Sukses

5 Kondisi Kesehatan yang Bisa Ditunjukkan oleh Keringat Anda

Bukan cuma tentang panas, ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa ditunjukkan oleh keringat. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini, mungkin Anda hanya tahu bahwa keluarnya keringat dalam tubuh menandakan bahwa Anda kelelahan sekaligus kegerahan. Namun, dilansir dari Livestrong.com, ada kondisi kesehatan yang bisa ditunjukkan oleh keringat. Hal ini mencakup informasi tentang masalah kesehatan (fisik maupun psikis) dan ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh.

Secara umum, kondisi kesehatan seseorang yang kurang baik dapat terlihat dari wajahnya yang pucat, tubuhnya yang sangat kurus atau bahkan sangat gemuk (bengkak), kulitnya yang bermasalah (misalnya kering mengelupas dan muncul ruam), hingga suhu tubuh yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Padahal, keringat juga dapat mendeteksi setidaknya lima masalah kesehatan yang dialami. Adapun lima kondisi kesehatan yang dapat ditunjukkan oleh keringat Anda sendiri, antara lain:

  • Sedang stres berat 

Pada sebagian orang, tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan plus bau tak sedap bisa disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Menurut International Hyperhidrosis Society, Anda memiliki dua jenis kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin. 

Kelenjar ekrin terletak di banyak bagian tubuh dan menghasilkan keringat yang jernih serta tidak berbau. Sementara itu, kelenjar apokrin ditemukan di ketiak dan pangkal paha sekaligus menghasilkan cairan yang berbau setelah bertemu bakteri di permukaan kulit.

Ketika Anda stres, kelenjar apokrin akan semakin aktif memproduksi keringat tersebut. Tak heran saat Anda banyak pikiran, aroma tubuh pun menjadi kurang enak. 

  • Mengalami hiperhidrosis atau anhidrosis

Berkeringat banyak tanpa sebab dapat menandakan hiperhidrosis atau suatu kondisi yang ditandai dengan keringat berlebih yang tidak berhubungan dengan panas atau olahraga. 

Namun, bila Anda sudah berolahraga keras dengan intensitas yang tinggi ditambah suhu udara yang panas, tetapi Anda tidak berkeringat, bisa jadi Anda menderita anhidrosis. Itu adalah ketidakmampuan tubuh untuk berkeringat secara normal. Kondisi ini berbahaya karena suhu tubuh tak bisa diturunkan oleh keringat. 

  • Kadar gula darah terlalu rendah

Berkeringat banyak juga bisa menandakan bahwa gula darah Anda terlalu rendah. Ketika gula darah Anda turun di bawah 70 miligram per desiliter, menurut University of Michigan Medicine, Anda pasti akan banjir keringat.

Sebab, kekurangan gula darah dapat menyebabkan tubuh “stres”, sehingga melepaskan hormon adrenalin. Ketika hormon adrenalin aktif maka keringatlah yang muncul.

Apabila masalah gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) tak segera diatasi, dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter mengatakan, Anda dapat mengalami kejang, hilang kesadaran, bahkan kerusakan otak yang tak bisa disembuhkan. 

  • Kadar elektrolit terlalu rendah

Apabila Anda banyak mengeluarkan keringat disertai dengan pusing dan juga kram otot, ada kemungkinan Anda kekurangan elektrolit esensial, seperti natrium, klorida, magnesium, dan kalsium. 

Untuk menjaga kadar natrium tetap terjaga, disarankan untuk mengonsumsi camilan asin, seperti segenggam kacang sebelum berolahraga. Anda juga bisa mencegahnya dengan konsumsi minuman olahraga selama beraktivitas (jika aktivitas sudah berlangsung satu jam). 

  • Tubuh sedang “membentuk” dirinya 

Mengeluarkan banyak keringat tak melulu pertanda buruk, kok. Keringat yang banyak juga bisa menandakan bahwa tubuh sedang dalam kondisi bugar alias Anda sukses dalam menurunkan berat badan  serta membentuk tubuh! 

Pada dasarnya, orang yang rajin berolahraga mengembangkan respons yang lebih cepat terhadap kenaikan suhu inti. Jadi, ketika Anda dalam kondisi bugar, mekanisme pendinginan tubuh akan bekerja lebih cepat dalam menghasilkan keringat. 

Itu dia beberapa kondisi kesehatan yang bisa ditunjukkan oleh keringat. Jika Anda mengeluarkan keringat saat dan setelah beraktivitas fisik, maka itu hal normal. Yang tak normal, tubuh mengeluarkan banyak keringat di saat Anda diam saja dan dalam suhu yang sejuk. Cobalah konsultasikan hal tersebut kepada dokter supaya masalah kesehatan Anda cepat teratasi. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar