Sukses

Ibu, Ini Cara Agar Anak Tidak Takut Disuntik

Apakah Anda kerepotan menghadapi ketakutan anak saat akan disuntik? Berikut cara yang bisa dicoba agar anak tidak takut disuntik.

Anak takut disuntik? Tentu hal ini bisa menjadi kerepotan tersendiri bagi orang tua. Apalagi saat menghadapi beberapa kondisi yang mengharuskan anak disuntik, misalnya saat imunisasi atau pengambilan darah. 

Banyak anak-anak yang ketakutan, menangis meronta-ronta, bahkan lari saat mengetahui akan disuntik. Akibatnya, sejumlah orang tua menghadapi kesulitan dan berupaya mencari berbagai cara agar anak tidak takut disuntik.

Ketakutan yang dirasakan anak saat akan disuntik adalah hal yang wajar, karena ada rasa nyeri saat disuntik. Terlebih lagi kalimat “awas nanti disuntik oleh dokter” sering menjadi bahan ancaman bagi anak sejak ia kecil, sehingga ketakutan akan suntikan menjadi kian tertanam di benaknya.

Tidak hanya anak, bahkan sebagian orang dewasa juga masih takut jika akan disuntik. Lalu, bagaimana cara agar anak tidak takut disuntik? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Tidak Menakuti Anak dengan Suntikan Sejak Dini

Telah dijelaskan di atas bahwa menakut-nakuti anak dengan suntikan merupakan salah satu cikal bakal anak takut disuntik. 

Untuk itu, sebaiknya orang tua tidak menggunakan ancaman suntikan jika anak tidak melakukan sesuatu, agar tidak muncul ketakutan mengenai suntikan sejak dini. 

Artikel Lainnya: Balita Takut Sama Orang Asing, Wajar Apa Tidak?

1 dari 4 halaman

2. Menyuntik Sambil Menyusui

Menyusui si Kecil saat ia akan disuntik bisa dilakukan untuk menghindari rasa sakit. Cara ini dapat Anda terapkan, khususnya jika anak masih berusia 0–2 tahun. 

3. Menggunakan Dot 

Jika karena satu dan lain hal Anda tidak menyusui atau pada anak di atas 2 tahun, Anda bisa menggunakan dot yang telah diisi susu untuk membuat si Kecil merasa lebih nyaman saat proses penyuntikan.

4. Alihkan Perhatiannya

Mengalihkan perhatian anak, misalnya dengan membiarkannya mendengarkan musik atau tayangan anak-anak di gawai, bisa menjadi salah satu cara agar anak tidak takut disuntik. 

Ketika perhatiannya teralihkan dengan hal lain, anak tidak akan menyadari rasa sakit yang dialaminya ketika disuntik.

5. Memberikan Hadiah 

Memberikan hadiah sesaat sebelum anak disuntik juga dapat mengalihkan perhatiannya kepada mainan baru, sehingga ia tidak merasakan sakit saat disuntik. 

Artikel Lainnya: Ini Alasan Menakuti-nakuti Anak agar Bisa Disiplin Tidak Disarankan!

2 dari 4 halaman

6. Mengajak Anak Berbicara

Mengajak anak berbicara saat disuntik juga merupakan salah satu cara agar anak tidak takut disuntik. 

Hal ini bertujuan agar anak tidak fokus pada rasa sakit yang mungkin dialaminya saat sedang disuntik. Cara ini dalam istilah kedokteran disebut dengan istilah verbocain

7. Jangan Pegangi Badan Anak Anda

Banyak orang tua memegangi tubuh anak erat-erat agar anak mau disuntik. Padahal, itu sama saja dengan memaksanya. Akibatnya anak justru akan panik dan ketakutan. Supaya anak tidak takut, sebaiknya jangan lakukan itu.

8. Pelajari Soal Suntikan

Umumnya saat hendak disuntik, anak takut pada jarum suntik yang terlihat panjang dan tajam. Salah satu cara mengatasi anak takut jarum suntik adalah dengan mempelajari soal suntikan sehingga anak menjadi lebih familiar dengannya.

Biasanya ketakutan pada anak terjadi karena merasa asing terhadap benda dan kegiatan tertentu. Anda bisa memperkenalkan soal suntikan dan jarum suntik dengan cara bermain dokter-dokteran. Cara ini dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak usia 2 hingga 5 tahun. 

Artikel Lainnya: Tips agar Anak Tak Takut Air

Anda juga dapat mengenalkan suntikan kepada anak melalui buku atau video. Lalu ketika dia akan disuntik, Anda dapat menyebutkan bahwa kegiatan itu seperti halnya apa yang terjadi di buku atau video yang telah dipelajari sebelumnya.

3 dari 4 halaman

9. Perkenalkan Anak dengan Dokternya

Saat mengunjungi dokter, ajak anak berkenalan dengan dokternya. Membina hubungan yang baik antara anak dengan dokternya, akan membuat anak lebih nyaman dan lebih berani saat disuntik oleh dokter.

10. Dampingi Anak Anda

Orang tua perlu mendampingi anak, baik saat sebelum, ketika disuntik, sampai selesainya kegiatan menyuntik itu. Semua ini memang tidak membantu anak-anak terhindar dari rasa sakit akibat suntikan, tetapi bisa mengurangi rasa takutnya.

Nah, kini Anda telah mengetahui 10 cara agar anak tidak takut disuntik. Anda juga bisa menanyakan ke dokter, kerabat, maupun teman untuk mencari tahu cara-cara lainnya yang lebih sesuai dengan karakter si Kecil. Semoga bermanfaat.

Ingin membaca tips kesehatan lainnya? Baca terus artikel di aplikasi KlikDokter atau konsultasikan dengan dokter melalui fitur Live Chat.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar