Sukses

Manfaat Bayam untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Sayur bayam dipercaya memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Apa saja manfaat bayam untuk ibu hamil? Simak di artikel ini!

Ibu hamil membutuhkan beragam jenis nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Salah satu sumber makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah sayur bayam.

Bayam atau Spinacia oleracea adalah sayuran berdaun hijau yang berasal dari Persia. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan. Di dalam 100 gram bayam mengandung 23 kalori, air sebanyak 91 persen, protein sebanyak 2,9 gram, 3,6 gram karbohidrat, gula 0,4 gram, serat sebanyak 2, 2 gram, dan 0,4 gram lemak.

Bayam juga mengandung vitamin dan mineral yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Sayuran ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K1, vitamin E, vitamin B6, dan vitamin B9 (asam folat).

Terdapat pula mineral, seperti  zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium di dalam sayur bayam. Karena mengandung banyak nutrisi, berikut manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin.

1 dari 8 halaman

1. Mendukung Pertumbuhan Janin

Bayam mengandung asam folat yang dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang. Asam folat berperan penting untuk menghasilkan serta mencukupi kebutuhan sel darah merah yang meningkat saat hamil. Tak hanya itu, asam folat juga membantu mencegah terjadinya risiko cacat pada otak dan saraf janin.

Artikel Lainnya: 9 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

2. Sumber Zat Besi yang Baik

Bayam terkenal memiliki kandungan zat besi yang baik. Zat besi berperan untuk membentuk sel darah merah dan mencukupi pasokan darah yang meningkat selama masa kehamilan. Zat ini juga membantu membawa oksigen dalam darah dari ibu ke janin dan sebaliknya.

2 dari 8 halaman

3. Mencegah Kelahiran Prematur

Selain berperan penting bagi pertumbuhan serta perkembangan janin, asam folat juga dapat mencegah kelahiran prematur dan keguguran pada ibu hamil.

4. Meningkatkan Mood

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dapat menyebabkan mood ibu jadi berubah-ubah. Dengan kandungan vitamin B-nya, manfaat bayam untuk ibu hamil adalah mengurangi kondisi perubahan mood.

Cobalah tambahkan bayam ke dalam menu makanan sehari-hari untuk membantu mengurangi depresi, stres, dan kecemasan.

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

3 dari 8 halaman

5. Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Bayam mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium juga dapat membantu pertumbuhan otot, jantung, dan saraf janin.

Apabila janin kekurangan kalsium, ia akan mengambil mineral tersebut dari tubuh ibu. Dampak dari pengambilan kalsium tersebut, tulang ibu menjadi keropos atau mengalami osteoporosis. Manfaat bayam untuk ibu hamil adalah menjaga kandungan kalsium dalam tubuh.

6. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Bayam mengandung senyawa nitrat yang berperan mengatur tekanan darah saat hamil. Tekanan darah ibu saat hamil harus berada dalam batas normal agar tidak terjadi risiko komplikasi yang dapat membahayakan kehamilan.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Cengkeh untuk Ibu Hamil dan Janin

4 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kehamilan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh ibu. Dengan mengonsumsi bayam yang mengandung vitamin C, sistem kekebalan ibu dapat meningkat. Ketika sistem kekebalan meningkat, ibu pun jadi tak gampang terkena penyakit.

8. Membantu Pembentukan Paru-Paru

Bayam kaya akan vitamin A yang berguna untuk membantu perkembangan organ paru bayi. Selain itu, vitamin A juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh ibu dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

5 dari 8 halaman

9. Berperan untuk Perkembangan Penglihatan Janin

Vitamin A yang terkandung di dalam sayur bayam sangat penting untuk meningkatkan perkembangan penglihatan janin. Kendati begitu, konsumsi vitamin A tidak boleh berlebihan. Apabila dikonsumsi berlebihan, vitamin A dapat membahayakan kehamilan dan menyebabkan cacat pada janin.

10. Mencegah Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pencernaan umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Ibu dapat mengonsumsi bayam untuk menghindari masalah pencernaan tersebut.

Sebab, bayam mengandung serat dalam jumlah tinggi yang membantu mencegah ibu hamil sembelit akibat lambatnya pergerakan usus.

Artikel Lainnya: Ini 13 Jenis Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

6 dari 8 halaman

11. Mengurangi Nyeri Saat Hamil

Bayam dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri saat hamil. Karena di dalam sayur bayam mengandung zat glycolipid yang berberperan sebagai agen antiinflamasi atau antiperadangan.

12. Mengendalikan Berat Badan Saat Hamil

Di dalam 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Oleh karena itu, mengonsumsi bayam tidak akan menambah banyak berat badan saat hamil. Walaupun demikian, ibu harus tetap memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari agar berat badan sesuai dengan usia kehamilan.

7 dari 8 halaman

13. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Bayam mengandung beberapa vitamin seperti vitamin E dan C yang berguna sebagai antioksidan. Zat antioksidan akan melawan dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

Bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Di dalam bayam terdapat zat protein yang berguna memperbaiki sel dan memproduksi asam amino.

Lalu, bayam mengandung vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penuaan di kulit.

Demikianlah manfaat bayam untuk ibu hamil dan janin. Selain mengonsumsi bayam, ibu hamil juga harus mengonsumsi sayuran, buah, dan biji-bijian lainnya agar mendapatkan nutrisi yang beragam.

Ketahui informasi tentang kesehatan dan kehamilan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar