Sukses

Fakta yang Perlu Anda Tahu tentang Efek Plasebo

Plasebo atau obat kosong sering digunakan dalam dunia medis untuk menunjang terapi. Kenali lebih jauh tentang efek plasebo berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Plasebo adalah jenis obat kosong yang tidak mengandung zat aktif dan tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap kesehatan. Plasebo bisa berbentuk pil, suntikan, ataupun jenis lain dari obat-obatan “palsu”. Lantas, kenapa plasebo sering digunakan dalam dunia medis sebagai penunjang suatu terapi? Ada beberapa hal yagn perlu Anda tahu tentang efek plasebo.

Dalam dunia kesehatan, plasebo biasanya digunakan untuk mencari tahu efek obat baru terhadap suatu kondisi tertentu. Para pakar kesehatan biasanya menggunakan plasebo untuk membandingkan efektivitas suatu pengobatan. Misalnya, subjek pada suatu penelitian terbagi menjadi dua.

Kelompok pertama diberikan obat asam urat yang sebenarnya, sedangkan kelompok kedua diberikan plasebo. Pada kasus tersebut, plasebo dapat membantu mengetahui apakah obat asam urat tersebut benar-benar menghasilkan efek yang diinginkan, seberapa jauh efek samping yang timbul, dan lain-lain.

Meskipun sering disebut obat kosong, plasebo nyatanya juga bisa memberikan efek tertentu terhadap orang yang mengonsumsinya. Penggunaannya bisa berdampak positif, bisa juga negatif. Menurut penelitian, efek plasebo dapat dirasakan pada orang-orang yang mengalami depresi, rasa sakit, sindrom iritasi usus besar, menopause, dan gangguan tidur.

Obat kosong, tapi, kok, tetap menimbulkan efek tertentu?

Mengapa plasebo bisa menimbulkan efek meskipun hanya sekedar obat kosong? Terkait hal ini, para ahli kesehatan juga masih belum dapat jawaban yang pasti. Beberapa teori yang ada percaya bahwa terjadinya efek plasebo berhubungan dengan:

  1. Proses penyembuhan

Tak sedikit gangguan kesehatan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Apabila konsumsi plasebo berkaitan dengan proses penyembuhan yang lebih cepat, sesungguhnya itu adalah sebuah kebetulan belaka. Para peneliti bahkan menekankan bahwa efek tersebut sebenarnya bukan dipengaruhi oleh plasebo sama sekali.

  1. Memotivasi untuk sembuh

Walaupun tidak mengandung bahan aktif, banyak orang yang yakin bahwa plasebo memiliki efek yang mirip dengan obat “sebenarnya”. Hal ini membuat orang-orang yang mengonsumsi plasebo menjadi termovitasi untuk bisa segera sembuh dan terbebas dari obat, sehingga mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

  1. Memicu pelepasan hormon

Plasebo dapat memicu pelepasan hormon yang bertugas sebagai penghilang rasa sakit alami. Anda mengenal hormon tersebut sebagai endorfin.

  1. Kondisi otak berubah

Studi mengatakan bahwa sebuah plasebo dapat membantu otak dalam mengingat waktu sebelum timbulnya gejala, yang mana hal ini turut mendorong tubuh mengalami perubahan untuk menjadi lebih baik. Teori ini disebut sebagai “remembered wellness”.

  1. Mengurangi tingkat kecemasan

Sekalipun kosong dan tidak memberikan efek apa pun, banyak pasien yang mengonsumsi plasebo merasa lebih tenang dengan tingkat stres yang lebih rendah.

1 dari 2 halaman

Bagaimana plasebo memengaruhi penggunanya

Efek plasebo tersebut tidak muncul dengan sendirinya. Fakta menyebutkan bahwa efek yang timbul pada konsumsi plasebo berhubungan erat dengan hal-hal di bawah ini.

  1. Bentuk

Bentuknya yang mirip dengan obat betulan membuat orang-orang yang mengonsumsinya percaya bahwa plesebo mengandung zat aktif yang ampuh mengatasi gangguan kesehatan tertentu.

  1. Sugesti

Plasebo menjadikan orang yang mengonsumsinya menjadi tersugesti bahwa obat kosong tersebut mampu bekerja dengan optimal, sehingga kesembuhan bisa segera dicapai.

  1. Hubungan dengan dokter yang merawat

Pasien akan percaya bahwa plasebo bisa memberikan efek jika diresepkan oleh dokter yang kompeten dan terlihat mampu menangani segala jenis penyakit.

Demikianlah fakta yang perlu Anda tahu tentang efek plasebo. Menarik, ya? Pada dasarnya, kemunculan efek plasebo masih menimbulkan tanda tanya besar di kalangan para ahli. Masih dibutuhkan banyak penelitian lanjutan untuk memastikan mekanisme plasebo atau obat kosong dalam memberikan efek tertentu.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar