Sukses

3 Asupan Pemicu Kanker Prostat

Tahukah Anda bahwa ada asupan makanan dan minuman yang bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker prostat? Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Dunia sastra Indonesia dikejutkan dengan kabar Arswendo Atmowiloto yang menderita kanker prostat. Akibat kondisinya yang sempat memburuk,  penulis kisah “Keluarga Cemara” ini dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. Mantan wartawan yang masih aktif di dunia menulis itu ternyata sudah dua bulan diketahui mengidap kanker prostat.

Kanker prostat sendiri sebenarnya jenis kanker yang berada di daftar teratas penyebab kematian pada pria. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, kanker prostat diakibatkan oleh perubahan sel-sel di kelenjar prostat menjadi sel ganas yang menyebabkan prostat membesar, mengeras, dan berbenjol-benjol.

"Kelenjar prostat merupakan salah satu kelenjar yang berperan dalam sistem reproduksi pria. Salah satu fungsinya adalah untuk mengeluarkan cairan alkalis yang bisa menetralkan cairan vagina yang asam, sehingga sperma bisa bertahan hidup," ujar dr. Devia.

Secara epidemiologi, kasus kanker prostat memang banyak terjadi pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan masalah kesehatan ini bisa terjadi pada pria yang berusia di bawah 45 tahun.

Makanan yang memicu munculnya kanker prostat

Pemicu kanker memang bisa beragam, seperti gaya hidup dan keturunan. Akan tetapi, beberapa jenis makanan dan minuman ternyata dapat pula memicu tumbuhnya sel kanker prostat. Makanan dan minuman tersebut antara lain:

1. Alkohol

"Alkohol menjadi salah satu penyebab kanker. Selain kanker prostat, alkohol memang diketahui bisa sebabkan kanker yang lain," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Memang, konsumsi alkohol berlebih sangat tidak disarankan. Bagi Anda yang sudah ketergantungan minuman ini, lebih baik hentikan konsumsinya. Alkohol tidak hanya bisa memicu munculnya sel kanker, tapi juga bisa memicu penyakit lainnya selai kanker.

2. Daging yang sudah diproses dan daging merah

Daging yang sudah diproses juga rentan memicu timbulnya kanker. Menurut dr. Sepriani, daging yang dimaksud misalnya nugget dan kornet. Selain itu, konsumsi daging merah secara berlebihan juga diketahui bisa memicu kondisi yang sama, yaitu timbulnya kanker prostat. 

3. Minuman soda

Meski belum ada penelitian yang secara khusus menunjukkan bahwa minuman soda bisa memicu kanker prostat, namun minuman jenis ini rentan memicu kanker jenis lain. Menurut dr. Sepriani,  sebuah studi di Singapura yang terbit dalam jurnal Cancer Epidemiology memaparkan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman ringan lebih dari dua kali dalam seminggu berisiko terkena kanker kelenjar pankreas.

Selain itu, zat pewarna dalam minuman soda – yaitu 4-methylimidazole (4-MEI) – ternyata berpotensi memicu kanker. Sebuah studi juga memaparkan bahwa  zat 4-MEI yang menimbulkan warna karamel pada minuman ringan bisa memicu munculnya kanker darah (leukemia) dan kanker paru.

Hingga sejauh ini, berbagai penelitian ilmiah masih terus dilakukan untuk mengetahui hubungan pasti antara minuman soda dan kanker, terutama kanker prostat.

Cegah dengan tomat

Beberapa jenis asupan yang dipaparkan di atas memang rentan memicu munculnya kanker prostat. Namun ada banyak makanan yang sebenarnya kaya nutrisi dan baik bagi kesehatan dan berguna sebagai tameng dari kanker. Tomat adalah salah satunya.

Menurut dr. Sepriani kandungan dalam tomat yaitu zat likopen (lycopene) merupakan golongan antioksidan yang kuat. Mengonsumsi tomat juga bisa dilakukan dengan mudah seperti dengan memakannya secara langsung – seperti untuk lalapan – atau mengolahnya sebagai jus.

“Antioksidan ini dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang menggiring pada terbentuknya sel kanker. Para peneliti telah mencoba membuktikan hal ini dan hasilnya cukup menjanjikan.”

Pria yang rajin mengonsumsi tomat terbukti memiliki risiko terkena kanker prostat lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang jarang makan tomat. Selain itu, zat likopen dalam tomat juga terbukti membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan melindungi sel prostat yang masih sehat dari kerusakan.

Hanya saja, sampai saat ini masih belum diketahui berapa banyak konsumsi tomat yang tepat untuk mencegah kanker prostat. Akan tetapi, tidak ada salahnya bila Anda mulai mengonsumsi tomat setiap hari dalam porsi yang tidak berlebihan, karena buah ini memang bermanfaat bagi tubuh.

Pencegahan kanker prostat sebenarnya bisa dilakukan sejak dini. Salah satunya adalah dengan menghindari faktor-faktor risikonya, seperti tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu sel kanker. Selain menjaga asupan makanan, Anda juga harus selalu menjalankan pola hidup sehat dan teratur, misalnya dengan rutin berolahraga, tidak merokok, serta mengelola stres dengan baik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar