Sukses

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Penyakit Apa?

Ada beberapa hal yang bisa membuat pinggang sebelah kanan sakit. Kira-kira, ini menandakan gejala penyakit apa, ya?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang pernah mengalami sakit pinggang? Tentu rasanya tak nyaman dan membatasi gerak Anda saat beraktivitas. Jika sakit pinggang yang kerap Anda rasakan berasal dari sebelah kanan, ini menandakan gejala penyakit apa, ya?

Kebanyakan sakit pinggang sebelah kanan disebabkan oleh kebiasaan tubuh menggendong beban berat di bagian kanan. Meski demikian, nyeri tersebut juga bisa disebabkan penyakit tertentu.

Sakit pinggang di sebelah kanan bisa jadi gejala penyakit tertentu

Berikut ini adalah kemungkinan penyakit yang mendasari keluhan nyeri pinggang sebelah kanan.

1. Batu ginjal

Menurut dr. Bambang Hady dari KlikDokter, sakit pinggang sebelah kanan cukup identik dengan penyakit batu ginjal, meski tidak selalu.

Nyeri pinggang akibat batu ginjal biasanya tidak hilang saat perubahan posisi. Penyakit akibat batu ginjal disebabkan adanya suatu zat yang keras menyerupai kristal atau batu di dalam ginjal. Zat tersebut berasal dari sisa limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengendap dan mengkristal.

2. Cedera otot

Ini adalah salah satu masalah sakit pinggang sebelah kanan yang disebabkan oleh faktor eksternal.

"Cedera otot sangat mungkin terjadi karena aktivitas seperti mengangkat sesuatu yang berat dan olahraga," ujar dr. Bambang.

3. Saraf terjepit

Saraf yang terjepit (istilah medisnya adalah hernia nukleus pulposus) paling sering terjadi di tulang belakang bagian bawah atau daerah lumbal (pinggang bagian belakang antara punggung dan bokong).

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh proses penuaaan yang mana tulang belakang cenderung lebih rapuh, sehingga lebih berisiko. Selain itu pekerjaan atau kebiasaan mengangkat benda berat juga merupakan faktor risiko keadaan ini.

4. Low back pain

"Sakit pinggang sebelah kanan juga bisa menandakan Anda mengalami low back pain atau lumbago. Tapi sebenarnya low back pain ini bisa juga dirasakan di sebelah kiri," kata dr. Bambang.

Low back pain bisa terjadi karena aktivitas fisik yang terlalu ekstrem atau sering membungkuk atau berjongkok dalam waktu yang lama. Lalu, mengangkat benda berat dalam posisi tubuh yang kurang tepat, duduk terlalu lama dalam posisi yang sama, kelebihan berat badan, dan stres juga bisa sebabkan kondisi ini.

5. Skoliosis

Skoliosis adalah gangguan pada tulang belakang yang ditandai dengan kelengkungan abnormal pada tulang tersebut. Normalnya, tulang belakang membentuk kurva dari bahu ke bawah dan terlihat lurus dari belakang. Tulang hanya akan terlihat sedikit melengkung jika dilihat dari samping.

"Jika sakit pinggang yang terasa di sebelah kanan, berarti tulang membengkok ke kanan. Biasanya, ibu-ibu yang suka gendong anaknya di salah satu sisi saja, bisa mengalami ini," ungkap dr. Bambang.

Bahayanya, skoliosis bisa menyebabkan beberapa komplikasi. Pertama, skoliosis bisa sebabkan masalah jantung dan paru-paru. Pada kasus yang parah atau tulang belakang melengkung lebih dari 70 derajat, penderitanya akan kesulitan bernapas. Selain itu, kerja jantung juga akan terganggu dalam memompa darah ke seluruh tubuh akibat tertekannya jantung dan paru-paru oleh rongga dada.

Skoliosis juga bisa menyebabkan masalah punggung. Biasanya, nyeri punggung jangka panjang dan artritis banyak dikeluhkan oleh orang dewasa yang menderita skoliosis sewaktu kecil.

Nyeri pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh hal-hal yang tidak serius yang bisa hilang dengan sendiri, tetapi bisa juga merupakan gejala penyakit tertentu. Jika nyeri yang Anda rasakan begitu menyiksa, berlangsung terus-menerus, atau nyerinya makin parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya.

(RN/ RVS)

1 Komentar