Jantung

Jantung Berdebar Saat Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 09 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat bangun tidur, biasanya tubuh akan lebih segar dan siap untuk beraktivitas. Namun, bagaimana jika jantung berdebar saat bangun tidur?

Jantung Berdebar Saat Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Saat bangun tidur, hal yang pasti diharapkan oleh semua orang adalah perasaan relaks dan segar. Namun ternyata, ada sebagian orang yang justru mengalami jantung berdebar saat bangun tidur.

Dalam istilah kedokteran, jantung berdebar disebut dengan palpitasi. Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari psikis hingga gangguan yang mengancam nyawa.

Lalu, apa saja penyebab jantung berdebar kencang saat bangun tidur? Berikut beberapa hal yang diduga dapat memengaruhi: 

1. Stres Berat dan Gangguan Cemas

Peningkatan rasa cemas dan stres dapat memicu pelepasan hormon dalam darah yang meningkatkan denyut jantung seseorang.

Menurut American Family Physician, sebanyak 31 persen kasus jantung berdebar disebabkan oleh faktor mental seperti stres, kecemasan, atau konflik internal.

Penanganan stres atau cemas yang tepat akan memperbaiki gejala jantung berdebar saat bangun tidur yang dialami.

2. Asupan Gula Sebelum Tidur

Mengonsumsi banyak makanan manis sebelum tidur bisa bikin jantung Anda berdebar kencang saat bangun tidur.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Jantung Berdebar dengan Cepat dan Tepat

Kelebihan gula dalam darah memicu tubuh melepaskan hormon stres. Alhasil, timbul gejala yang mirip dengan stres dan bikin deg-degan saat bangun tidur.

Namun, tidak semua orang mengalami kondisi ini. Biasanya orang dengan gangguan metabolisme gula darah dan riwayat gula darah rendah lebih rentan dengan keluhan jantung berdebar terkait pola makan.

3. Dehidrasi

Dehidrasi ringan memunculkan rasa haus, mulut kering, dan penurunan jumlah urine. Jika kondisi makin parah, jantung bisa berdetak cepat, pernapasan cepat, dan tekanan darah rendah.

4. Asupan Kafein Sebelum Tidur

Pada beberapa orang, asupan kafein juga bisa jadi penyebab jantung berdetak kencang saat bangun tidur. Kafein bersifat diuretik (menarik cairan) sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi, yang dapat memicu detak jantung jadi tidak menentu.

Namun, selama Anda mengonsumsi kafein dalam batas sedang, efek ini jarang terjadi. Itu sebabnya, sebaiknya jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan.

5. Konsumsi Alkohol

Seperti kafein, alkohol juga dapat membuat jantung Anda berdebar saat bangun tidur. Hubungan ini pun terkait dengan jumlah yang dikonsumsi. Semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, maka akan semakin berat beban pada jantung Anda.

Artikel Lainnya: Beberapa Penyebab Utama Jantung Berdebar

6. Anemia

Penderita anemia tidak memiliki cukup sel darah merah untuk beredar di tubuhnya. Kondisi tersebut dapat menimbulkan sejumlah gejala, termasuk jantung berdebar saat bangun tidur.

Tak cuma itu, sakit kepala, mudah lelah, sesak napas, dan sulit fokus juga dialami penderita anemia.

7. Habis Mimpi Buruk

Mimpi buruk bisa pengaruhi kondisi pikiran dan menimbulkan keluhan secara fisik. Tak jarang, jantung pun bisa berdebar saat bangun tidur. Bahkan, bisa disertai dengan keringat dan gemetaran.

‘Teror’ saat tidur tersebut tak jarang membuat Anda terbangun dalam kondisi panik dan berdebar-debar. Mimpi buruk lebih sering dialami anak-anak ketimbang orang dewasa.

8. Kurang Tidur

Radiological Society of North America mencatat mereka yang punya waktu tidur kurang dari 6 jam biasanya lebih berisiko untuk mengalami peningkatan denyut jantung dan tekanan darah tinggi.

9. Sleep Apnea

Penyebab lain jantung berdebar saat bangun tidur adalah sleep apnea. Kondisi tersebut terjadi saat seseorang berulang kali berhenti bernapas saat tidur.

Jeda napas yang tiba-tiba ini akhirnya menurunkan kadar oksigen dan memberi tekanan ekstra pada jantung.

Artikel Lainnya: Penyebab Jantung Berdebar saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

10. Hipoglikemia

Kondisi ini kerap dialami penderita diabetes. Kadar gula darah yang terlampau rendah membuat seseorang mengalami rasa cemas dan jantung berdebar saat bangun tidur. Hal tersebut memicu pelepasan epinefrin dalam tubuh.

Epinefrin sendiri adalah hormon yang terkait dengan respons ‘fight-or-flight’ alias melawan atau melarikan diri.

11. Perubahan Hormon pada Wanita

Bangun tidur dengan jantung berdebar dapat dikaitkan dengan siklus menstruasi dan perubahan kadar hormon estrogen serta progesteron dalam tubuh.

Kadar estrogen juga menurun signifikan pada wanita yang menopause. Risiko untuk bangun dengan jantung berdebar pun tinggi.

12. Demam

Perubahan suhu tubuh, misalnya akibat demam, dapat menyebabkan perubahan denyut jantung. Secara teori, peningkatan 1 derajat Celsius suhu tubuh akan meningkatkan frekuensi denyut nadi hingga 10 denyut per menit.

13. Efek Samping Obat-obatan

Obat-obatan tertentu juga bisa sebabkan jantung berdebar saat bangun tidur. Obat-obatan yang dimaksud, misalnya amphetamine, obat-obatan untuk tiroid, serta obat batuk dan pilek yang mengandung pseudoephedrine.

Tidak semua kondisi jantung berdebar saat bangun tidur itu berbahaya. Terkadang, kondisi ini dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, seperti olahraga, stres, cemas, konsumsi kafein, demam, atau efek samping obat. Namun, jantung berdebar juga bisa merupakan tanda penyakit atau kondisi serius.

Jika jantung Anda berdebar kencang saat bangun tidur dan disertai keluhan sesak, nyeri dada, pusing, atau pingsan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Berbagai gejala ini bisa jadi pertanda gangguan jantung yang serius.

Konsultasi masalah kesehatan kepada dokter dapat dilakukan melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Jantung

Konsultasi Dokter Terkait