Sukses

Memahami Penyebab Badan Lemas Setelah Bangun Tidur

Tidur dibutuhkan untuk mengembalikan stamina tubuh. Namun, bagaimana jika setelah bangun tidur, Anda malah merasa lemas? Yuk, cari tahu penyebabnya di sini!

Ketika akan beristirahat atau tidur, Anda pasti berharap akan mendapatkan kondisi badan yang jauh lebih segar saat terbangun nanti. Namun, tak jarang Anda justru merasakan badan lemas setelah bangun tidur.

Mungkin, sebagian orang berpikir bahwa pemicu badan lemas setelah bangun tidur adalah waktu istirahat yang kurang. Nyatanya, kondisi tersebut tak cuma disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Mulai dari gangguan kesehatan hingga kebiasaan buruk, semuanya dinilai memberi pengaruh terhadap kualitas fisik pasca terlelap.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Rasa Lemas Saat Bangun Tidur

Berikut adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab badan lemas saat bangun tidur:

1. Stres

Memikirkan banyak hal di malam hari akan membuat otak terus bekerja. Hal ini bisa memicu perubahan suasana hati, sehingga keinginan untuk tidur teralihkan. Alhasil, “beban” tersebut terbawa, memicu mimpi, membuat sering terbangun, dan akhirnya menyebabkan badan lemas setelah bangun tidur.

Artikel lainnya: Kurang Tidur Sebabkan Kinerja Otak Menurun? Ini Fakta Medisnya

2. Kualitas Tidur Buruk

Salah satu faktor yang kerap menjadi penyebab badan lemas setelah bangun tidur adalah kualitas tidur yang tak terjaga. Ketika kualitas tidur buruk atau sering terbangun, maka seluruh organ dalam tubuh pun tak bisa beristirahat dengan maksimal.

Alhasil, ketika terbangun, tubuh malah jadi lemas tak keruan. Menurunnya kualitas tidur tersebut juga bisa dipengaruhi oleh mimpi. Biasanya, setelah bermimpi buruk, orang akan terbangun dan akan membutuhkan waktu untuk kembali tertidur.

3. Kecemasan atau Kegelisahan

Rasa cemas dan gelisah sangat memengaruhi kondisi tubuh Anda saat terbangun di pagi hari. Misal, rasa gelisah yang muncul akibat mimpi buruk kerap membuat Anda terbangun dalam kondisi jantung yang berdebar-debar.

Pada akhirnya, mimpi buruk bisa membuat Anda merasa lelah saat terbangun. Anda pun merasa seperti tak cukup beristirahat, padahal durasi tidur ideal mungkin sudah tercukupi.

4. Konsumsi Kafein Berlebih

Mengonsumsi kafein terlalu banyak, terutama pada sore dan malam hari, akan membuat peminumnya melek saat mau tidur.  Tak cuma itu, kopi juga bersifat diuretic sehingga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil dan dehidrasi.

Jadi, kopi membuat badan lemas dengan dua cara, yaitu mengurangi waktu tidur Anda dan membuat Anda kekurangan cairan tubuh.

Artikel lainnya: Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

5. Konsumsi Makanan Berat Sesaat Sebelum Tidur

Acara-acara penting memang sering dilakukan pada malam hari. Namun, Anda tetap harus mengontrol porsi makan agar tak membuat tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.

Kalau tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan, otomatis organ dalam juga tak beristirahat. Hal ini bisa membuat badan Anda lemas setelah bangun.

Makanan berat yang dikonsumsi pada malam hari juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kalau sudah begitu, sesak dan rasa tidak nyaman di dada akan dirasakan dan mengganggu tidur Anda.

6. Tekanan Darah Rendah

Badan lemas setelah bangun tidur kerap dirasakan oleh penderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Pasalnya, tekanan darah rendah akan mengganggu sirkulasi oksigen ke otak yang membuat penderitanya sering merasa lemas, termasuk saat bangun tidur.

7. Anemia

Tekanan darah rendah dan anemia itu berbeda. Anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah seseorang. Namun, baik penderita tekanan darah rendah maupun anemia, sama-sama sering merasakan lemas.

Artikel lainnya: Bagaimana Posisi Tidur Terbaik bagi Tubuh Anda?

8. Hipoglikemia

Kadar gula darah yang tinggi memang berbahaya, tetapi itu juga berlaku untuk kadar gula darah yang terlampau rendah. Sebab, tak cuma bisa membuat badan lemas setelah bangun tidur, mereka pun bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.

2 dari 3 halaman

Tips Agar Badan Segar Saat Bangun Tidur

Jika saat bangun tidur, Anda merasa badan menjadi lelah dan tak bertenaga, cobalah beberapa cara ini untuk meningkatkan kuanitas dan kualitas tidur Anda:

  • Rutin berolahraga
  • Kondisikan kamar tidur senyaman mungkin
  • Melakukan relaksasi ringan sebelum tidur seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, atau memasang aromaterapi
  • Jauhkan gawai dari jangkauan Anda
  • Perhatikan posisi tidur yang nyaman dan baik bagi tubuh
  • Tidur siang yang cukup
  • Konsumsi makanan padat gizi seperti oatmeal, pisang, dan telur
  • Tetapkan jadwal tidur yang teratur dan konsisten
  • Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur

Itulah beberapa penyebab badan lemas setelah bangun tidur. Jika kondisi tersebut sudah sangat mengganggu atau terjadi berlarut-larut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Anda juga dapat bertanya lebih lanjut kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi Klikdokter. Semoga membantu!

[NWS]

1 Komentar

  • Edo Herianto

    terimakasih informasi dari artikelnya kak, jadi menambah wawasan tentang kesehatan . perkenalkan nama saya edo herianto 1722500169 . kunjungi juga website kami di https://atmaluhur.ac.id . Terimakasih