Kesehatan Umum

Manfaat Persahabatan bagi Kesehatan

dr. Valda Garcia, 18 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak disangka, memiliki sahabat ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda, loh! Apa saja manfaat sahabat bagi kesehatan? Simak di sini.

Manfaat Persahabatan bagi Kesehatan

Bersyukurlah apabila Anda memiliki teman dan sahabat yang selalu ada di saat senang maupun susah. Kehadiran mereka bisa membantu Anda dalam menghadapi tantangan dalam hidup. Tak hanya memberikan kenyamanan, tetapi persahabatan juga dapat bermanfaat besar untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental! 

Memiliki teman yang baik sama artinya dengan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Sahabat yang baik pun dapat  memberikan dukungan positif saat Anda menghadapi situasi yang sulit. Tak lupa, kehadiran sahabat turut mencegah Anda dari perasaan kesepian. 

Berikut adalah beberapa manfaat punya sahabat baik yang akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kalau Anda jarang sakit, mungkin salah satu penyebabnya karena Anda dikelilingi oleh teman-teman yang baik. Bahkan, menurut sebuah studi, persahabatan membuat tubuh cenderung lebih cepat tanggap dalam keadaan khusus. 

Misalnya, punya sahabat membuat proses penyembuhan luka di tubuh semakin cepat membaik dan risiko Anda untuk terkena penyakit pun jadi lebih rendah.

2. Bikin Panjang Umur

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal PLoS Medicine, orang yang punya hubungan pertemanan kuat lebih panjang umur dibandingkan dengan yang tidak punya teman.

Penelitian tersebut juga mengatakan, efek ikatan sosial terhadap masa hidup seseorang ditemukan dua kali lebih kuat daripada berolahraga. Manfaat punya sahabat juga setara dengan dampak positif ke tubuh saat kita berhenti merokok.

Artikel Lainnya: 4 Tipe Teman Toksik yang Sebaiknya Dihindari

3. Menjaga Pikiran Tetap Tajam

Punya teman yang membuat Anda merasa berharga dan bahagia adalah kunci penting untuk hidup sehat. Sebuah penelitian dari Belanda yang diterbitkan oleh Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menyebutkan ada manfaat kognitif yang didapat ketika Anda punya sahabat. 

Perlu diketahui, fungsi kognitif adalah proses untuk menyimpan, mengembangkan, menerima, dan menyimpan informasi dari luar. Fungsi kognitif juga erat kaitannya dengan kecerdasan seseorang. 

Menurut penelitian tersebut, orang tua yang kesepian berisiko lebih tinggi untuk mengalami demensia (daya ingat menurun). Peneliti juga mengatakan, punya keterikatan sosial dengan sahabat atau teman baik dapat meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif.

Kendali begitu, penelitian tersebut bukan mengatakan bahwa kesepian adalah penyebab utama dari demensia, ya

4. Mengurangi Stres

Para peneliti percaya, persahabatan punya peran agar tubuh dapat memproses stres dengan baik. Saat Anda menghabiskan waktu dengan teman untuk bercerita, produksi hormon stres, yakni kortisol, dalam tubuh akan berkurang. Sehingga bercerita bersama sahabat dapat memberikan efek yang menenangkan bagi diri Anda.

Artikel Lainnya: Anak Kecil Punya Geng, Adakah Manfaatnya?

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang lingkungan sosialnya tidak mendukung, salah satunya karena tidak punya sahabat, berisiko mengalami peningkatan tekanan darah.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Teman-teman yang suportif dapat memicu atau menambah rasa percaya diri Anda. Sebab, sahabat yang baik biasanya akan mendukung dan menasihati secara positif ketika Anda berada di situasi sulit. 

7. Meningkatkan Kebahagiaan

Penelitian menunjukkan saat bersosialisasi dengan teman-teman, khususnya dalam keadaan senang, dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Selain itu, para ahli juga menyimpulkan, Anda dapat meningkatkan rasa bahagia di dalam diri dengan cara membangun persahabatan.

8. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Ketika Anda memiliki lingkungan yang suportif untuk saling mendukung teman satu sama lain, dampak positif untuk tubuh dapat dirasakan. Contohnya, jika teman sedang melakukan program menurunkan berat badan, pasti Anda juga akan terpicu untuk menjaga berat badan tetap ideal. Alhasil, kesehatan tubuh Anda dapat terjaga dengan baik.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Kesepian agar Anda Lebih Semangat

9. Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang

Dukungan dari orang sekitar, terutama sahabat, merupakan hal yang sangat penting saat Anda menderita penyakit kronis cukup berat. 

Dengan dukungan dan semangat dari sahabat, perasaan positif di dalam diri Anda dapat muncul. Dampak dari perasaan positif yang Anda alami ini bakal punya manfaat baik untuk kualitas hidup Anda ke depannya. 

Penelitian menjelaskan, pasien kanker yang didukung oleh sahabatnya memiliki kualitas hidup yang baik dan dapat hidup lebih lama. Sebaliknya, orang yang sedang sakit dan tidak memperoleh cukup dukungan dari sahabat atau temannya, cenderung punya kualitas hidup kurang baik. 

10. Meningkatkan Taraf Kesehatan Secara Keseluruhan

Persahabatan yang baik dipercaya dapat membantu mendukung kebiasaan yang sehat. Sebab, seorang sahabat akan menyemangati temannya untuk mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi sehat.

Kebiasaan baik tersebut mencakup menerapkan pola makan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Pengaruh teman dalam hal menerapkan gaya hidup sehat dipercaya dapat menurunkan berbagai risiko kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan depresi.

Percayalah, kehadiran teman-teman yang tulus dan suportif tak hanya membuat hari-hari Anda lebih berwarna, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Jika Anda belum memiliki lingkungan persahabatan atau pertemanan yang sehat, carilah komunitas, event, acara networking, atau mulai kegemaran baru supaya Anda  juga dapat bertemu dengan lingkungan yang lebih sehat. 

Untuk tahu fakta atau informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter, ya. 

(OVI/JKT)

Sahabat

Konsultasi Dokter Terkait