HomeInfo SehatPencernaanAtasi Perut Kembung dengan 9 Cara Praktis Ini
Pencernaan

Atasi Perut Kembung dengan 9 Cara Praktis Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 01 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak ingin mengalami gangguan aktivitas gara-gara perut kembung? Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasinya!

Atasi Perut Kembung dengan 9 Cara Praktis Ini

Perut kembung menjadi salah satu gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Meski tak melulu berbahaya, kondisi yang satu ini tetap bisa menyebabkan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Berdasarkan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, perut kembung atau meteorismus adalah kondisi terperangkapnya udara (gas) dalam rongga usus. Kondisi ini dapat dialami segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua.

"Perut kembung dapat menjadi keluhan tunggal atau disertai keluhan lain, seperti nyeri ulu hati, mual, muntah dan lain-lain. Kondisi ini tergolong sulit ditentukan penyebabnya, mengingat bahwa perut kembung bisa berhubungan dengan hipersensitivitas usus, penumpukan gas, aktivitas bakteri di usus, dan kondisi lainnya," ujar dr. Theresia.

Lebih lanjut, dr. Theresia mengatakan bahwa beberapa hal yang bisa menjadi pemicu perut kembung adalah sebagai berikut:

Solusi perut kembung

Cara terbaik untuk mengatasi perut kembung adalah menyesuaikannya dengan penyebab gangguan. Namun secara umum, beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan keluhan kembung tersebut adalah:

  1. Jalan kaki

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur. Hal ini pada akhirnya dapat membantu usus melepaskan kelebihan gas dan tinja yang “tersangkut”.

  1. Memijat perut

    Memijat perut dapat membantu menggerakkan organ-organ perut yang bertugas menjalankan fungsi pencernaan. Langkah-langkah memijat perut yang tepat, yaitu:

  • Tempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan
  • Berikan tekanan ringan dengan gerakan memutar ke arah sisi kanan tulang rusuk, kemudian lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri dan bergerak perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri
  • Ulangi gerakan seperlunya
  • Jika menyebabkan rasa sakit, segera hentikan.

Selanjutnya

  1. Mandi air hangat, berendam dan santai

Berendam di air hangat dapat membantu mengurangi keluhan perut kembung. Ini karena aktivitas relaksasi tersebut dapat mengurangi tingkat stres, yang memungkinkan saluran gastrointestinal (GI) berfungsi lebih efektif sehingga gas yang terperangkap di perut bisa segera keluar.

  1. Hindari soda

Minuman bersoda, mengandung gula dan pemanis dengan kadar yang tinggi dapat berkontribusi pada terjadinya perut kembung. Sebagai gantinya, konsumsilah air putih yang terbukti dapat membantu melancarkan fungsi saluran cerna.

  1. Hindari mengunyah permen karet

Gula dalam permen karet dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang. Selain itu, gerakan mengunyah permen karet juga dapat membuat udara masuk ke dalam saluran cerna sehingga menyebabkan perut kembung.

  1. Aktif berolahraga

Olahraga membantu tubuh mengeluarkan tinja dan gas dari usus besar. Dengan kata lain, berolahraga secara rutin dan teratur adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya perut kembung.

“Rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik mampu menjaga fungsi pencernaan agar tetap berjalan dengan baik,” ujar dr. Theresia.

Selanjutnya (2)

  1. Makan secara teratur

Banyak orang mengalami kembung setelah makan besar. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa makan beberapa porsi kecil setiap hari, yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan.

  1. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus. Mengonsumsi suplemen probiotik pada dosis yang tepat dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri usus, sehingga masalah saluran cerna seperti perut kembung tidak akan terjadi.

  1. Kurangi garam (natrium)

Kelebihan natrium membuat tubuh menahan air. Hal ini dapat menyebabkan kembung di perut dan area lain dari tubuh, termasuk tangan dan kaki.

Jika dengan cara di atas perut kembung masih belum reda setelah beberapa hari, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Perut kembung yang tak kunjung sembuh bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang lebih gawat. Karenanya, pengobatan sedini mungkin sangat diperlukan agar kemungkinan sembuh juga lebih besar.

(NB/ RVS)

probiotikpencernaanperutStresbakteriSaluran cernaKembungPerut Kembung

Konsultasi Dokter Terkait