Sukses

Seberapa Sering Harus Membersihkan Kamar Mandi?

Kamar mandi perlu dalam keadaan selalu bersih. Tapi, seberapa sering harus membersihkan kamar mandi?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai tempat membersihkan diri wajar bila kamar mandi dipenuhi kuman dan bakteri. Suasana yang tertutup dan lembap juga menjadi tempat yang ideal untuk jamur dan lumut berkembang. Untuk itulah, membersihkan kamar mandi secara rutin mutlak dilakukan pemilik rumah.

"Membersihkan kamar mandi agar bebas dari sebaran kuman sangat penting bagi kesehatan Anda dan keluarga. Jangan sampai ruangan yang seharusnya bersih justru malah menjadi sumber penyakit," kata dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter.

Pembersihan bukan hanya sekadar di bagian lantai. Mata Anda sebaiknya juga tak luput dari dudukan toilet, keran air, wastafel, saringan kamar mandi, gagang flush toilet, hingga bak mandi. Meski tidak terlihat kotor, tidak ada salahnya Anda menggunakan cairan khusus pembersih kamar mandi untuk menyeka atau menggosok setiap bagian itu.

Bak mandi adalah yang terkotor

Salah satu tempat paling kotor di kamar mandi adalah bak mandi. Padahal, bak mandi adalah wadar air tempat Anda mengguyur badan saat membersihkan tubuh. Jadi, coba bayangkan jika bak mandi tidak dibersihkan. Bukannya menjadi bersih, Anda justru “mengguyur” kuman ke tubuh.

Selain itu, bakteri juga dapat dengan mudah menumpuk di tirai mandi Anda. Dalam sebuah studi yang dilakukan American Society for Microbiology, terungkap bahwa tirai kamar mandi—bahkan setelah satu minggu penggunaan—mengandung banyak mikroorganisme, termasuk Sphingomonas dan Methylobacterium.

Bakteri ini dapat sangat berbahaya bagi pasien yang mengalami gangguan kekebalan. Anda juga dapat mengalami infeksi saluran kemih, pneumonia, dan infeksi kulit akibat bakteri ini.

Akan tetapi, praktik pembersihan rutin akan menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut. Menurut Profesor Philip M. Tierno, Jr., seorang profesor klinis Departemen Patologi di New York University, membersihkan kamar mandi secara teratur dan menjaga kebersihan dasar akan mengurangi risiko sakit akibat kondisi yang kotor.

1 dari 2 halaman

Seberapa sering harus membersihkan kamar mandi?

Jason Tetro, ahli mikrobiologi dari Universitas Guelph di Ontario, Kanada, menyarankan Anda untuk membersihkan kamar mandi setidaknya seminggu sekali. Tetro mengatakan, kamar mandi adalah tempat utama berkembanganya bakteri E. coli. 

"Untuk mencegahnya, bersihkan toilet dan wastafel dengan disinfektan setidaknya sekali seminggu, dan bak mandi setiap dua minggu. Sementara itu, tirai kamar mandi juga harus dibersihkan setiap minggu untuk menghindari jamur, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, mata, dan tenggorokan pada beberapa orang," katanya kepada nbcnews.com.

Dan Allen, M.D dari Cleveland Clinic, juga sepakat kamar mandi harus dibersihkan seminggu sekali. Rutinitas itu sangat diperlukan jika Anda adalah tipe orang yang menyiram toilet dengan tutup terbuka atau membiarkan tutup terbuka setelah dipakai.

"Hal itu menyebabkan mikroba penyebab penyakit bisa tersebar. Jika Anda tidak membersihkan kamar mandi Anda, patogen itu bisa hidup di permukaan tubuh Anda selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan pada suatu waktu," kata Dan Allen.

Kiat menjaga kebersihan kamar mandi

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Berikut beberapa kiat yang diberikan dr. Sara Elise Wijono:

  • Gunakan cairan disinfektan

Cairan disinfektan berfungsi untuk membasmi kuman. Saat membersihkan kamar mandi, gunakan cairan ini agar benar-benar bebas kuman.

  • Tutup wadah air

Anda memiliki wadah penyimpanan air di dalam kamar mandi? Usahakan untuk menutup wadah ini. Wadah air yang terbuka dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

  • Segera perbaiki yang rusak

Lantai atau dinding kamar mandi yang sudah rusak dapat menyebabkan kuman dan jamur bermunculan di kamar mandi. Jika ada bagian yang rusak, segera perbaiki.

  • Rutin bersihkan toilet, lantai, dan dinding 

Toilet, lantai dan dinding kamar mandi merupakan bagian dengan jumlah kuman yang banyak. Sebaiknya Anda menggunakan cairan pembersih khusus yang dapat menghilangkan kotoran yang membandel.

Untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dan sehat, setidaknya Anda harus membersihkan kamar mandi satu kali dalam seminggu. Selain itu, bersihkan area secara keseluruhan, yaitu lantai, bak mandi, dinding kamar mandi, tirai kamar mandi, toilet dan dudukannya, keran air, dan flush. Terjaganya kamar mandi pun akan berdampak langsung pada kesehatan Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar