Sukses

Makan Kacang Polong Bikin Asam Urat Kambuh, Benar atau Tidak?

Hobi makan kacang polong katanya bisa bikin asam urat kambuh. Benar atau tidak, simak penjelasannya lewat artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Polong-polongan seperti kacang polong termasuk camilan bergizi karena kaya protein, rendah lemak, mengandung kalium, zat besi, dan fosfor, serta serat yang bisa turunkan kolesterol dan kadar gula darah. Namun katanya, makan kacang polong bisa bikin asam urat kambuh. Benarkah?

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi terjadinya peningkatan kadar asam urat tubuh. Kekambuhannya merupakan akibat dari pola makan yang tidak dijaga.

Akibat tingginya kadar purin di dalam tubuh, alhasil purin membentuk kristal asam urat, yang pada akhirnya membuat persendian sakit. Kekambuhannya mesti dicegah. Sebab, kalau terus dibiarkan asam urat dapat berujung pada kerusakan ginjal.

Kadar purin pada makanan ada tiga kategori, yaitu:

  • Tinggi: 150-1.000 mg purin per 100 gram. Misalnya: minuman beralkohol; beberapa makanan laut seperti anchovies, kerang, scallop, ikan sarden, haring, kod, haddock, dan trout; serta daging seperti kalkun, bacon, rusa, serta jeroan.
  • Sedang: 50-150 mg purin per 100 gram. Misalnya: daging sapi, ayam, bebek, babi, dan ham; serta shellfish seperti kepiting, lobster, tiram, udang, dan lain-lain.
  • Rendah: kurang dari 50 mg purin per 100 gram. Misalnya: air putih, produk susu rendah lemak, biji-bijian dan pati (roti, pasta, kentang), buah dan sayur, protein rendah lemak, telur, kopi, dan lain-lain.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, pada dasarnya, kacang termasuk opsi makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kebanyakan kacang tergolong makanan rendah purin (kurang dari 50 mg purin per 100 gram makanan). Bahkan, kacang dapat menjadi sumber protein tambahan. Sayangnya, tidak semua jenis kacang aman bagi penderita asam urat. Kacang yang sebaiknya dijauhi adalah kacang tanah.

Kacang tanah mengandung setidaknya 79 miligram purin per cangkir atau sudah masuk ke dalam makanan dengan kadar purin sedang. Sebagai gantinya, penderita asam urat bisa memilih jenis kacang lain, seperti kacang kenari (walnut), almon, kacang mede, kacang macademia, kacang pecan, hazelnut, pistachio, chestnut, dan pine nut.

1 dari 2 halaman

Kacang polong dan asam urat

Dilansir dari Livestrong, sebagian besar sayuran rendah purin, sekitar 50 mg per 100 gram. Namun, kacang polong masuk ke kategori sedang, yaitu mengandung 50-150 mg purin per 100 gram.

Juga dari KlikDokter, dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, turut menambahkan, bahwa penderita asam urat boleh makan kacang polong, asalkan tidak lebih dari segenggam.

“Asal tidak lebih dari satu genggam, harusnya tidak apa-apa. Baik kandungan purin yang rendah atau sedang, kalau dimakan berlebihan pasti berisiko,” kata dr. Karin.

Anda yang sedang diet rendah purin disarankan tidak mengonsumsi lebih dari ½ cangkir sayuran dengan kandungan purin sedang—matang atau mentah—tiap harinya. Jika Anda makan kacang polong saat makan siang, hindari sayuran lainnya yang juga mengandung purin sedang lainnya, seperti asparagus atau bayam saat makan malam.

Sebagai tambahan, batasi konsumsi makanan dengan kadar purin sedang, termasuk kacang polong kering, hanya 1-2 porsi. Satu porsi setara dengan 1 cangkir kacang polong kering, beans, atau lentil, dan sekitar 2-3 ons daging unggas atau makanan laut.

Untuk menghindari si kacang polong ini dikonsumsi secara berlebihan, ada baiknya Anda tidak makan kacang polong sebagai camilan, apalagi sambil menonton televisi atau streaming video. Pasalnya, akan lebih sulit untuk menakar seberapa banyak kacang polong yang sudah masuk mulut. Amannya, campurkan kacang polong ke dalam masakan, misalnya ditumis dengan sayur atau jadi campuran salad.

Lakukan ini agar asam urat tidak kambuh

Menghindari purin sepenuhnya adalah hal yang mustahil, tetapi upayakan untuk membatasinya. Mulailah dengan menjauhi makanan yang tinggi purin dan batasi konsumsi makanan dengan purin yang sedang.

Jika dengan pola makan tersebut kekambuhan asam urat bisa dikontrol, Anda bisa menambah lagi porsi makanan dari makanan yang mengandung purin dengan kategori sedang, atau sesekali boleh menikmati makanan dari kategori tinggi purin. Untuk lebih jelasnya, selalu konsulitasi dan cek rutin kondisi Anda dengan dokter.

Lengkapnya, lakukan ini untuk mencegah kekambuhan asam urat:

  • Hindari makan jeroan, ikan sarden, kerang, daging merah terlalu banyak, dan udang. Semua makanan tersebut memiliki kadar purin yang tinggi.
  • Perbanyak asupan air putih untuk memaksimalkan fungsi ginjal dalam pengeluaran asam urat dalam tubuh.
  • Bila ada obat yang dianjurkan dokter untuk diminum, jangan lupa untuk dikonsumsi secara rutin.
  • Jangan konsumsi minuman beralkohol.
  • Kurangi makanan tinggi lemak karena lemak dapat menghambat proses pengeluaran asam urat dari ginjal.

Memang benar bahwa makan kacang polong bikin asam urat kambuh Hal ini karena kacang polong masuk dalam kategori makanan dengan kandungan purin sedang. Oleh karenanya jangan sampai memakannya secara berlebihan kalau tak mau asam urat kambuh. Lakukan diet rendah purin untuk menekan risiko kekambuhan asam urat, tetapi sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda terlebih dulu agar disesuaikan dengan kondisi.

(RN/ RVS)

1 Komentar

  • Melany Dicka

    saya sudah hidup sehat selama 4 bulan...alhamdulillah badan lebih fit dan bonus langsing😁😘