Sukses

Berapa Lama Durasi Menyikat Gigi yang Benar?

Selain teknik, durasi menyikat gigi juga turut memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda, lo. Simak penjelasannya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menyikat gigi adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, berapa lamakah durasi sikat gigi yang benar? Mana yang lebih baik, menyikat gigi dengan waktu yang lama atau dengan waktu cepat tapi lebih sering?

Anjuran frekuensi sikat gigi

Dulu Anda mungkin sering mendengar informasi untuk selalu menyikat gigi  setelah makan. Namun, American dental Association sudah mengubahnya dengan imbauan untuk menyikat gigi secara teratur, yaitu minimal 2 kali sehari, setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Hal ini karena jika plak gigi rutin dibersihkan sampai tuntas setiap harinya, maka tidak akan ada hal-hal yang bisa merusak gigi dan mulut secara keseluruhan.

Karena menyikat gigi hanya dianjurkan minimal 2 kali sehari, kegiatan ini tak boleh dilakukan dengan asal. Mulai dari tujuan dan teknik menyikat gigi, durasi, pemilihan sikat gigi dan pasta gigi harus benar-benar diperhatikan.

Perhatikan ini saat menyikat gigi

Agar kegiatan menyikat gigi memberikan hasil optimal dan membawa manfaat baik untuk kesehatan gigi, maka perhatikan hal-hal di bawah ini :

  1. Menyikat gigi harus bisa menghilangkan plak gigi dan mencegah pembentukan plak gigi. Tujuannya agar tidak berubah menjadi karang gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
  1. Harus bisa membersihkan gigi dari sisa makanan dan mencegah menempelnya noda pada gigi.
  1. Harus bisa merangsang gusi agar berfungsi mencegah penyakit gusi.
  1. Menggunakan pasta gigi yang dapat mencegah karies gigi dan penyakit gusi, bahkan menghilangkan rasa ngilu pada gigi sensitif.
  1. Untuk anak-anak disarankan menyikat gigi dari permukaan kunyah gigi geraham atas. Selanjutnya lanjut ke gigi-gigi di depannya, lalu mulai lagi dari geraham bawah, lanjut ke arah gigi di depannya.

Menyikat gigi anak harus difokuskan pada permukaan kunyah gigi gerahamnya, dimana terdapat pit dan fisura yang bekerja mencegah karies gigi.

  1. Untuk orang dewasa disarankan mulai menyikat gigi dari sisi paling ujung pada gigi geraham atas paling belakang. Lalu, bergerak menyikat gigi-gigi di depannya sampai seluruh permukaan gigi rahang atas pada sisi satunya selesai.

Jangan lupa untuk menyikat sisi bagian dalam dan luar dengan memosisikan bulu sikat gigi 45 derajat menghadap gusi untuk seluruh gigi atas dan bawah.

  1. Lama waktu menyikat gigi yang disarankan adalah 1 menit untuk gigi rahang atas dan 1 menit untuk gigi rahang bawah. Namun sebenarnya, durasi sikat gigi bisa berbeda pada setiap orang, tergantung dari kondisi gigi dan mulut orang tersebut.

Bagi orang yang memiliki gigi dengan susunan tidak rata – atau orang yang menggunakan kawat gigi – maka teknik menyikat gigi, lama waktunya dan juga pemilihan sikat gigi akan berbeda dengan susunan gigi yang rata. Bahkan, kadang diperlukan alat tambahan seperti sikat gigi interdental.

Lalu, untuk orang yang kemampuan psikomotoriknya kurang baik, pasti butuh waktu lebih lama untuk membersihkan seluruh gigi-giginya. Pada orang yang cenderung lebih cepat menempelnya plak gigi dan sisa makanan, bisa membutuhkan tambahan waktu lagi untuk menyikatnya.

Tak hanya itu, kemampuan air liur untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri juga dapat menentukan lama waktunya menyikat gigi.

Jadi, kegiatan menyikat gigi sebenarnya tidak bisa disamakan untuk setiap orang, termasuk untuk durasi sikat gigi. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui teknik, penggunaan sikat serta pasta gigi yang paling cocok dengan kondisi gigi Anda. Dengan demikian, kegiatan menyikat gigi Anda menjadi lebih optimal.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar