Sukses

Bakar Kalori Saat Lebaran dengan 5 Olahraga Ini

Supaya setelah Lebaran tak kelabakan saat ditanya “kok, makin gendut?”, yuk bakar kalori dengan olahraga berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin tidak pernah terlintas dalam benak Anda bahwa di tengah perayaan Lebaran Anda tetap harus bakar kalori dengan olahraga. Ya, hari pertama Hari Raya Idul Fitri pasti diisi dengan segudang makanan berlemak yang rasanya tak bisa ditolak.

Alhasil, jarum timbangan pun makin bergerak ke kanan, menandakan bahwa berat badan Anda kian lama kian meningkat. Jika Anda tidak mau sampai keblablasan, cobalah bakar kalori dengan 5 olahraga mudah yang ada di bawah ini.

  • Lompat tali (Skipping)

Olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori dan paling simpel untuk dilakukan adalah lompat tali alias skipping. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, skipping sangat baik untuk membakar kalori. Bahkan, beberapa studi melaporkan bahwa olahraga ini bisa membakar kalori lebih baik dibandingkan olahraga lain, seperti joging atau berenang.

Ketika Anda melakukan skipping selama 1 jam, kalori yang terbakar adalah sekitar 1.070 kalori. Skipping sangat cocok untuk orang-orang yang ingin mempertahankan berat badan ideal.

“Selain itu, berlatih lompat tali secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kemampuan otak untuk mengoordinasikan tubuh, sekaligus menjaga kesehatan mental,” jelas dr. Resthie.

  • Berenang

Sementara itu, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter mengatakan bahwa berenang adalah olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Itu karena, saat Anda berenang, seluruh tubuh Anda ikut bergerak.

Biasanya, ketika Anda berenang selama 1 jam, kalori yang terbakar berjumlah 600-900 kalori. Itu pun tergantung dari gaya berenangnya.

“Gaya berenang yang paling banyak membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, serta gaya dada,” tuturnya. Nah, jika Anda baru bisa gaya bebas, berarti libur Lebaran kali ini bisa dijadikan sebagai waktu untuk belajar gaya renang lainnya.

  • Lari alias Joging

Malas ke kolam renang umum atau tak punya alat skipping? Tenang, Anda masih bisa membakar kalori dengan lari, kok.

Olahraga murah meriah yang satu ini juga bisa membakar banyak kalori dan membantu Anda dalam mencapai berat badan ideal. Lari dengan kecepatan 12 km/jam bisa membakar setidaknya 1.000 kalori.

Jika Anda tak sanggup terus-menerus lari cepat, Anda bisa membaginya dengan 2 menit lari cepat dan 1 menit joging. Bahkan Anda pun bisa mencoba olahraga jalan cepat untuk membakar kalori.

  • Olahraga permainan tim

Ini mungkin menjadi olahraga yang paling mengasyikkan selama Lebaran. Ketimbang bergosip, terus-menerus makan, atau kebanyakan selfie, coba ajak saudara-saudara Anda untuk melakukan olahraga permainan, misalnya futsal atau sepak bola, basket, tenis, bulu tangkis, dan lain sebagainya.

Namun, pastikan Anda dan anggota keluarga yang lainnya membawa sepatu yang sesuai serta baju ganti yang menyerap keringat, ya. Sepak bola itu sendiri dapat membakar 1.000 kalori, sementara basket dan tenis dapat membakar 700 kalori.

  • Boxing

Di rumah punya samsak? Jika punya, pulang berarti Anda bisa melakukan olahraga tinju atau boxing setelah pulang dari mengunjungi rumah saudara.

Dikatakan oleh dr. Alberta, boxing adalah olahraga yang intens. Olahraga tersebut membutuhkan gerakan yang konstan dan energi yang dikeluarkan cukup besar. Melakukan boxing dapat membakar setidaknya 550 sampai 800 kalori.

Melakukan salah satu dari kelima olahraga di atas, Anda bisa membakar kalori saat Lebaran. Bila Anda konsisten melakukannya dari saat puasa hingga hari Lebaran tiba,  kondisi fisik akan lebih terjaga dan percaya diri juga bisa kian meningkat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar