Sukses

Ideal di Segala Sisi, Ini Gaya Hidup Sehat ala Indah Kalalo

Ingin punya kulit mulus, tubuh langsing dan ideal seperti artis Indah Kalalo? Ikuti gaya hidup sehat model cantik ini.

Klikdokter.com, Jakarta Indah Mayang Indriyani atau lebih dikenal publik dengan nama Indah Kalalo adalah sosok selebriti tanah air yang rasanya membuat banyak wanita cemburu dengannya. Bagaimana tidak? Ibu dari tiga anak ini memiliki bentuk tubuh langsing dan tampak ideal dari segala sisi, serta kulit yang eksotis nan memesona. Usut punya usut semua itu karena Indah secara konsisten menjalankan gaya hidup sehat dan rutin melakukan yoga.

Ditemui tim KlikDokter di bilangan Senayan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah acara, aktris kelahiran Agustus 1980 itu mengaku selalu melakukan olahraga yoga setiap pagi hari.

“Aku setiap hari latihan yoga. Kadang sebelum mengantar anak ke sekolah atau setelahnya. Intinya, pagi-pagi aku selalu melakukan olahraga yoga,” ungkap Indah yang mengaku tidak pernah absen yoga.

Manfaat melakukan yoga seperti Indah Kalalo

Tidak dimungkiri, yoga yang dilakukan Indah Kalalo tersebut memang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Bahkan menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, yoga yang dilakukan secara rutin terbukti mampu memberikan manfaat sehat untuk tubuh bagian luar maupun dalam.

“Yoga memiliki banyak jenis. Beberapa yang paling populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Meski masing-masing memiliki kekhususan tertentu, namun manfaat yoga secara umum mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental,” kata dr. Astrid.

Lebih lanjut, dr. Astrid mengatakan bahwa yoga memberikan beragam manfaat untuk kesehatan fisik, meliputi:

  • Mempebaiki postur tubuh
  • Meningkatkan kelenturan tulang dan otot
  • Memperbaiki ketahanan dan kekuatan otot
  • Meningkatkan kelincahan dan ketangkasan
  • Menjaga keseimbangan tubuh
  • Mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki kapasitas dan efektivitas sistem pernapasan.

Sementara itu, dari segi kesehatan mental, manfaat yoga juga tidak kalah besarnya:

  • Menjaga fokus dan konsentrasi
  • Meningkatkan daya ingat
  • Menghindari risiko depresi dan gangguan cemas
  • Meningkatkan persepsi positif secara subjektif

“Yoga termasuk olahraga intensitas rendah hingga sedang. Ini membuatnya sebagai pilihan yang tepat untuk hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk ibu hamil dan orang-orang dengan masalah kesehatan tertentu,” dr. Astrid menambahkan penjelasan.

Jadi bisa Anda bayangkan, manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh jika Anda melakukan yoga secara rutin seperti yang dilakukan Indah Kalalo.

1 dari 2 halaman

Atur porsi makan juga penting

Meski memiliki tubuh yang langsing dan ideal dari segala sisi, Indah ternyata tidak terlalu pilih-pilih dalam hal makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Hanya saja, Indah benar-benar memperhatikan porsi setiap makanan yang dikonsumsi.

“Tidak ada menu khusus dalam pola makan yang aku jalani. Aku orangnya doyan makan. Jadi, aku tidak pilih-pilih makanan. Tapi, aku benar-benar menjaga porsi agar tidak berlebihan,” kata Indah.

Cara makan seperti ini sengaja dijalankan Indah agar gizi yang didapatkan tidak kurang sekaligus tidak melebihi batas yang telah ditetapkan. Hasilnya, proporsi tubuh Indah juga akan terjaga ideal.

Meninjau pola makan yang dijalankan Indah Kalalo, ternyata dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter ikut mengamini. Berdasarkan penuturan dr. Devia, mendapatkan atau mempertahankan berat badan ideal memang bisa dilakukan dengan mengatur porsi makan.

“Mengatur porsi makan dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Anda memang tetap bisa makan 3 kali sehari, hanya saja porsinya perlu diatur sesuai dengan kebutuhan kalori. Pastikan tidak melebihi target kalori harian, yaitu 2000 kalori untuk wanita dewasa dan 2500 kalori untuk pria dewasa,”  tanggap dr. Devia.

“Supaya lebih baik lagi, hindari makanan kalengan, gorengan, yang terlalu manis atau tinggi garam, termasuk juga junk food atau makanan cepat saji. Sebagai gantinya, perbanyak air putih, konsumsi ikan, tingkatkan sayur dan buah,” tambah dr. Devia.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki bentuk tubuh yang langsing dan ideal seperti Indah Kalalo? Jika ya, Anda bisa berlatih yoga setiap hari sambil mengatur porsi makan agar tidak berlebihan. Namun, jika Anda punya memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda meniru gaya hidup sehat ala Indah Kalalo.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar