Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan WanitaCara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat
Perawatan Wanita

Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

dr. Arina Heidyana, 13 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang juga perlu dirawat agar tetap sehat dan cantik. Mari simak cara merawat kuku yang tepat berikut ini.

Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

Bagi beberapa orang, merawat kuku belum menjadi aktivitas wajib harian, bahkan mingguan. Kuku tangan dan kaki kerap dilewatkan bahkan diabaikan sama sekali perihal kebersihan dan kesehatannya. Padahal, tidak sulit merawat kuku agar tetap sehat dan tumbuh baik.

Apabila kuku tangan dan kaki jarang dibersihkan, bukan tidak mungkin menyebabkan kotoran menempel, menumpuk, dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Sebut saja kuku rapuh, patah, dan infeksi jamur.

Nah, agar terhindar dari kondisi-kondisi tersebut, berikut beberapa cara merawat kuku yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Potong Kuku Secara Rutin

Banyak wanita yang menyukai kuku panjang. Sebab, kuku panjang mudah dibentuk dan dihias dengan cat kuku. Sayangnya, kuku yang terlalu panjang juga dapat menyebabkan infeksi karena bakteri bisa tertinggal di dalam situ. 

Kuku panjang pun berisiko mudah patah dan akhirnya membuat luka, bahkan cantengan. Oleh karena itu, cara merawat kuku yang pertama adalah dengan rajin memotongnya.

2. Jaga Kuku Tetap Bersih dan Kering

Kuku yang basah dan tidak dikeringkan dengan benar bisa menjadi tempat bakteri dan jamur tinggal. 

Karena hal ini, Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau baju. Tujuannya, untuk menghindari kuku dari kondisi basah dan paparan bahan kimia dari deterjen saat sedang mencuci. 

Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan pelembap yang dibuat khusus agar kuku tumbuh lebih sehat dan kelembapannya tetap terjaga.

3. Jangan Gunakan kuteks Terlalu Sering

Penggunaan kuteks memang membuat kuku jadi terlihat lebih menarik. Akan tetapi, kuteks dapat membuat kuku berubah tidak sehat. 

Menggunakan kuteks terlalu sering turut menyebabkan kuku kering dan lapisannya jadi lebih tipis. Warnanya pun bisa berubah menjadi kuning, bahkan hitam.

Sebab, kuku mudah menyerap bahan kimia, termasuk yang terkandung di dalam kuteks. Maka itu, biarkan kuku “bernapas” setelah penggunaan kuteks. Anda bisa kembali mengoleskan kuteks kembali setelah 2-3 bulan penggunaan sebelumnya.

Artikel Lainnya: Sering Pakai Cat Kuku? Ini 6 Cara Jaga Kesehatannya

4. Rendam Kuku di Perasan Air Lemon

Cara merawat kuku selanjutnya adalah dengan merendam kuku di perasan air lemon. Merendam tangan dengan perasan air jeruk lemon hangat atau air garam mampu meningkatkan kesehatan kuku. 

Untuk perawatan lebih lengkap, Anda juga bisa memberikan beberapa tetes tea tree oil atau lavender oil ke dalam rendaman air untuk tangan.

5. Hindari Menggigit Kuku

Tak hanya dianggap jorok oleh orang di sekeliling Anda, menggigit kuku juga bisa menyebabkan kerusakan pada kuku dan gigi. Kuku yang sering digigit akan membuat jaringannya rusak, sehingga pertumbuhan kuku jadi terganggu.

Tidak berhenti sampai di situ, menggigit kuku juga berpotensi menyebabkan kuman berbahaya masuk lewat mulut dan menginfeksi tubuh Anda.

6. Gunakan Pelembap Kuku

Jika Anda memiliki kuku yang mudah patah, rutinlah mengoleskan pelempab di kuku dan kutikulanya. Pelembap dapat membuat kutikula terlihat lebih sehat dan membantu melindungi kuku agar tidak mudah retak serta patah.

Jika sedang menggunakan body lotion atau minyak zaitun, Anda juga bisa mengoleskannya ke kuku untuk menjaga kelembapannya.

Artikel Lainnya: Efek Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

7. Mengonsumsi Makanan Mengandung Biotin

Cara merawat kuku tidak selalu harus dilakukan dari luar. Anda bisa merawat kuku dari dalam, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi dan pastikan mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang.

Salah satu vitamin yang dapat menyehatkan kuku adalah biotin. Biotin adalah adalah jenis vitamin B yang larut dalam air. 

Biotin dapat ditemukan di dalam makanan, seperti sarden, telur, dan kacang-kacangan. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin B atau suplemen biotin untuk mendapatkan manfaat kuku sehat.

8. Jangan Merusak Kutikula 

Selain menggigit kuku, mencabut atau memotong kutikula juga merupakan hal yang harus dihindari. Karena kutikula berfungsi sebagai pelindung alami kuku Anda.

Apabila sering mencabut, memotong, atau merusak kutikula, risiko kuku untuk terkena infeksi pun menjadi lebih tinggi. 

Artikel Lainnya: Sederet Makanan yang Baik untuk Kuku

9. Hindari Penggunaan Kuku Akrilik

Selain kuteks, wanita juga biasanya menggunakan kuku palsu yang terbuat dari akrilik untuk mempercantik jarinya. Sayangnya, produk tersebut dapat merusak kuku. 

Penggunaan kuku akrilik terlalu sering dapat menyebabkan kuku mudah  terkelupas dan kering. 

10. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin, Anda wajib mencukupi kebutuhan cairan sebagai salah satu cara merawat kuku.

Kekurangan cairan juga dapat memberikan efek buruk bagi kuku dan kutikula. Dampaknya, kuku menjadi kering dan gampang patah. Pastikan Anda mencukupi cairan harian dengan minum minimal 8 gelas per hari.

Tidak sulit, kan, merawat kuku dengan cara di atas? Jagalah kesehatan kuku Anda mulai sekarang. Selain tak sedap dipandang, kuku yang kotor dan tidak sehat juga bisa menjadi tempat kuman penyakit bersarang.

Cari tahu informasi merawat atau cara menjaga kesehatan kuku lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KukuCantengan

Konsultasi Dokter Terkait