Jantung

Kenali Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat

dr. Vika Damay, 18 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merasa lelah tapi sulit tidur? Itu bisa jadi tanda tubuh Anda butuh istirahat. Berikut kondisi lain yang mengindikasikan tubuh Anda perlu istirahat.

Kenali Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat

Setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Entah itu tuntutan pekerjaan yang selalu memiliki tenggat waktu, ataupun rutinitas di rumah yang menguras cukup banyak tenaga.

Bila dilakukan terus-menerus tanpa waktu untuk beristirahat, aktivitas yang melelahkan seperti itu akan berdampak pada tubuh. Anda bisa mengalami kelelahan yang akan berdampak pada produktivitas.

Kelelahan bukanlah suatu kelainan mental. Ini sangat lazim dialami banyak orang. Namun jika kelelahan tidak teratasi, akan ada berbagai masalah yang dapat timbul.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh butuh istirahat:

1. Otot-Otot Nyeri dan Berlangsung Lama

Nyeri otot biasanya muncul ketika Anda yang tak biasa olahraga langsung melakukan olahraga berat tanpa pemanasan. Namun, nyeri otot juga bisa jadi tanda tubuh Anda butuh istirahat akibat aktivitas yang terlalu padat.

Umumnya, nyeri otot akan berkurang atau menghilang setelah dua hari. Namun, bila setelah dua hari nyeri otot juga tak kunjung hilang, itu berarti tubuh Anda benar-benar ingin berhenti sejenak (selama beberapa hari) dari rutinitas.

Bila Anda memiliki obat oles nyeri otot, Anda bisa mengoleskannya agar gejalanya cepat hilang.

Artikel Lainnya: Kenapa Sering Mengantuk padahal Tidur Cukup?

2. Selalu Murung dan Merasa Lelah

Perubahan suasana hati, depresi, dan kelelahan adalah tanda tubuh perlu istirahat. Ini juga mengindikasikan bahwa Anda mungkin habis menerima ‘beban’ yang berat atau aktivitas yang super padat sehingga butuh istirahat.

Tubuh yang mengalami kelelahan bisa memengaruhi emosi seseorang. Anda dapat menjadi lebih sensitif, mudah marah dan menangis, bahkan menjadi orang yang pesimis.

3. Detak Jantung tidak Normal

Cara lainnya untuk mengetahui apakah Anda sedang kelelahan atau tidak adalah dengan memperhatikan detak jantung. Umumnya, detak jantung yang normal adalah 60-100 denyut per menit. Apabila jumlahnya kurang atau lebih dari itu, berarti ada yang tidak beres dari tubuh Anda.

Misalnya, jika detak jantung lemah, bisa jadi itu tanda ada masalah pada sistem listrik jantung (bradikardia) alias alat pacu jantung alami Anda tidak bekerja dengan baik.

Sementara, jika detak jantung terlampau cepat (takikardia) menandakan bahwa orang tersebut habis melakukan aktivitas fisik atau menuju serangan penyakit kardiovaskular yang dapat berakibat fatal (kematian).

Bila selama beberapa waktu detak jantung tidak normal (terutama bila terlalu cepat), selain beristirahat, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

4. Badan Terasa Kaku

Tubuh yang kaku juga bisa menjadi tanda Anda kelelahan dan butuh istirahat. Biasanya, tubuh kaku disebabkan oleh aktivitas fisik yang dilakukan berulang-ulang tanpa jeda.

Artikel Lainnya: Mengapa Tubuh Lelah Meski Cukup Istirahat?

Selain merebahkan tubuh, cobalah dapatkan pijatan yang bisa menghilangkan segala kekakuan tersebut. Minyak aromaterapi juga bisa digunakan agar pikiran serta tubuh lebih relaks.

5. Urine Berwarna Kuning Gelap

Warna urine yang gelap adalah salah satu indikasi bahwa Anda mengalami dehidrasi akibat kurang minum. Hal ini juga bisa menjadi tanda tubuh Anda butuh istirahat.

Jadi, cobalah isi kembali cairan tubuh dengan perbanyak asupan air putih dan kurangi dulu aktivitas fisik yang berat.

Bila perlu, sediakan botol minum di atas meja kerja supaya Anda lebih mudah meluangkan waktu untuk minum air putih.

6. Sulit Berkonsentrasi

Ketika Anda mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda bahwa tubuh Anda kelelahan dan perlu istirahat. Contohnya bila Anda memiliki tugas penting, tetapi hanya dapat melakukannya selama 5 menit pertama, kemudian Anda menyerah.

Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda berhenti sejenak dan istirahatkan tubuh serta pikiran Anda.

7. Sering Sakit

Akhir-akhir ini Anda sering terserang batuk pilek dan demam? Itu pun bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami penurunan imunitas dan perlu istirahat. Jadi, selain mengonsumsi obat dan makanan bergizi, tingkatkan juga kualitas tidur Anda.

Artikel Lainnya: Penyebab Badan Lemas Setelah Makan

8. Mengalami Gangguan Tidur

Pernahkan Anda merasa sangat lelah, tetapi Anda tidak dapat tertidur? Ini merupakan salah satu tanda tubuh Anda perlu istirahat.

Mengapa bisa? Perasaan lelah yang berlebih bisa membuat kualitas tidur Anda tidak baik, bahkan sulit tertidur.

Ini terjadi karena beban pikiran yang dirasakan membuat Anda secara tidak sadar merasa khawatir. Kondisi ini akan membangunkan tidur sehingga semakin menguras tenaga dan pikiran yang sudah kelelahan.

9. Menangis Tanpa Alasan yang Jelas

Ketika merasa kelelahan, bukan hanya fisik yang terlibat, namun juga mental. Tantangan sehari-hari yang sebenarnya ringan, bahkan hal sepele untuk dihadapi pun bisa membuat Anda menangis.

Inilah pentingnya istirahat bagi kesehatan. Bila hal ini menimpa Anda, tidak ada salahnya untuk bercerita dengan orang terdekat agar Anda bisa menjadi lebih lega.

10. Hubungan dengan Orang Terdekat Meregang

Kelelahan bisa menyebabkan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan hubungan baik. Misalnya, Anda menjadi tidak ingin menghabiskan waktu dengan anak.

Contoh lainnya, hubungan dengan pasangan yang meregang dan Anda merasa tidak enjoy menghabiskan waktu bersama.

Itulah tanda-tanda tubuh Anda butuh istirahat. Berbagai kondisi tersebut menunjukkan betapa pentingnya istirahat bagi kesehatan. Bila keadaan memungkinkan, ambillah cuti 1 atau 2 hari untuk sekadar beristirahat dan mencukupi waktu tidur.

Jika tubuh mulai segar, lakukan aktivitas fisik dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Namun, jika kondisi tubuh Anda tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam dari Klikdokter.

[WA]

tubuhistirahat.Detak Jantung

Konsultasi Dokter Terkait