Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantungBenarkah Bawang Putih Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi?
Jantung

Benarkah Bawang Putih Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi?

dr. Dyan Mega Inderawati, 25 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bawang putih dikabarkan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apakah itu benar? Berikut penjelasan medisnya.

Benarkah Bawang Putih Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi?

Bagi banyak orang dewasa, kolesterol merupakan sesuatu yang kerap dijauhi. Hal ini bukanlah tanpa alasan. 

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama dari berbagai penyakit. Sebut saja penyakit jantung, stroke, gangguan pembuluh darah, dan sebagainya. 

Untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut, rupa-rupa cara pun dijalani, termasuk dengan mengonsumsi bawang putih. Anda mungkin salah satu orang yang pernah melakukannya. 

Namun, apakah efektif konsumsi bawang putih untuk kolesterol tinggi? Mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol 

Bawang putih adalah bahan makanan yang dengan mudah ditemukan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai bumbu aromatik dalam masakan, bawang putih diyakini memiliki berbagai khasiat, salah satunya untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Tapi, apakah bawang putih memang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol? Seberapa efektifkah? 

Sebuah penelitian di Iran yang dimuat dalam International Journal of Preventive Medicine menunjukkan hasil positif tentang efek bawang putih untuk kolesterol.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa konsumsi bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein/ kolesterol jahat), fibrinogen, dan tekanan darah pada penderita dislipidemia (kolesterol tinggi).

Artikel lainnya: Waspada, Inilah Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Bawang Putih 

Bawang putih mengandung senyawa fitokimia yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi (anti peradangan). Senyawa ini mampu mencegah terjadinya reaksi oksidatif di pembuluh darah dan menghambat peningkatan kadar LDL.

Selain itu, bawang putih juga mengandung alisin, yaitu senyawa yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Berbagai efek inilah yang menjadi alasan bawang putih digunakan untuk menurunkan kolesterol. 

Akan tetapi, di pihak lain, tidak semua peneliti sepakat mengenai manfaat bawang putih untuk kolesterol. Seorang peneliti di Stanford, Christopher Gardner, menyatakan bahwa efek tersebut belum sepenuhnya teruji klinis.

Kebanyakan reaksi senyawa tersebut baru terjadi di laboratorium, dan efeknya pada tubuh manusia belum signifikan. 

Gardner pun menambahkan bahwa bawang putih belum dapat menggantikan posisi obat anti kolesterol dalam menurunkan kadar lemak dalam darah.

Artikel lainnya: Tips Minum Suplemen Bawang Putih untuk Atasi Kolesterol Lansia 

Cara Konsumsi Bawang Putih untuk Penderita Kolesterol 

Ada beberapa cara dalam mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

Untuk mendapatkan khasiat ini, banyak orang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 1–2 siung dengan memakan langsung, dalam suplemen bentuk bubuk yang dihaluskan, dicampur dengan air perasan lemon, atau diolah dalam masakan. 

Untuk suplemen, jumlah bawang putih yang direkomendasikan adalah 300 mg dalam dosis 1 hari sekali, setara 1–2 siung.

Manfaat bawang putih untuk menurunkan kolesterol memang belum sepenuhnya terbukti, dan para ahli belum sepakat benar mengenai hal ini.

Namun, Anda tetap boleh mengonsumsi bawang putih dan makanan penurun kolesterol lainnya. Dan tentunya, harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur dan menghindari rokok serta alkohol. 

Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter agar kadar kolesterol tinggi Anda segera mendapat penanganan yang optimal.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai kolesterol tinggi via layanan Live Chat 24 jam. Baca juga artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Bawangbawang putihKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter