Sukses

Jangan Sepelekan Gigitan Serangga Ini

Gigitan serangga sering kali dianggap sepele. Namun, ada gigitan serangga yang berbahaya dan harus diwaspadai, lho! Simak lengkapnya di sini.

Gigitan atau sengatan serangga dapat menimbulkan benjolan kecil hingga besar di kulit yang terasa nyeri maupun gatal. Sering kali, sulit membedakan apakah seseorang mengalami gigitan maupun sengatan serangga.

Namun, jangan khawatir apabila Anda mengalaminya. Pada umumnya, sengatan maupun gigitan serangga memiliki penanganan yang mirip. Ketahui lebih jauh lewat ulasan berikut ini.

1. Sengatan Tawon

Sengatan tawon awalnya akan menyebabkan rasa nyeri tajam tiba-tiba. Benjolan berwarna merah akan terbentuk pada kulit. Dapat bertahan selama beberapa jam yang disertai nyeri dan gatal.

Hal ini merupakan reaksi alergi dari tubuh yang tidak perlu dikhawatirkan. Meski demikian, ada yang mengalami reaksi alergi serius berupa sesak nafas, kepala terasa ringan, serta mulut dan wajah menjadi bengkak. Segera hubungi ambulans apabila mengalami gejala tersebut.

Artikel Lainnya: Efek Disengat Lebah pada Tubuh

1 dari 3 halaman

2. Sengatan Lebah

Sengatan lebah mirip dengan sengatan tawon. Namun, sengatan lebah akan meninggalkan bekas luka. Sengatan ini menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak selama beberapa jam saja.

Apabila Anda mengalami reaksi alergi berlebihan seperti pada sengatan tawon, segera hubungi ambulans.

3. Gigitan Kutu

Pada umumnya, gigitan kutu tidak terasa nyeri, sehingga Anda mungkin tidak merasa telah digigit. Gejala gigitan kutu, meliputi benjolan merah kecil pada kulit, bengkak, gatal, memar, hingga kulit yang melepuh.

Di luar negeri, kutu bisa membawa penyakit Lyme. Apabila Anda mengalami demam atau terdapat ruam yang tampak seperti tanda tepat sasaran di papan panahan, hubungi dokter.

4. Gigitan Kutu Kasur atau Skabies

Kutu kasur dapat menyerang berbagai bagian tubuh, mulai dari wajah, leher, tangan dan lengan, hingga alat kelamin. Gigitan tidak terasa nyeri, namun dapat terasa amat gatal terutama di malam hari.

Apabila Anda tergigit, kemungkinan terdapat ruam merah atau yang sudah menghitam dan terasa gatal. 

Sering kali timbul ketika Anda tidur dengan banyak orang dalam satu ruangan dengan peralatan tidur yang jarang dibersihkan maupun dijemur di bawah matahari.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Setelah Digigit Laba-laba

2 dari 3 halaman

5. Gigitan Tungau

Gigitan tungau menyebabkan benjolan merah yang amat gatal pada kulit, dan biasanya menyebabkan kulit melepuh. Dalam kulit yang tidak tertutup, seringkali ditemukan gigitan tungau.

Apabila hewan peliharaan Anda memiliki tungau pada badannya, ketika sedang dipangku mungkin saja tungau melompat ke perut dan paha Anda.

6. Ulat Bulu

Ulat bulu memiliki ribuan bulu kecil yang sering menyebabkan ruam yang gatal, masalah pada penglihatan, serta nyeri tenggorokan. Kesulitan dalam bernapas juga dapat terjadi meski jarang.

Nyeri, bengkak, dan gatal biasanya akan bertahan selama beberapa hari. Apabila Anda mengalami reaksi alergi berlebihan setelah gigitan serangga beracun, segera kunjungi dokter.

Artikel Lainnya: Alasan Medis Bentol Akibat Gigitan Nyamuk Terasa Gatal

7. Sengatan Kalajengking

Sengatan kalajengking merupakan salah satu yang paling berbahaya dan mematikan. Anda akan merasakan sakit yang ekstrem sesaat setelah terkena sengatan kalajengking.

Bengkak dan kemerahan di area sengatan juga akan muncul dalam waktu lima menit. Mengatasi sengatan ini bisa menggunakan anti racun. Namun, segera periksa ke dokter jika gejala semakin parah dalam waktu singkat.

Itulah berbagai sengatan dan gigitan serangga yang tidak boleh Anda sepelekan. Konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami salah satu di antaranya.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Diakses 2022. Insect bites and stings symptoms.
  • Diakses 2022. Insect bites and stings treatment.
  • Diakses 2022. Scorpion Sting

0 Komentar

Belum ada komentar