HomeInfo SehatPernapasanSuntik Vitamin C Ampuh Mencegah Flu?
Pernapasan

Suntik Vitamin C Ampuh Mencegah Flu?

Tamara Anastasia, 22 Agu 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain membuat kulit jadi lebih sehat, ternyata suntik vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah flu. Efektifkah cara tersebut?

Suntik Vitamin C Ampuh Mencegah Flu?

Salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah adalah dengan melakukan suntik vitamin C. Ya, suntik vitamin C memang menjadi salah satu metode perawatan kulit yang telah dilakukan sejak lama. Namun tidak hanya itu, suntik vitamin C juga disebut ampuh untuk mencegah flu. Benarkah demikian? 

Faktanya, fungsi utama vitamin C sendiri adalah untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh. Oleh karena itu, suntik vitamin C terbukti berguna untuk mencegah tubuh dari penyakit, termasuk flu. 

Suntikan vitamin C memang ampuh dalam menangkal beberapa penyakit, termasuk radang paru, sinusitis, flu, dan juga turbekulosis. Oleh sebab itu, suntikan vitamin C memang dianjurkan untuk beberapa penderita. 

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk melakukan metode suntik vitamin C, Anda harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Hal ini guna mencegah reaksi alergi yang mungkin terjadi pada tubuh pasca suntik vitamin C. 

Suntik vitamin memang sehat, tapi setiap orang punya reaksi yang berbeda-beda pasca disuntik. Sebaiknya sebelum konsumsi Vitamin C, Anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter yang memeriksa, sebab bisa saja terjadi alergi pada tubuh. Jadi, suntik vitamin C juga sebenarnya bisa berbahaya, tergantung reaksi dari masing-masing tubuh.

Manfaat suntik vitamin C

Di samping menjaga kekebalan tubuh, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika melakukan suntik vitamin C. Lalu, apa saja itu? 

Pertama, suntik vitamin C bisa membentuk kolagen di dalam jaringan. Hal inilah yang kemudian membuat suntik vitamin C populer sebagai salah satu metode perawatan kulit. 

Kolagen sendiri merupakan sebuah protein yang mampu memberikan kekuatan pada jaringan tubuh. Zat ini juga turut berperan dalam menjaga kekenyalan kulit, sehingga kulit jadi tampak lebih sehat, lembap, dan juga bersinar. 

Sementara yang kedua, suntik vitamin C ampuh dalam menghambat sel pertumbuhan kanker. Karena vitamin C kaya akan antioksidan, maka suntik vitamin C dapat menangkal efek negatif radikal bebas dan mengurangi perkembangan tumor pada otak, ovarium, pankreas, dan organ dalam tubuh lainnya. Namun terkait akan hal ini, masih butuh tindak lanjutan. 

Selain itu, vitamin C juga ampuh dalam merawat kesehatan kulit wajah dan badan. Vitamin C dipercaya dapat membantu menghilangkan kemerahan pada kulit. Meski masih belum pasti, para ahli menduga bahwa vitamin C juga dapat mengurangi keriput pada wajah dan membuat kulit lebih putih. 

Dosis suntik vitamin C yang aman

Setiap harinya tubuh manusia membutuhkan sekitar 70 sampai 150 mg vitamin C. Namun, bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin C, kebutuhannya adalah 300-1000 mg. 

Nah, apabila Anda hendak melakukan suntik vitamin C, batas maksimal yang aman adalah sebanyak 500-1000 mg yang dilakukan sekali dalam seminggu.

Hindari melakukan suntik vitamin C terlalu sering dan banyak. Sebab, dosisnya yang terlalu tinggi bisa membuat organ ginjal dan hati Anda menjadi lebih berat. Jika hal ini sampai terjadi, bukan tidak mungkin Anda mengalami gagal ginjal di kemudian hari.

Perlu diingat juga, meski dosis vitamin C yang Anda dapatkan cukup banyak, tidak semua vitamin C dapat diserap oleh tubuh. Hal ini karena vitamin C juga bisa dibuang melalui urine yang Anda keluarkan setiap hari. 

Setelah mengetahui beberapa manfaat suntik vitamin C, termasuk dalam mencegah flu, apakah Anda jadi tertarik untuk melakukan metode yang satu ini? Jika iya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari reaksi alergi yang justru bisa merugikan Anda.

[MS/ RVS] 

Perawatan KulitMencegah Flureaksi alergiFluvitamin Csuntik vitamin CKolagenAlergi

Konsultasi Dokter Terkait