda konsumsi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Food Microbiology, laktobasilus yang terkandung di dalam kimchi dapat melindungi saluran pencernaan dari patogen atau bakteri penyebab gangguan saluran pencernaan. 

Selain itu, sekitar 75 persen sistem imunitas tubuh terdapat di saluran pencernaan, sebab itu berasal dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Nah, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Medicinal Foods, disebutkan bahwa bakteri baik yang dihasilkan dari fermentasi kimchi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kimchi dan antioksidan

Sejak lama, masyarakat Korea memang dikenal memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan. Itulah mengapa, sebagian besar menu utama dalam makanan khas Korea terdiri dari sayuran ataupun makanan sehat lainnya, termasuk kol yang merupakan bahan baku utama kimchi. 

Kol sendiri menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Korea karena mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Selain itu, kol juga tinggi akan kandungan serat, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Berdasarkan sebuah penelitian, dilaporkan bahwa kol memiliki efek anti peradangan dan dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, sulfida dan isosianat yang juga terkandung di dalam kol dapat berperan sebagai antimikroba.

Sementara menurut penelitian lain yang dirilis di Journal of Agricultural and Food Chemistry, selain efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, kol juga mengandung indole-3-carbinol yang dapat membantu menurunkan risiko kanker kolon atau kanker usus besar.

Dengan demikian, maka kimchi pun turut memiliki efek anti peradangan. Apalagi, bahan-bahan kimchi selain kol, seperti bawang putih, jahe, cabai, dan lobak, juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

Radikal bebas tak hanya dapat meningkatkan risiko kanker, tapi juga dapat mempercepat terjadinya penuaan dini. Nah, bagi masyarakat Korea, kimchi yang kaya akan antioksidan ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Itu mengapa konsumsi kimchi secara rutin menjadi salah satu rahasia kulit sehat mereka sehingga selalu terlihat awet muda dan terawat.

Hal tersebut sejalan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Bioscience and Bioengineering. Penelitian ini menyebut bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kimchi dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Nah, tentu Anda semakin tertarik untuk mengonsumsi kimchi setelah membaca pemaparan di atas. Kimchi yang mengandung beragam bahan alami – setelah melalui proses fermentasi - pada akhirnya memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dan sebagian di antaranya tentu tidak pernah Anda duga sebelumnya.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar