Sukses

Tips Bebas Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Anda berencana mudik saat Lebaran? Pastikan Anda terhindar dari dehidrasi agar perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan.

Klikdokter.com, Jakarta Lebaran tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang tinggal di perantauan dan rindu akan sanak saudara serta keluarga, mudik ke kampung halaman adalah hal yang sangat dinantikan. Namun sebelum melakukan perjalanan, Anda wajib mempersiapkan diri agar tidak mengalami gangguan kesehatan, salah satunya dehidrasi.

Dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan sejumlah cairan untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Terjadinya dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti lemas, mudah lelah, mata cekung, pusing, jumlah urine berkurang, hingga penurunan kesadaran.

Anda tentu tidak ingin perjalanan mudik terganggu oleh dehidrasi, bukan? Untuk itu, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Dehidrasi terjadi saat cairan yang masuk di dalam tubuh lebih sedikit daripada cairan yang keluar. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu minum air putih minimal sebanyak 7-8 gelas dalam sehari.

Selama perjalanan, Anda sebaiknya membekali diri dengan air minum dalam kemasan untuk dikonsumsi secara berkala. Minumlah sebelum rasa haus melanda, karena haus merupakan salah satu tanda awal terjadinya dehidrasi.

  1. Bawa bekal buah-buahan yang banyak mengandung cairan

Cairan tak hanya bisa didapatkan dari minum air putih. Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan yang pada dasarnya mengandung banyak air. Beberapa buah yang dimaksud adalah apel, jeruk, pir, atau buah beri.

Selain mengandung banyak air, buah-buahan tersebut juga mudah dibawa, tidak gampang busuk, dan mengandung potasium yang mampu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh lebih lama.

  1. Hindari kafein

Kopi atau teh memang sangat cocok untuk membuat diri terjaga selama perjalanan mudik. Sayangnya, kedua jenis minuman tersebut mengandung kafein yang besifat diuretik atau menarik carian tubuh.

Jadi, apabila sebelum atau selama perjalanan mudik Anda banyak minum kopi atau teh, Anda akan lebih banyak buang air kecil. Jika hal ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, dehidrasi sudah dipastikan akan terjadi.

  1. Hindari minuman tinggi gula

Mudik sambil ditemani segelas minuman dingin yang manis memang terasa sangat nikmat. Namun siapa sangka, minuman manis ternyata malah membuat rasa haus semakin menjadi, apalagi bila minuman tersebut menggunakan pemanis buatan.

Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari minuman yang tinggi gula selama mudik apapun jenisnya. Bukankah Anda ingin menikmati perjalanan mudik tanpa dibayangi oleh dehidrasi dan berbagai gejalanya yang sangat mengganggu?

  1. Minum air kelapa

Bekali diri selama mudik dengan air kelapa muda atau minuman kemasan yang terbuat dari kelapa asli. Di sela-sela perjalanan, Anda dapat mengonsumsinya agar tidak kehausan.

Faktanya, air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Di samping itu, air kelapa juga mengandung potasium yang turut membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bertenaga.

Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan asupan di atas saat mudik, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukup istirahat, menghindari rokok, dan minuman beralkohol. Dengan semua cara tersebut, niscaya Anda tidak akan mengalami dehidrasi dan berbagai masalah kesehatan lain saat mudik Lebaran hingga tiba di kampung halaman.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar