Sukses

Sehatnya Merayakan Ulang Tahun untuk Lansia

Sudah menua bukan berarti ulang tahun tak penting! Tetap syukuri usia dengan merayakannya. Inilah manfaat sehat rayakan ulang tahun untuk lansia.

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya, kelompok lanjut usia atau lansia sudah tak begitu peduli dengan perayaan ulang tahun. Anak-anak dan cucu-cucunya yang sudah susah payah menyiapkan acara ulang tahun pun tak terlalu digubris. Padahal, mau muda maupun tua, perayaan ulang tahun adalah wujud syukur akan kesempatan hidup yang telah diberikan. Ada manfaat sehat yang didapat dari merayakan ulang tahun untuk lansia.

Dilansir dari laman Wellington States, ada empat manfaat yang bisa diperoleh lansia saat merayakan ulang tahunnya. Apa saja?

1. Menghilangkan rasa kesepian

Salah satu faktor yang menyebabkan lansia mengalami depresi adalah karena mereka merasa kesepian. Masa-masanya bersama orang-orang terdekat sudah hilang. Entah itu karena anak-anaknya sudah sibuk mengurus keluarga masing-masing atau sudah banyak yang meninggal dunia.

Nah, dengan merayakan ulang tahun bersama dengan keluarga beserta kerabat dekat yang tersisa, lansia bisa memerangi kesepian tersebut dan membangkitkan lagi jiwa sosialnya.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, Mres, dari KlikDokter, lansia yang kurang bersosialisasi dengan sekitarnya dan terlalu lama bersedih bisa berujung pada malnutrisi. Jika tidak diatasi, bisa berujung pada terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Ingat, daya tahan tubuh lansia sudah tak lagi sekuat dulu, lho!

2. Mempererat ikatan keluarga

Pesta ulang tahun adalah waktu yang tepat untuk menyatukan anggota keluarga dan mengejar “ketertinggalan” lansia terhadap banyak hal.

Tanpa adanya momen seperti arisan, Lebaran, atau hari besar lainnya, membuat seluruh anggota keluarga berkumpul rasanya sulit. Karenanya, masukkan acara “ulang tahun nenek” atau “ulang tahun kakek” ke dalam agenda berkumpul bersama sanak keluarga sekaligus melepas rindu.

Lansia akan senang mendengar cerita dari anak-anaknya, perkembangan cucu-cucunya, bahkan sekadar obrolan ringan atau bercanda mengingat masa lalu yang lucu.

3. Mengukir kenangan baru

Memori masa lalu memang bisa menjadi “dongeng” yang asyik untuk diceritakan. Namun, momen dan kenangan hari ini bisa selanjutnya dijadikan motivasi untuk terus menjalani hidup dengan semangat.

Rencanakan perayaan ulang tahun yang bisa dinikmati oleh semua tamu yang datang. Tak cuma keluarga, jika mungkin undang pula sahabat yang dicintai. Di situ, bisa dimasukkan berbagai acara seperti makan-makan, sesi “dongeng”, mendengarkan musik atau menonton tayangan jadul, buka kado, bermain dengan cucu atau permainan lainnya, dan masih banyak lagi.

Karena sudah era digital, jangan lupa untuk mengabadikan semua momen seru tersebut dengan kamera, baik foto maupun video. Nantinya, foto bersama bisa dicetak dan dibagikan ke semua tamu agar momen tersebut tak akan pernah hilang dari ingatan.

4. Menghargai kehidupan yang telah dijalani

Bagaimana perasaan Anda ketika seseorang menunjukkan penghargaan atas apa yang telah Anda lakukan? Pastinya senang, kan?

Pada dasarnya, semua yang berusia senior memerlukan momen penghargaan atas semua yang pernah mereka lakukan atau jalani. Misalnya, membuat acara perayaan ulang tahun yang dihadiri oleh sahabat baiknya waktu SMA atau kuliah, teman satu angkatan sewaktu masih mengabdi di kepolisian dulu, teman di komunitas, atau sekadar tetangga yang akrab.

Agar makin ramai, perayaan ulang tahun juga bisa dirayakan bersamaan dengan anggota keluarga lain yang ulang tahunnya berdekatan. Suasana dan tukar kado, pun, akan jauh lebih menarik!

Meski sudah berusia 60 tahun ke atas, tetapi bukan berarti perayaan ulang tahun untuk lansia harus berhenti. Muda maupun tua, perayaan ulang tahun adalah wujud syukur atas kesempatan hidup yang telah diberikan.

Perayaan ulang tahun untuk lansia juga bisa membawa manfaat sehat dan positif, yaitu menghilangkan rasa kesepian, mempererat ikatan keluarga, mengukir kenangan baru, dan merasa dihargai atas apa yang telah dilalui. Sambil memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, jika orang tua atau kakek nenek Anda yang sudah lansia sebentar lagi ulang tahun, rencanakan perayaannya sebaik mungkin. Jangan bosan mengingatkan betapa spesial mereka di kehidupan Anda.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar