Sukses

Lilin Aromaterapi, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Banyak orang suka menggunakan lilin aromaterapi untuk menghilangkan stres. Namun, apa dampaknya untuk kesehatan? Baik atau buruk?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang sangat gemar, bahkan ada yang sampai terobsesi dalam menggunakan lilin aromaterapi untuk menghilangkan stres. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa lilin aromaterapi bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Mengapa demikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Sesuai namanya, lilin aromaterapi memang dapat mengeluarkan aroma yang dapat memberikan sensasi rasa ketenangan, sehingga dianggap mampu meredakan dan menghilangkan stres. Kandungan aromaterapi dalam lilin tersebut akan menguap saat dibakar dan kemudian mengisi udara di dalam ruangan. 

Manfaat lilin aromaterapi bagi kesehatan

Masalah kelelahan dan stres merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang-orang yang bekerja di kota-kota besar. Itulah sebabnya, banyak yang kemudian mencari berbagai cara untuk melepaskan kepenatan tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aromaterapi.

Melakukan meditasi dengan aromaterapi, atau sekadar bersantai dan beristirahat di ruangan sunyi dengan lilin aromaterapi merupakan salah satu cara yang mudah, murah, dan efektif untuk melepaskan stres. 

Bila melihat dari sisi ini, maka lilin aromaterapi bisa dibilang dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Sebab, kesehatan tak hanya meliputi jasmani, tapi juga kesehatan mental.

1 dari 2 halaman

Bahaya lilin aromaterapi bagi kesehatan

Akan tetapi, meski dianggap dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental, tapi ternyata lilin aromaterapi juga memiliki dampak negatif. Para ahli mengatakan bahwa lilin aromaterapi dapat membahayakan kesehatan dan juga lingkungan. 

Mengapa demikian? Ternyata bahan lilin aromaterapi dapat menghasilkan racun yang membahayakan tubuh saat dihirup. Namun, tentunya tak semua jenis lilin aromaterapi seperti itu. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai kritis dan waspada, serta perlu menelaah lebih detail mengenai kandungan bahan lilin yang digunakan untuk membuat lilin aromaterapi tersebut. 

Di beberapa negara maju, seperti Inggris, perusahaan yang memproduksi lilin aromaterapi telah diminta pemerintah untuk mengurangi emisi dari lilin tersebut. Selain itu, pemerintah juga meminta para perusahaan lilin aromaterapi untuk memberikan peringatan kepada para konsumen mengenai dampak negatif produknya bagi kesehatan. 

Hal ini cukup menjadi perhatian di Inggris karena cukup banyak penduduk di sana yang secara rutin menggunakan lilin aromaterapi untuk mengharumkan ruangan dan rumah. 

Sebagai tambahan informasi, sebagian besar lilin aromaterapi terbuat dari paraffin wax, yang telah diteliti dapat mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan paru. Beberapa jenis lilin aromaterapi lain juga menggunakan sumbu berinti logam, yang juga dapat melepaskan zat toxin yang berbaya bagi kesehatan paru.

Seperti apa cara aman menggunakan lilin aromaterapi?

Agar manfaat lilin aromaterapi bagi kesehatan mental bisa tetap Anda dapatkan tanpa mengganggu kesehatan tubuh, maka pilihlah lilin aromaterapi yang terbuat dari wax alami, seperti dari kedelai. Lilin aromaterapi alami ini jauh lebih sedikit mengeluarkan jelaga dan zat kimia berbahaya dibandingkan dengan yang terbuat dari paraffin wax.

Lalu, pilih juga lilin aromaterapi yang memiliki sumbu pendek dan tanpa inti logam untuk mengurangi produksi polusi udara dan jelaga. Cek selalu kandungan yang tertera pada labelnya dan lakukan pencarian apakah zat-zat tersebut berhaya bagi kesehatan. 

Satu lagi, Anda juga harus membatasi waktu penggunaan lilin aromaterapi untuk mengurangi jumlah zat kimia yang beredar di dalam ruangan.

Selain itu, sebenarnya terdapat alternatif lain untuk bisa memenuhi ruangan dengan aromaterapi selain dengan menggunakan lilin. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan minyak sari secara langsung atau alat uap khusus aromaterapi. Keduanya cenderung lebih aman untuk kesehatan paru Anda.

Kini, Anda telah mengetahui dampak baik dan buruk lilin aromaterapi untuk kesehatan. Selain itu, dengan lebih berhati-hati dalam menggunakannya, Anda jadi bisa memperoleh manfaat positif aromaterapi untuk kesehatan mental, sambil tetap mengurangi risiko mengalami gangguan paru akibat zat kimia yang dihasilkan melalui pembakarannya. Semoga bermanfaat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar