Sukses

Kiat Jitu agar Bayi Tak Rewel Saat Minum Obat

Memberi obat pada bayi saat dia sedang sakit sering kali menyulitkan. Berikut kiatnya agar bayi mau minum obat.

Klikdokter.com, Jakarta Saat-saat yang paling dihindari orang tua adalah melihat sang bayi sakit. Dalam kondisi inilah orang tua harus berjuang ekstra keras meminumkan obat pada si Kecil. Kalau obat tersebut rasa manis, Anda masih tertolong. Namun bagaimana bila obat yang diresepkan dokter memiliki rasa pahit yang tidak disukai anak? Bukannya terminum, bayi malah rewel dan meronta sambil menolak minum obat.

Nah, dalam kondisi itu, Anda tidak boleh patah arang. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bayi tak rewel saat minum obat.

  • Memilih obat dengan rasa yang disukai bayi

Bayi yang sudah dapat mengenali rasa akan lebih sulit untuk menerima obat yang pahit. Tapi jangan putus asa! Hal ini dapat diakali dengan berkonsultasi dengan dokter dan pihak farmasi. Mintalah mereka untuk memberikan rasa tambahan agar bayi menyukai obat tersebut.

Selain itu, beri tahu dokter jika Anda telah mengetahui antibiotik apa yang tidak disukai bayi Anda. Dengan begitu, dokter mungkin dapat meresepkan antiobiotik lain.

  • Disemprotkan menggunakan spet/syringe oral

Pemberian obat menggunakan spet atau syringe relatif lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan menggunakan alat tetes. Selain itu, jumlah obat yang diberikan juga bisa sangat sedikit sehingga rasanya tidak terlalu terasa.

Arahkan spet ke bagian dalam pipi dan alirkan di sepanjang dinding pipi. Hindari mengarahkan spet ke bagian belakang mulut karena dapat memicu tersedak dan batuk. Dosis yang perlu diberikan tidak harus disemprotkan sekaligus, tapi dapat diberikan secara bertahap sedikit demi sedikit.

  • Menggunakan botol dot

Isi botol dot dengan obat yang diperlukan dan biarkan bayi Anda mengisapnya seperti susu. Cara ini sebetulnya akan disadari oleh bayi, tapi saat mereka menyadari hal tersebut, obat sudah terminum olehnya. Komunikasikan dengan dokter apakah obat yang diberikan dapat dicampur dengan cairan lain agar bayi menyukainya.

  • Bedong bayi saat obat diberikan

Membedong bayi atau membungkusnya dengan selimut seperti bayi yang baru lahir dapat membantu menjaga agar tangannya tidak memukul obat atau tangan pemberi obat. Cara ini bisa membuat bayi merasa lebih tenang.

Trik lain yang dapat Anda coba adalah meniup wajah bayi setelah memberinya obat. Hal ini secara refleks akan mendorong di bayi untuk menelan obat tersebut.

  • Berikan dengan suasana ceria

Tanamkan ke benak anak bahwa obat bukanlah sesuatu yang menakutkan. Karena itu, tunjukkan suasana ceria dan bahagia saat Anda memberikannya obat sama seperti saat anda memberikan makanan kesukaannya. Dengan cara ini, bayi tidak akan takut dengan obat dan tetap tenang. Mereka akan menganggap obat sama halnya dengan aneka makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Jadi, saat Anda harus memberikan obat pada buah hati yang rewel jangan keburu panik. Terapkan kiat-kiat minum obat di atas. Namun yang harus Anda ingat, saat memberikan obat, Anda harus menciptakan suasana menyenangkan agar anak tidak berpikir bahwa obat adalah sesuatu yang buruk. Selain itu, Anda juga bisa menyanyikan lagu kesukaannya agar si Kecil lebih tenang dan santai.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar