Kesehatan Mental

Tips Semangat Kembali Ngantor Usai Libur Lebaran

dr. Nadia Octavia, 09 Jun 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Usai libur Lebaran, rasa malas kembali ngantor sering menyerang. Ini tipsnya agar tetap semangat di hari pertama bekerja.

Tips Semangat Kembali Ngantor Usai Libur Lebaran

Setiap orang menghabiskan libur Lebaran dengan cara masing-masing. Ada yang mudik ke kampung halaman, pegi ke luar kota atau luar negri, wisata kuliner, berjalan-jalan keliling kota, berkunjung ke rumah sanak saudara, atau sekadar bermalas-malasan di rumah. Apa pun yang Anda lakukan saat libur Lebaran, kembali ngantor usai libur Lebaran sering kali terasa berat.

Rasa lelah, kantuk, dan tidak bersemangat kerap melanda setelah selesai libur panjang. Jangan turuti rasa malas Anda. Agar kembali bersemangat kembali ke kantor, Anda bisa menyontek tipsnya di bawah ini.

  • Buat rencana menyenangkan dalam 1 minggu pertama usai liburan

Meskipun sudah kembali bekerja, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang bukan? Buatlah jadwal temu dengan sahabat atau hadiahi diri Anda minuman favorit di kafe kesukaan. Ini akan menjadi transisi yang menyenangkan usai liburan sebelum akhirnya Anda kembali tenggelam dalam pekerjaan.

  • Rapikan meja kerja Anda

Salah satu hal yang membuat Anda malas kembali bekerja adalah ketika “disambut” tumpukan dokumen, surat, atau benda-benda lain yang teronggok berantakan di atas meja. Jangan hanya menatapnya saja! Segera rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja.

  • Jadikan momen liburan Anda untuk kurangi stres

Berbagai studi menyebutkan bahwa mengingat momen bahagia seperti saat liburan akan membantu Anda lebih semangat menjalani hari ini. Jadi saat Anda mulai dilanda stres di kantor, lakukan meditasi sesaat. Lakukan di tempat yang sepi sembari mengingat momen liburan Anda terakhir.

Ingatlah hal-hal detail seperti pemandangan, rasa dari makanan yang Anda coba, percakapan dengan masyarakat lokal dan masih banyak lagi. Stres Anda di kantor pun dapat berkurang dan Anda akan kembali semangat.

  • Pulang kantor tepat waktu

Meski Anda baru saja menghabiskan seluruh jadwal cuti Anda kemarin, bukan berarti setelah liburan Anda “wajib” lembur setiap hari. Selesaikan pekerjaan Anda dengan cepat dan pulanglah tepat waktu. Sebaiknya lakukan satu pekerjaan dahulu, setelah selesai baru kerjakan pekerjaan lainnya. Jika Anda justru semakin stres usai bekerja, sia-sia dong liburan Anda kemarin?

  • Rencanakan liburan Anda selanjutnya

Ya Anda mungkin baru saja pulang liburan. Namun, tak ada salahnya merencanakan liburan selanjutnya, kan? Bagian yang paling membuat bahagia dari liburan terkadang bukan liburannya, tetapi merencanakan liburan tersebut.

Menurut studi yang dipublikasikan di the journal Applied Research in Quality Of Life, disebutkan bahwa merencanakan liburan selanjutnya dapat meningkatkan perasaan bahagia seseorang. Jadi ayo cari tanggal merah dan jadwal cuti Anda selanjutnya. Ajak beberapa teman dan rencanakan liburan lagi!

  • Coba cintai pekerjaan Anda

Pekerjaan Anda tidak akan terasa berat jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan. Memang sepertinya sulit untuk menikmati pekerjaan, terlebih setelah pergi liburan yang menyenangkan dan kemudian diadang dengan berbagai pekerjaan di kantor. Tapi ingatlah pekerjaan itulah yang bisa membuat Anda pergi liburan!

Kembali ngantor usai libur Lebaran pada awalnya mungkin terasa berat untuk dijalani. Tips-tips di atas bisa Anda coba supaya tetap semangat kembali ngantor usai libur Lebaran. Tentu akan membutuhkan proses supaya "baterai" Anda kembali penuh di kantor. Tenang, fokus, rileks dan jangan memforsir diri.

[HNS/ RVS]

libur lebaranmalas bekerjaStresPekerjaanLebaran

Konsultasi Dokter Terkait