Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Penyakit Apa?

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Penyakit Apa?

Sakit pinggang memang bisa sangat mengganggu. Jika sakit pinggang terjadi di sebelah kanan, kira-kira apa penyebabnya?

Siapa yang pernah mengalami sakit pinggang? Tentu rasanya tak nyaman dan membatasi gerak Anda saat beraktivitas. Jika sakit pinggang yang sering Anda alami berasal dari sebelah kanan, ini menandakan gejala penyakit apa, ya?

Kebanyakan sakit pinggang sebelah kanan disebabkan oleh kebiasaan mengangkat beban berat di bagian kanan. Meski demikian, nyeri tersebut juga bisa dipicu oleh penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

1 dari 2 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Berikut ini adalah kemungkinan penyakit yang mendasari keluhan sakit pinggang bagian kanan:

1. Batu Ginjal

Sakit pinggang sebelah kanan bisa merupakan salah satu gejala batu ginjal. Biasanya, nyeri pinggang akibat batu ginjal tidak hilang ketika Anda mengubah posisi. 

Penyakit batu ginjal disebabkan adanya suatu zat yang keras menyerupai kristal atau batu di dalam ginjal. Zat tersebut berasal dari sisa limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengendap dan mengkristal. Batu kemudian akan menghambat aliran urine. 

Pada akhirnya, aliran yang tersumbat dapat menyebabkan distensi pada ginjal dan menimbulkan sakit pinggang. 

Artikel Lainnya: 5 Posisi Tidur yang Nyaman saat Kena Sakit Pinggang

2. Infeksi Saluran Kemih 

Infeksi saluran kemih terjadi jika terdapat bakteri yang menginfeksi kandung kemih, uretra, atau bahkan sampai ginjal. Kondisi ini paling sering menyerang wanita karena saluran uretranya lebih pendek daripada pria. Infeksi yang tidak diobati lama kelamaan akan menyebar ke ginjal dan mengakibatkan sakit pada pinggang. 

Selain itu, gejala lain yang dapat dirasakan adalah buang air kecil terasa sakit, rasa ingin buang air kecil terus-menerus, serta terdapat darah dalam urine. Sakit pinggang akibat infeksi pada ginjal dapat menyerang sebelah saja atau kedua sisi. 

3. Saraf Terjepit

Saraf yang terjepit, atau disebut juga hernia nukleus pulposus, paling sering terjadi di tulang belakang bagian bawah atau daerah lumbal (pinggang bagian belakang antara punggung dan bokong).

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh proses penuaan yang mana tulang belakang cenderung lebih rapuh, sehingga lebih berisiko. Selain itu, pekerjaan atau kebiasaan mengangkat benda berat juga merupakan faktor risiko keadaan ini.

Artikel Lainnya: Sering Kena Sakit Pinggang dan Sakit Kepala? Ini Hubungannya

4. Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)

Nyeri punggung bawah bisa terjadi karena aktivitas fisik yang terlalu ekstrem, atau sering membungkuk atau berjongkok dalam waktu yang lama. 

Mengangkat benda berat dalam posisi tubuh yang kurang tepat, duduk terlalu lama dalam posisi yang sama, kelebihan berat badan, dan stres juga bisa menyebabkan kondisi ini.

5. Skoliosis

Skoliosis adalah gangguan pada tulang belakang yang ditandai dengan kelengkungan abnormal pada tulang tersebut. 

Normalnya, tulang belakang membentuk kurva dari bahu ke bawah dan terlihat lurus dari belakang. Tulang hanya akan terlihat sedikit melengkung jika dilihat dari samping.

6. Herpes Zoster

Herpes zoster, atau cacar ular, adalah infeksi yang menimbulkan ruam dan terasa sakit serta lepuh. Biasanya, infeksi ini lebih sering terjadi pada orang tua atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Pada awalnya, hanya terasa seperti rasa terbakar dan nyeri tanpa ada kelainan kulit apa pun. Setelah beberapa hari, baru muncul ruam lepuh berisi cairan. Herpes zoster hanya menyerang satu sisi tubuh. 

Artikel Lainnya: Nyeri Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?

7. Masalah pada Pankreas dan Hati

Sebenarnya pankreas dan hati terletak di daerah perut sebelah kanan, tepat di bawah tulang rusuk. Namun, terkadang keluhan pada masalah pankreas dan hati dapat menjalar ke belakang dan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. 

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat memengaruhi kerja kedua organ ini. Beberapa di antaranya adalah gangguan pada saluran empedu, infeksi, autoimun, dan lain-lain. 

Beberapa kondisi kesehatan terkait hati dan pankreas dapat mengancam nyawa jika tidak segera mendapatkan pengobatan. Selain sakit pinggang bagian kanan, gejala lainnya yang bisa terjadi adalah urine berwarna gelap, buang air besar pucat, mual dan muntah, serta mata kuning. 

Nyeri pinggang sebelah kanan dapat disebabkan oleh hal-hal yang tidak serius dan bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga merupakan gejala penyakit tertentu. Jika nyeri yang Anda rasakan begitu menyiksa, berlangsung terus-menerus, atau makin parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya. 

Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Setelah diagnosis ditegakkan, akan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. 

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai sakit pinggang sebelah kanan, tanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY] 

4 Komentar