Sukses

3 Manfaat Minum Air Hangat bagi Pencernaan

Jangan sepelekan manfaat minum air hangat. Sebab, dengan rutin melakukannya, pencernaan Anda bisa lebih sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Jika diminta memilih, orang akan lebih memilih minum kopi atau teh ketimbang air hangat. Padahal manfaat minum air hangat bagi kesehatan – termasuk pencernaan – sangat besar.

Dalam hal kebiasaan minum air putih, masih banyak orang yang lebih suka mengonsumsinya dalam keadaan dingin daripada hangat. Memang, harus diakui minum air dingin itu lebih segar, apalagi saat siang hari yang panas dan terik. Air putih dingin bisa segera melepas dahaga.

Padahal, air hangat memiliki lebih banyak manfaat yang baik bagi tubuh sekaligus pencernaan Anda. Sementara itu, minum air dingin – terutama produk air olahan – justru tidak memiliki banyak manfaat, karena tidak memiliki mineral penting. Miskinnya kandungan tersebut  menjadi sangat tidak menguntungkan bagi saluran pencernaan saat mengonsumsi makanan.

Bagi Anda yang suka minum air dingin, direkomendasikan untuk menahan diri dari meminumnya, paling tidak 20 menit sebelum makan. Bahkan jika sumbernya adalah mata air alami.

Manfaat minum air hangat bagi pencernaan

Ya, menurut sebuah penelitian pada 2015 yang dipublikasikan lewat European Journal of Pharmateutical And Medical Research, minum air hangat bagus untuk usus Anda. Jika Anda belum terbiasa dengan rutinitas minum air hangat, rasanya perlu segera menjalankan kebiaasaan ini.

Ada beberapa manfaat minum air hangat bagi pencernaan yang perlu Anda ketahui, yakni:

  1. Membersihkan pencernaan

Minum secangkir air hangat – terutama di pagi hari – dapat membantu tubuh Anda membersihkan atau membuang racun.

Air dan cairan lain sebenarnya memang bisa membantu memecah makanan di lambung dan menjaga sistem pencernaan tetap pada jalurnya. Namun air hangat akan membantu memecah makanan lebih cepat sehingga jadi lebih mudah dicerna.

"Air hangat memang lebih bisa membantu membersihkan toksin di dalam pencernaan," ujar dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Sementara itu, minum air dingin selama atau setelah makan sebenarnya dapat mengeraskan minyak dalam makanan yang dikonsumsi, sehingga bisa menimbulkan timbunan lemak di usus.

Menambahkan es ke air dingin olahan juga akan menghilangkan mineral alami. Padahal, mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum dialami masyarakat. Salah satu faktornya adalah masalah pergerakan usus.

Minum air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat membantu meningkatkan buang air besar dan membantu masalah sembelit. Menurut dr. Devia, mengonsumsi air hangat bisa membantu melancarkan pencernaan Anda karena membantu pergerakan lambung dan usus Anda menjadi lebih baik. Hasilnya,  risiko sembelit juga ikut menurun.

  1. Mengurangi rasa sakit di perut

"Air hangat bisa mengurangi rasa nyeri atau mual di perut. Jadi, kalau sedang merasa sakit perut, minum air hangat biasanya bisa sangat membantu," kata dr. Devia.

Sejak lama, air hangat memang dianggap sebagai obat rumahan paling kuat. Dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit dari menstruasi hingga sakit kepala.

Panas dari air hangat diketahui memiliki efek menenangkan pada otot-otot perut, yang dapat membantu memberikan bantuan instan untuk kram dan kejang otot.

Menurut Healthline, air hangat biasanya bermanfaat untuk meredakan kram. Sebab, cairan hangat tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu mengendurkan otot-otot yang sempit.

Tips menikmati air hangat

Anda perlu mengetahui juga beberapa cara untuk menikmati air hangat yang pas agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Berikut cara yang bisa Anda pilih untuk minum air hangat:

  • Satu atau dua gelas air hangat, diminum pagi-pagi sekali, begitu Anda bangun dan sebelum menyikat gigi. Sebaiknya meminumnya pada posisi berdiri.
  • Satu atau dua gelas air hangat, setelah menggosok gigi, sebelum sarapan.
  • Setidaknya tiga gelas air hangat sepanjang pagi.
  • Satu gelas air hangat, setidaknya 15-30 menit sebelum makan.
  • Setidaknya dua gelas air hangat sepanjang malam.
  • Satu gelas air hangat sebelum tidur.

Mengenai berapa suhu air hangat yang tepat terkait untuk diminum dr. Devia menyebut: asal jangan terlalu panas. Kuncinya adalah jangan sampai suhu airnya membuat lidah menjadi mati rasa karena air yang kepanasan.

Manfaat minum air hangat bagi kesehatan sangat beragam, termasuk untuk pencernaan Anda. Jika Anda selama ini lebih sering menikmati kopi atau teh, mulailah kebiasaan sehat ini setiap hari dengan melakukan saran yang dipaparkan tersebut.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar