Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yuk, Kenali Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Ungu bagi Kesehatan

Yuk, Kenali Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Ungu bagi Kesehatan

Buah dan sayur berwarna ungu kerap dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Apa sajakah makanan berwarna ungu yang baik dikonsumsi?

Menurut para peneliti, semakin gelap warna makanan, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya. Maka tak heran bila buah berwarna ungu, seperti anggur, plum, dan blackberry, memiliki manfaat penyembuhan dan antiradikal bebas yang luar biasa. Apa saja kandungan dari buah ungu tersebut?

Pigmen ungu pada buah dan sayur mengandung flavonoid—termasuk resveratrol—yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Resveratrol mampu mengendurkan dinding arteri, mengurangi tekanan di arteri, dan memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik.

Selain itu, rona ungu di bahan makanan juga menandakan mereka mengandung beragam polifenol, salah satunya antosianin. Studi menunjukkan bahwa antosianin bermanfaat bagi kesehatan otak, serta berperan sebagai antioksidan yang melawan kanker dan penyakit jantung.

Berikut adalah contoh sayuran dan buah berwarna ungu yang bisa Anda konsumsi.

1. Blueberry

Buah warna ungu yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Blueberry adalah sumber vitamin C yang melindungi sel dan membantu penyerapan zat besi. 

Tak hanya vitamin C, blueberry juga mengandung serat larut yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 5 halaman

2. Buah Delima

Berwarna merah keunguan, buah delima kaya kandungan antosianin. Delima juga sumber serat yang baik, dan menyediakan vitamin A, C, dan E, zat besi, juga antioksidan seperti tanin.

Sebuah penelitian menunjukkan, segelas jus delima setiap hari dapat meningkatkan aliran darah ke jantung sehingga risiko serangan jantung lebih rendah. Namun, kajian lebih mendalam diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat buah berwarna ungu ini.

Studi lain menemukan bahwa delima membantu memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis pada tikus melalui penurunan peradangan dan stres oksidatif.

Tak hanya itu, konsumsi delima juga mengurangi kerusakan pada arteri dan menekan penumpukan kolesterol pada orang dengan gangguan penyempitan pembuluh darah. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi 50 mililiter jus delima per hari.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar umum dikonsumsi penduduk Okinawa, Jepang, yang merupakan ‘produsen’ populasi lansia di atas 100 tahun yang sangat sehat. Bahkan, tingkat demensia pada lansia di Okinawa dilaporkan 50 persen lebih rendah daripada di Barat.

Para ilmuwan menduga, sering mengonsumsi umbi keunguan memainkan peran penting dalam menjaga tubuh dan otak mereka sehat hingga usia tua.

Ubi jalar tinggi akan karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C sehingga berpotensi memulihkan tubuh dari kelelahan. Kandungan serat pada ubi jalar juga membantu memperlambat penyerapan gula, yang membantu mencegah kenaikan kadar gula darah secara berlebih.

Selain itu, sayuran ini juga bermanfaat bagi kesehatan otak karena kandungan antioksidannya.

Artikel Lainnya: Atasi Nyeri Otot dengan Buah Berwarna Gelap

2 dari 5 halaman

4. Bit

Bit memiliki warna ungu dari bahan kimia tanaman yang disebut betalain. Seperti antosianin, betalain memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Selain itu, bit merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti folat, zat besi, mangan, nitrat, dan kalium.

Manfaat bit utamanya adalah mencegah demensia. Sebuah studi menunjukkan, diet yang memasukkan jus bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membantu mencegah demensia.

Walau demikian, dibutuhkan lebih banyak bukti untuk memastikan khasiat buah ungu yang satu ini.

5. Plum

Buah plum adalah sumber vitamin A dan C yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Plum kering penuh dengan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium.

Buah ungu yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari untuk kesehatan mata, penyembuhan luka, dan meredakan konstipasi. Luar biasa, ya?

Artikel Lainnya: Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

3 dari 5 halaman

6. Terong

Terong mengandung vitamin B6, C, dan K, serta berbagai mineral. Antioksidan dan mangan dalam terong penting untuk metabolisme dan kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, kulit terong sangat tinggi akan antioksidan nasunin yang masih termasuk dalam golongan antosianin dan terbukti memiliki efek antiinflamasi berdasarkan uji laboratorium.

7. Wortel Ungu

Wortel ungu memiliki kadar antioksidan polifenol tertinggi dibanding wortel warna lain. Oleh karena itu, menambahkan wortel ungu ke makanan sehari-hari sangat baik untuk meningkatkan kesehatan.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi makanan kaya polifenol menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Artikel Lainnya: Sayur dan Buah, Beda Warna Beda Khasiat

4 dari 5 halaman

8. Kubis Ungu

Manfaat sayuran berwarna ungu ini adalah mencegah penyakit jantung dan kanker. Khasiat ini didapatkan karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Bagaimana tidak? Ada sebanyak 36 jenis antioksidan yang terkandung di dalam kubis ungu. 

Selain itu, kubis ungu juga mengandung banyak serat dan vitamin K.

9. Kol Ungu

Kol ungu tidak hanya memberikan warna bagi masakan Anda, namun juga bermanfaat sebagai antiinflamasi. Konsumsi kol ungu bisa mencegah beberapa tipe kanker, salah satunya kanker kolorektal.

Menambahkan kol ungu sebagai asupan nutrisi Anda juga bisa mencegah penyakit jantung, lho!

Sayuran dan buah berwarna ungu tak cuma menarik, tetapi juga sehat. Maka, jangan ragu untuk menambahkan makanan sehat berwarna ungu secara seimbang dalam menu makan harian Anda. Kombinasikan juga dengan makanan lainnya, serta terapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur dan cukup istirahat. 

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda baca di aplikasi Klikdokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat layanan Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar