Sukses

Tips Diet untuk Penderita Mag

Penderita mag tidak boleh sembarangan melakukan diet. Bagaimana diet untuk mag yang aman? Mari ketahui cara diet untuk penderita mag di sini.

Para penderita mag atau penyakit gastritis seringkali merasa pesimis untuk melakukan diet atau ketika ingin menurunkan berat badan. Hal ini biasanya karena diet berpotensi membuat gejala penyakit lambung tersebut menjadi kambuh.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin melakukan diet padahal menderita penyakit maag? Simak ulasan tentang diet untuk maag serta tipsnya berikut ini.

Penderita Maag Boleh Lakukan Diet?

Penderita gastritis sering merasa kesulitan ketika ingin menurunkan berat badan karena mereka lebih sering mengalami gejala-gejala kekambuhan. Misalnya, meningkatnya asam lambung saat sedang melakukan diet.

Kondisi itulah yang kemungkinan akan menjadi tantangan tersendiri bagi saat menjalani diet. Walaupun demikian, menurunkan berat badan tidaklah mustahil bagi para penderita gastritis asalkan dilakukan dengan hati-hati.

Artikel Lainnya: Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

Tips dan Cara Diet untuk Penderita Maag

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para penderita mag yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus mengalami kekambuhan gejala:

1. Makanlah dengan Jadwal yang Teratur

Jadwal makan yang teratur akan membuat lambung menyesuaikan diri dan mengantisipasi kira-kira kapan tubuh mendapatkan makanan. Hal ini akan memuat asam lambung dikeluarkan pada waktu yang tepat sesuai dengan jadwal makan yang teratur.

2. Lakukan Prinsip Small Frequent Feeding

Small frequent feeding adalah mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun dengan frekuensi sering. Dengan menerapkanya, lambung tidak akan menghasilkan asam lambung berlebih.

Idealnya, frekuensi makan yang disarankan adalah 3 kali makan besar dengan 2 kali selingan. Karena bertujuan menurunkan berat badan, pastikan jumlah kalori yang dikonsumsi tidak lebih besar dari jumlah kalori yang dikeluarkan.

Disarankan pula untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai selingan yang ramah terhadap lambung, seperti semangka, melon, pisang, papaya, dan yang lainnya.

3. Hindari Makanan yang Bersifat Asam

Makanan yang bersifat asam adalah musuh utama bagi para penderita penyakit mag. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang bersifat asam, terutama ketika Anda sedang diet agar tidak terjadi peradangan pada lambung.

Makanan yang bersifat asam, di antaranya adalah nanas, jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis.

4. Hindari Makanan yang Memicu Keluhan

Selain makanan yang bersifat asam, terdapat jenis makanan lainnya yang dapat memicu keluhan para penderita mag. Contohnya adalah coklat, makanan berminyak, dan makanan pedas.

Di samping itu, hindari pula makanan yang memproduksi gas, seperti sawi, kol, kubis, dan nangka. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsinya, perhatikan jumlahnya agar tidak menimbulkan gejala kekambuhan.

Artikel Lainnya: Sakit Mag Sampai Demam, Apa Artinya?

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan yang berserat lebih disarankan bagi para penderita mag. Hal ini karena dapat membantu mengurangi gejala kekambuhan mag, mengenyangkan, sekaligus membantu program menurunkan berat badan Anda.

Contoh makanan yang berserat adalah oatmeal, roti gandum, sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

6. Pilih Makanan Rendah Lemak

Selain makanan yang berserat, makanan rendah lemak juga ramah bagi lambung serta membantu program diet Anda.

Makanlah ayam bagian dada tanpa kulit, ikan, serta sayuran. Hindari makanan yang diproses dengan tambahan pengawet dan bahan tambahan lainnya.

7. Hindari Minuman Berkafein

Walaupun kopi dapat membantu menurunkan berat badan, konsumsi kopi dapat memperburuk keluhan lambung.

Hindarilah minum kopi dan gantilah dengan teh hijau yang juga mengandung anti peradangan. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Artikel Lainnya: Jenis Buah untuk Mengobati Mag Kronis

8. Hindari Minum Beralkohol dan Merokok

Apabila Anda gemar mengonsumsi alkohol dan merokok, segeralah berhenti. Rokok adalah salah satu pemicu kuat produksi asam dan gas dalam lambung sehingga Anda harus menghindarinya.

Selain menerapkan tips di atas, para penderita mag yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya memperhatikan asupan kalori dan jumlah aktivitas fisik Anda.

Kunci dari keberhasilan menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dibandingkan dengan kalori yang keluar.

Berolahragalah dengan teratur minimal 5 hari seminggu dengan lama kurang lebih 30 menit sehari. Jangan lupa untuk tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut terkait cara diet untuk mag lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. Gastritis Diet: What to Eat and What to Avoid.

1 Komentar