Sukses

Saat Idul Adha, Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Daging kambing sering jadi menu utama saat Idul Adha. Lalu bolehkah ibu hamil makan daging kambing dalam momen tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Daging kambing menjadi salah satu olahan yang sering hadir saat Hari Raya Idul Adha. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati hidangan dari daging yang satu ini dengan leluasa, termasuk ibu hamil. Tapi sebenarnya bolehkah ibu hamil makan daging kambing?

Ya kekhawatiran ini muncul sebab daging kambing disebut mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Selama ini daging kambing memang sering dianggap sebagai biang keladi terjadinya kenaikan tekanan darah yang berujung pada hipertensi, termasuk pada ibu hamil. Namun, apakah medis setuju dengan anggapan ini?

Ibu hamil dan daging kambing

Berdasarkan penjelasan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, tidak ada aturan yang menyebutkan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi daging kambing.

“Ibu hamil boleh makan daging apa saja, termasuk daging kambing. Justru, daging kambing itu punya beberapa nutrisi yang sebenarnya baik untuk kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung,” kata dr. Karin.

“Tapi perlu diingat, ibu hamil wajib membatasi jumlah daging kambing yang dikonsumsi. Porsi normalnya itu sebenar telapak tangan tanpa ruas jari,” lengkapnya.

Jadi, ibu hamil boleh saja makan daging kambing asalkan tahu batasan porsi yang dikonsumsi. Lagi pula, daging kambing itu sendiri sangat bermanfaat jika dikonsumsi dengan cara dan porsi yang tepat.

Fakta menyebutkan bahwa daging kambing mengandung banyak nutrisi, termasuk tinggi protein yang berperan dalam pembentukan otot dan fungsi otak. Selain itu, daging kambing juga mengandung zat besi yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin dan membantu pembentukan sel darah merah, sehingga menurunkan risiko anemia pada ibu hamil. 

Tak berhenti di situ, daging kambing juga terbukti memiliki sejumlah mineral yang mampu meningkatkan produksi energi sehingga membuat ibu hamil lebih bertenaga, tidak mudah lemas atau letih. Terakhir, daging kambing mengandung zink yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada janin saat masih berada di dalam kandungan. 

Perhatikan ini jika mau konsumsi daging kambing

Bagaimana dengan risiko hipertensi yang bisa disebabkan oleh daging kambing? Terkait hal ini, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, yang menyebabkan hipertensi bukanlah daging kambing, melainkan cara pengolahannya.

“Daging kambing tidak secara langsung menyebabkan hipertensi. Karena, yang justru menyebabkan penyakit tersebut adalah proses memasak dan bumbu yang dimasukan ke dalam olahan daging kambing,” tutur dr. Karin.

“Supaya tidak mengalami hipertensi, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging kambing yang telah diolah dengan banyak santan dan garam, apalagi secara berlebihan. Sebab, olahan tersebut bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan lemak jenuh sehingga tekanan darah ikut melonjak dan terjadilah hipertensi,” tambahnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar ibu hamil bisa makan daging kambing dengan aman saat Idul Adha? Tentang hal ini, dr. Karin mengatakan bahwa ibu hamil bisa mengonsumsi olahan daging kambing yang tidak diolah dengan santan dan garam terlalu banyak.

“Harus diperhatikan juga tingkat kematangan daging kambing itu sendiri. Ibu hamil dilarang keras mengonsumsi daging atau makanan apapun yang masih mentah atau setengah matang. Pokoknya, daging kambing harus dimasak dengan matang, dan bumbunya jangan terlalu asin atau terlalu bersantan,” ungkap dr. Karin.

Tak berhenti di situ, untuk menghindari kolesterol tinggi, dr. Karin juga menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi daging yang masih memiliki lemak. Ini artinya, ibu hamil wajib menghindari bagian yang mengandung banyak lemak dan jeroan seperti usus, limpa, babat, atau torpedo.

“Sebelum memasak atau menyimpan daging kambing, cuci terlebih dahulu hingga bersih dengan air mengalir. Ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi kuman yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti, diare,” pungkas dr. Karin.

Nah, terjawab sudah pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan daging kambing. Mulai sekarang ibu hamil tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi daging kambing saat hari raya Idul Adha. Selama memperhatikan porsi dan cara pengolahan yang tepat, makan daging kambing justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, jika ibu hamil tetap ragu, pilihlah menu lain yang aman dikonsumsi.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar