HomeInfo SehatOtot dan SendiSakit Pinggang Sebelah Kanan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Otot dan Sendi

Sakit Pinggang Sebelah Kanan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siti Putri Nurmayani, 11 Mei 2023

Ditinjau Oleh dr. Nabila Viera Yovita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit pinggang sebelah kanan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kenali gejala, penyebab, dan cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan dengan tepat.

Sakit Pinggang Sebelah Kanan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan dari kita mungkin pernah mengalami sakit pinggang. Penyakit yang satu ini tentunya membuatmu merasa tidak nyaman dan sulit untuk beraktivitas. 

Sering kali, sakit pinggang ini disebabkan oleh cedera otot akibat salah posisi saat bergerak, duduk, atau ketika tidur. Namun, tak jarang nyeri pinggang juga dipicu oleh sejumlah kondisi kesehatan tertentu. 

Lalu, bagaimana jika sakit pinggang yang dirasakan berasal dari sebelah kanan, apa penyebabnya? Mari ketahui sejumlah penyebab dan cara mengobati sakit pinggang sebelah kanan lewat ulasan berikut ini. 

1. Keseleo dan Otot yang Tegang

Disampaikan dr. Nabila Viera Yovita, keseleo dan otot yang tegang hingga robek menjadi penyebab nyeri pinggang bagian bawah, baik sakit pinggang sebelah kanan maupun sebelah kiri. 

Umumnya, gangguan kesehatan yang satu ini terjadi karena kamu mengangkat barang yang berat, memutar badan secara tiba-tiba, jatuh, atau meregangkan badan secara berlebihan tanpa melakukan pemanasan. 

2. Radikulopati

Kondisi ini terjadi ketika terjadinya peradangan, penekanan, atau cedera yang mengenai saraf dari tulang punggung, sehingga memicu sakit pinggang bawah, baik itu sisi kanan maupun sisi kiri. 

“Salah satu penyebab radikulopati adalah hernia diskus atau yang dikenal dengan istilah “saraf kejepit”,” ujar Dokter Nabila. 

3. Stenosis Spinal

Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan adalah stenosis spinal. Kondisi ini terjadi ketika salah satu tabung pada tulang belakang mengalami penyempitan atau penekanan. 

Ini bisa memicu terjadinya rasa nyeri yang menjalar hingga ke punggung bawah, bokong, bahkan hingga kedua tungkai kaki.  

4.  Degenerasi Diskus Intervertebralis

Seiring bertambahnya usia, kamu mungkin akan sering mengalami sakit pinggang. Ini bisa diakibatkan oleh diskus atau cakram tulang belakang yang menonjol dari tulang belakang (vertebrata) dan menekan saraf. 

Karena diskus yang menonjol, ini dapat menimbulkan gesekan yang memicu terjadinya nyeri pada pinggang. Tak hanya itu, rasa nyeri ini juga bisa menjalar ke leher, lengan, dan tungkai kaki. 

5. Infeksi

Jika kamu terus mengalami nyeri pinggang sebelah kanan, mungkin ini disebabkan oleh infeksi. Salah satu infeksi yang bisa menyebabkan sakit pinggang adalah infeksi bakteri tertentu. 

Menurut dr. Nabila, penyebab dari infeksi akan menentukan penanganan yang akan dilakukan oleh dokter. Umumnya, pemberian antibiotik pun akan menjadi salah satu pengobatan yang disarankan. 

6. Endometriosis

Ketika endometrium atau jaringan lapisan dalam rahim tumbuh di luar dinding rahim, ini bisa menyebabkan penyakit endometriosis. Kondisi ini dapat memicu timbulnya rasa sakit, termasuk pada pinggang sebelah kanan. 

Sayangnya, tidak ada obat yang bisa mengatasi penyakit ini. Akan tetapi, dokter mungkin memiliki sejumlah opsi penanganan untuk mengurangi gejala dari endometriosis. 

7. Nyeri Pinggang Saat Hamil

nyeri pinggang saat hamil

Nyeri pinggang juga bisa dialami oleh ibu hamil, baik itu di salah satu sisi punggung bagian bawah atau di kedua sisinya. 

Apabila kamu mengalaminya, maka jangan khawatir. Dokter biasanya akan menyarankan beberapa latihan penguatan otot pinggang untuk mengatasi nyeri ini. 

Selain itu, cara mengobati sakit pinggang sebelah kanan pada wanita hamil juga bisa dengan istirahat yang cukup dan hindari berdiri terlalu lama. 

Artikel Lainnya: 5 Posisi Tidur yang Nyaman saat Kena Sakit Pinggang

8. Torsio Testis

Ternyata, sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi laki-laki, yakni torsio testis. Ini terjadi ketika buah zakar berputar di dalam kantungnya, sehingga saluran sperma menjadi terpilin. 

Hal tersebut bisa mengurangi dan membatasi aliran darah ke buah zakar yang tentunya dapat menimbulkan kerusakan permanen. 

9. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif merupakan peradangan yang terjadi pada usus besar. Gejala dari gangguan kesehatan ini berupa diare berkepanjangan yang dapat mengandung nanah atau darah. 

Selain itu, gejalanya juga disertai dengan nyeri dan kram perut yang bisa menjalar ke salah satu atau kedua sisi pinggang bawah. 

10. Tumor Tulang Belakang

Tumor yang muncul di tulang belakang dapat menekan tulang punggung dan sejumlah saraf yang ada di dekatnya. Tak heran, kamu bisa merasakan sakit pinggang bawah sebelah kanan maupun kiri. 

Pada sebagian kasus, tumor yang tumbuh di tulang belakang perlu segera diangkat, namun sebagian lainnya bisa ditangani dengan terapi radiasi atau kemoterapi.

11. Batu Ginjal

Gumpalan mineral padat bisa membentuk batu ginjal yang dapat memicu timbulnya nyeri hebat. Batu ginjal ini bisa muncul di salah satu ginjal atau kedua ginjal.

Jika batu ginjal berada di ginjal kanan, maka bisa menyebabkan nyeri punggung sebelah kanan bawah. 

Artikel Lainnya: Ciri dan Tanda Sakit Pinggang Akibat Batu Ginjal

12. Apendisitis

Apendisitis atau usus buntu juga bisa menyebabkan nyeri hebat yang menjalar ke sisi tubuh sebelah kanan. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya sumbatan pada usus buntu akibat benda asing, tinja, atau tumor. 

Penyakit usus buntu bisa dialami oleh segala usia. Akan tetapi, kondisi ini paling sering terjadi pada usia 18-35 tahun. 

Pada dasarnya, gejala nyeri punggung bawah bisa datang tiba-tiba atau muncul secara bertahap. Terdapat banyak cara mengobati pinggang sebelah kanan sakit, yang tentunya perlu disesuaikan dengan penyebab terjadinya nyeri pinggang. 

Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu, bisa juga dengan melakukan terapi fisik yang dapat memperkuat otot, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas dan terhindar dari cedera. Bahkan, kamu juga bisa mengompres area pinggang yang sakit.  

Untuk masalah kesehatan yang kronis, pembedahan mungkin menjadi salah satu pilihan. Ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan untuk nyeri pinggang, salah satunya teknik invasif minimal. 

Karena nyeri pinggang bisa mengganggu aktivitas, maka #JagaSehatmu dengan memperbaiki postur tubuh. Dianjurkan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan perkuat otot perut atau inti yang menopang tulang belakang. 

Bila nyeri pinggang sulit untuk diatasi, segera hubungi dokter. Unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi dengan dokter lebih mudah.

(NM)

Nyeri pinggangPinggang sakit pinggang

Konsultasi Dokter Terkait